Thursday, September 1, 2016

THE PRIDE OF JAVA: KEEKSOTISAN CANDI JAWI DI PANDAAN, JAWA TIMUR

 

134

Sejak dulu (bahkan sebelum gue hijrah ke Surabaya), gue kepengen banget mengunjungi Candi Jawi. Menurut gue, candi ini adalah satu di antara candi-candi yang berwujud masih sangat bagus dan sempurna (dibandingin candi-candi lain yang udah berupa reruntuhan). Namun ternyata gue selidikin (lewat internet), ternyata nggak seluruh bagian candi ini asli. Melainkan sebagian besar merupakan hasil renovasi. Apalagi yang bagian atasnya, kalo bagian dasarnya sih mungkin masih merupakan bagian candi aslinya. Tapi tetap saja itu nggak membuat rasa penasaran gue surut. Apalagi setelah tahu bahwa candi itu ternyata mudah dijangkau dari Surabaya. Kesempatan untuk melihat langsung candi ini dengan mata kepala gue sendiri menjadi selangkah makin dekat.

Gue awali perjalanan gue dari Surabaya dengan naik bus jurusan Malang. Dari Terminal Bungurasih, Surabaya gue menempuh perjalanan nggak sampe sejam untuk sampai ke Kota Pandaan. Pandaan adalah kota kecil yang terletak di wilayah Pasuruan. Tapi letaknya agak naik ya, bukan tepi pantai kek Pasuruan beneran.

Terminal Pandaan pun ternyata kecil banget. Baru nyadar pas turun ke sini. Padahal biasanya kalo gue ke Malang pasti ngelewatin. Dari sini gue langsung mencari angkot jurusan Tretes. Gue baru tau kalo ternyata huruf “e” di Tretes diucapin kek huruf “e” di bebek. Padahal dari dulu gue nyebutnya Tretes dengan huruf “e” kayak “baper”. Hihihi untung nggak salah ucap gara-gara udah denger kernetnya ngomong duluan.

Angkotnya ini berbentuk colt dan mau berangkat udah hampir penuh. Untungnya gue nggak perlu menunggu lama. Angkotnya saat itu berisi beberapa anak muda menenteng tas gede dan matras gulung. Gue tebak mereka pasti mau naek gunung nih. Gue awalnya mau ngajak mereka ngobrol sambil ngisi waktu luang ketika dari jendela gue ngeliat Taman Candra Wilwatikta. Lho .. lho ... koq cepet banget? Soalnya dari blog dan informasi yang gue dapet dari internet, katanya lokasi candi nggak begitu jauh dari taman budaya tersebut.

Dan ternyata bener. Baru sejenak melintas, udah terlihat candi yang menjulang tinggi dari jendela angkot. Gue lalu turun dari situ dan lumayan nggak menyangka aja jarak candinya ternyata cukup deket ama terminal Pandaan. Soalnya info ini nggak pernah disebutin di narasumber-narasumber yang gue peroleh dari internet. Gue pikir bakal memakan waktu berjam-jam *lebay*. Tapi malah beneran lah hahaha. Oya tarif angkotnya 5 ribu saja.

169

Ada hal yang langsung gue perhatiin begitu gue tiba di kompleks candi ini, yakni adanya kolam ikan yang mengelilingi candi. Bahkan di depan gerbang candi, ada yang jual pakan ikan seharga 2 ribuan. Selain itu, di kolam juga ada bunga teratai, yang pas gue ke sana jadi objek foto bule-bule yang berkunjung ke candi ini.

223

Pas masuk, seperti biasa gue diminta mengisi buku tamu dan membayar biaya masuk seikhlasnya. Gue rasa 10 ribu cukup kali ya. Begitu masuk, langsung deh aksi foto-foto dimulai hihihi. Tapi pertama-tama agak jaim dulu soalnya gue nggak sendirian, soalnya ada keluarga (dari logat dan bahasanya sih kayaknya dari Madura) yang juga tengah menikmati keindahan candi itu. Duh kapan ya aku berkeluarga *ini malah baper*

Yang pertama gue eksplore adalah bagian atas candi sekaligus bagian dalamnya. Di dalam interiornya terdapat yoni ini dengan bagian bawahnya berhiaskan kepala naga.

050  051

Kenapa yoninya kayak ada saluran kek gitu? Soalnya buat mengalirkan darah korban manusia yang dipersembahkan di sini. Nggak ding becanda. Bangsa kita kan cinta damai hihihi. Katanya sih zaman dulu upacara ritualnya melibatkan yoni dan lingga, dimana lingganya ditancapkan di atas yoni lalu diguyur air dari atas. Nah, air itu kemudian mengalir lewat saluran yang udah dibuat tadi. Hal ini memicu pertanyaan, lalu dimanakah lingga-nya?

