Thursday, September 1, 2016

GRACIOUS GRISSEE: KEELOKAN KOTA TUA DI GRESIK, JAWA TIMUR

 

470

Kota Gresik adalah kota yang menyimpan sejarah panjang. Konon melalui kota pelabuhan yang sudah berusia ratusan tahun inilah Islam pertama kali masuk ke Tanah Jawa. Gresik juga dikenal dengan sunan-sunannya, yakni Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim) dan Sunan Giri. Selain itu, kota yang nama Belandanya dikenal dengan “Grissee” ini juga memiliki banyak bangunan bersejarah. Gue baru tertarik mengunjungi Gresik ini ketika gue baca salah satu koran lokal yang menyebutkan tentang wisata sejarah di Kampung Kemasan, Gresik yang katanya memiliki banyak rumah tua peninggalan Belanda. Kebetulan banget, salah satu member MBP bernama Arsy Ghoni juga berdomisili di Gresik. Kata Arsy, gue nggak boleh menunda-nunda buat jalan-jalan ke Gresik, soalnya keburu bangunan bersejarahnya banyak yang hilang. Waduh ....

Dari kosan gue di daerah Tunjungan, gue naek angkot ke depan Kantor Pos Besar di wilayah Kota Tua-nya Surabaya (samping Tugu Pahlawan). Menurut blog yang gue baca sih ada angkot jurusan Surabaya-Gresik yang lewat di depan kantor pos ini. Kalo saran gue sih (atas saran pak sopir sih), nunggu aja angkot Gresik ini di taman pembatas jalan depan Kantor Pos abis nyebrang dari Bank Indonesia (tapi nggak usah nyebrang lagi ke arah Kantor Pos), soalnya angkotnya lewat situ. Pintunya ada di samping kiri lagi, jadi kalo kita nunggu di kanan jalan nggak afdol haha.

Track angkot ini akan melewati Terminal Osowilangun. Buset deh, lumayan capek juga perjalanannya ternyata. Memakan waktu 1 jam dari Surabaya ke Gresik dan 30 menit tambahan dari batas kota Gresik-nya ke Terminal Bunder. Di jalan gue ngelewatin Masjid Agung Gresik yang simpel tapi impresif ini.

247

Di Terminal Bunder gue dijempur ama Arsy naek motor. Kita langsung menuju ke Alun-Alun soalnya katanya di sana banyak gedung tua. Di perjalanan, gue melihat sebuah keanehan yakni Gresik adalah kota yang rame tapi berbatasan dengan hutan dan gunung yang masih banyak pepohonannya. Kok bisa ya? Ternyata kata Arsy, bukit yang gue lihat namanya Gunung Halimun. Begitu denger namanya langsung hiiiiy ... pantes aja nggak ada yang berani gusur. Dari namanya aja udah angker ...

Inilah suasana Alun-Alun yang rame banget karena gue ke sana pas hari Minggu. Sayangnya, banyak banget yang buang sampah di tamannya. Waduh, kalo gue jadi pemerintah sih gue bakal tertibin para pedagang yang berjualan dalam aAlun-Alun Gresik supaya rapi kayak Alun-Alun Malang.

Begini penampakan alun-alunnya.

253

Ada dua kampung yang banyak menyimpan warisan historis di sini, yakni Pecinan dan Kampung Arab yang letaknya berdekatan. Dari Alun-Alun juga bisa jalan kok ke dua kampung tersebut. Sayang pas gue ke sana (yang keliatan banget bentuk atapnya yang khas Pecinan banget), hanya tersisa sedikit bangunan tua dan itupun dalam kondisi tak terawat. Namun tetap saja sih keliatan megah.

266 

Ada juga kelenteng yang terselip di sebuah gang, tapi malah bikin terkesan damai haha.

272

Kami berdua lalu kembali ke Alun-Alun untuk menuju ke Kampung Arab. Kata Arsy lagi nih, kampung ini lumayan unik karena rumah-rumah yang berjejeran dalam satu gang biasanya dihuni oleh keluarga/keturunan yang sama. Selain itu, di Kampung Arab ini ada pula Makam Sunan Gresik yang selalu ramai oleh para peziarah.

314

Ternyata bener kata Arsy. Pas memasuki sebuah gang, gue melihat reruntuhan sebuah rumah tua yang dirubuhin. Sayang banget. Padahal keliatan banget dari arch-nya yang masih berdiri, pasti rumah tua ini dulunya keren banget.

299

Limited edition mungkin nasinya disajikan per butir kali ya?

300

Gue agak kecewa karena di dua kampung itu gue nggak nemuin rumah bersejarah yang layak buat gue masukin blog gue. Alhasil, kami langsung meluncur ke Kampung Kemasan yang semula emang jadi destinasi utama gue di Gresik. Nah, baru di sini gue terkesima. Selain karena sepanjang perjalanan gue nemuin banyak rumah tua (yang sayang nggak sempet gue foto soalnya gue pas di atas motor hehehe), namun ternyata Kampung Kemasan-nya sendiri nggak mengecewakan. Sederet rumah bergaya kolonial yang asri dan bersih siap menyambut gue.

318  322338  346

Ngeliat menara masjid ini gue jadi berasa kayak di Maroko.

368

Kata temen gue lagi, rumah-rumah tua di sini seringnya disewain buat syuting karena atmosfernya emang eksotis banget. Dan yang lebih bikin gue seneng, gue ngeliat anak-anak maen bola di gang Kemasan ini, di depan rumah-rumah kolonial yang berderet. Artinya apa? Ini berarti kampung ini tak hanya menjadi settingan saja, tetapi juga “hidup” oleh geliat masyarakatnya yang tentu saja secara ekonomi diuntungkan dengan kelestarian kampung bersejarah ini.