Balik lagi ke interior candinya, ini bagian atapnya yang cukup minimalis namun impresif.

052

Pas gue melongok ke luar, baru gue sadari di depan candi ini juga ada peninggalan arekologis lainnya berupa altar dan tumpukan batu. Entah, dulu mungkin ada candi lain di depannya. Candi perwaranya mungkin? Atau malah altar beneran kek di kuil-kuil Inca?

066

Gue juga nggak tahu kenapa orang-orang zaman dulu, apalagi di Jawa Timur, terobsesi banget ama kala alias raksasa (buto). Banyak lho hiasan bertema iblis di sini.

073  071

Sosok iblis ini merupakan hiasan pada bagian tangganya.

080  097

Keliatan ya bedanya antara batu candi yang asli dengan batu yang baru ditambahkan saat rekonstruksi.

069

Relief di candi hampir tak terlihat detailnya. Yang jelas, banyak yang menggambarkan wilayah hutan dengan beberapa rumah.

107

Gue kalo liat candi begini jadi tergelitik pengen hubung-hubungin ama teori Ancient Aliens hihihi. Kalo kalian perhatikan ada sosok berkepala besar di sini. Cuman hiasan kepala atau alien beneran?

110

Yang ini menggambarkan talian kerjasama yang dijalin antara manusia dan alien untuk mengusir ras alien yang lain wkwkwkw ... nggak ding.

116

Kalo kalian perhatiin ada relief binatang di sini, seperti banteng dan gajah. Hayooo yang mana? Jadi inget dulu pas backpackeran ke Candi Borobudur malah hunting relief binatang haha.

119

Pas ke sini ada acara foto prewedding. Hmmmm ... no comment deh. Tapi ya kali foto prewedding aja ampe ngajak sekeluarga.

122

Inilah sekelumit keindahan keseluruhan candinya.

129

Btw tadi udah gue bilang khan kalo candi ini dikelilingi ama kolam yang dihuni teratai dan ikan? Ikannya jinak-jinak lho. Bahkan mereka ngikuti gue pas gue jalan ngelilingin candi buat hunting foto. Karena kasihan, akhirnya gue beli juga pakan ikan seharga 2 ribuan tadi. Oya, ada ikan arwana juga lho di sini.

233  181

Nah, pas di belakang candi ada tumpukan batu yang sekilas mirip piramid. Wah, ada hubungannya ama Ancient Aliens nggak nih? Kok pas banget ada piramida hahaha. Tapi gue nebak sih ini reruntuhan candi juga.

213

Karena udah waktunya makan siang, jadilah gue piknik di kawasan candi ini. Enak banget lho suasananya. Makan di atas rumput di bawah pohn beringin yang teduh banget, depannya ada kolam yang sejuk, dan masih ditambahi pemandangan candi yang bersejarah. Kalian coba deh kalo pas maen ke sini!

189

Pas balik, gue merasa kok masih penasaran ya ama Taman Candra Wilwatikta tadi? Akhirnya gue bela-belain pulang dari candi ke termina JALAN KAKI demi melihat lebih dekat lokasi tersebut. Padahal kayaknya kalo balik naek angkot tinggal nunggu depan candi. Lagian pas naek angkot tadi perasaan nggak jauh-jauh amat. Tapi ya buat saran (karena ternyata lumayan jauh) gue nggak saranin deh jalan kaki haha.

Ternyata Taman Candra Wilwatikta nggak semenarik yang gue duga. Kecewa berat. Tapi pas pulang gue ngelewatin ini (pas berangkat juga ngelewatin sih) …

257

Another pyramid? Wah masih meragukan kaitan candi ini dengan Ancient Aliens? Hahaha.

Tapi buat backpacker kayak gue, jalan jauh gini justru menjadi sarana buat gue ngerasain kayak apa hidup di Pandaan. Kotanya kecil banget (tenang lagi keliatannya). Di jalan gue ngelewatin SMA 1 Pandaan yang kayaknya paling bagus di sini. Setibanya di terminal, gue juga ngelewatin landmark paling terkenal dari Kota Pandaan, apalagi kalo bukan Masjid Cheng Ho.

265

Ada juga rumah tua yang breathtaking ini. Sayang lokasinya ketutupan pom bensin.

276

Nah itu aja deh laporan jalan-jalan ke Pandaan. Simak lagi yuk liputan jalan-jalan gue ke candi-candi yang lain.

1 comment:

  1. waduhh bang dave ke pandaan, saya orang pandaan bang heheheheh

    ReplyDelete