Noh kalo penasaran ama Arsy.

351

Rumah tua yang paling gue suka di sini. Bentuknya kayak gereja.

374

Di depan rumah tua yang tadi, gue sempetin makan siang di salah satu warteg di sana. Kirain bakalan mahal karena lokasinya di tempat wisata. Eh ternyata cuman 10 ribu doang habisnya .

Seneng sih di sini bisa dapet banyak jepretan, sayangnya gang ini kurang panjang. Gue juga masih belum nemu Gedung gajah Mungkur yang kalo gue liat di internet sih keren. Kata Arsy, lokasinya deket banget. Dan ternyata bener, inilah rumahnya.

382 397454 456

Cerita Arsy lagi (enak punya tour guide begini hihihihi), rumah ini dulunya milik orang paling kaya se-Gresik. Namun bisnisnya kemudian bangkrut dan dia terpaksa menjual rumah ini. Bahkan saking melaratnya, dia terpaksa bekerja sebagai tukang becak. Nah mirisnya, seringkali dia memarkir becaknya di depan sini sambil menatap bekas rumahnya yang sudah terjual ini (jadi toko batik kalo nggak salah). Hiks, sedih ya?

Di dekat Gedung Gajah Mungkur ini juga banyak rumah tua yang eksotik kok. Bentuk keramiknya wow banget. Udah nggak ada yang bikin kali ya keramik beginian hahaha *kalopun ada di Belanda sana pasti*

417

423   424

Sedikit foto artistik.

395

Nggak tau kenapa gue kalo ngeliat bangunan warna kuning ini jadi merasa berada di desa di Yunani haha *lebay*

414

Terasnya keliatan kumuh? Kalo gue sih malah seneng punya teras kayak gini. Berasa nyantai banget gitu duduk di kursi ginian dekat pohon sambil menikmati sore terus minum kopi. Apalagi sambil ditemani anak cucu *ini apaan sih*

405

Sayangnya nggak semua rumah tua di sini lestari. Ini buktinya, ada rumah yang bagian dalamnya udah dirobohin.

445 446

Gue puas setelah akhirnya melihat Gedung Gajah Mungkur yang unik ini. Jadi berasa perjalanan gue ke Gresik nggak sia-sia. Tapi Arsy ternyata masih mau ngajak gue ke Giri Kedaton yang katanya tempat paling tinggi di Gresik dan dari sana bisa ngeliat laut. Denger deskripsinya Arsy, gue awalnya menolak soalnya kedengerannya sih jauh banget. Tapi kata Arsy cuman 15 menitan, maka akhirnya gue setuju.

Begitu sampai (ternyata bener deket), gue langsung shock liat tangga sebanyak ini. Aaaaaaaak kok nggak bilang naek tangga banyak banget?

478

Sekilas tempat ini mirip banget ama Imogiri yang jadi makam sultan-sultan Yogya. Ada banyak banget tangganya juga dan konon, kalo sambil naik kita bisa ngitung jumlah anak tangganya dengan benar, kita akan memperoleh keberuntungan. Sialnya pas terakhir ke sana, gue gagal dan itungan gue cuman selisih satu ama jumlah anak tangga yang sebenarnya. Aaaaaargh!

Ternyata memang Giri Kedaton ini sengaja dipilih sebagai kompleks pemakaman karena letaknya yang tinggi. Gue beneran bisa liat laut dari sini. Dari sinilah gue sadar kalo kota Gresik itu ternyata kecil banget. Pantesan dari sana sini deket-deket lokasinya hahaha.

481

Kalo gue boleh protes sih, masjid yang ada di atas sini cukup merusak pemandangan. Menurut gue sah-sah aja ada masjid di lokasi religius seperti ini, tapi mbok ya arsitekturnya disesuaikan dengan peninggalan sekitar. Arsitekturnya terlalu modern menurut gue. Harusnya sih masjidnya dibuat dengan gaya-gaya lama berbentuk limas dengan atap tumpang bersirap terus pilar-pilarnya dari kayu. Pasti keren, berasa Jawa banget.

520

Sekilas landasannya mirip candi ya?

550  544

553

Ada bekas kolam pemandian juga di sini.

502

Dan beberapa makam.

494  496

Pas melihat relief ini, barulah gue tersadar bahwa kebanyakan batu-batuan penyusun Giri Kedaton ini adalah hasil rekonstruksi alias bukanlah batu-batu yang sebenarnya. Pantesan dari tadi gue merasa gayanya terlalu minimalis hehehe, kan harusnya kalo peninggalan kuno banyak reliefnya. Ternyata dari segala penjuru Giri Kedaton ini, gue hanya nemuin dua relief saja yang tersisa.

563  564

Setelah puas di Giri Kedaton, gue dianter Arsy ke batas kota Gresik buat nungguin angkot ke Surabaya. Karena tamannya keren, akhirnya kami lagi-lagi foto-foto di sana.

595

Di perjalanan pulang gue ketiduran saking capeknya dan pas bangun tiba-tiba gue melihat bangunan-bangunan kolonial berjejer lagi di luar jendela. Hah ... kok balik ke kota lama lagi? Ternyata angkot gue udah hampir nyampe di tujuan akhirnya, yakni di Jembatan Merah yang juga merupakan wilayah yang banyak bangunan Belanda-nya di Surabaya. Wah dari satu kota tua ke kota tua yang lain, keren ya.

1 comment:

  1. Sudah hatam Gresik Kong,zaman tinggal d srby sedih ny tiap puasa mw buka d sna smua warung tutup klo pun da gk bs mkn d sna kudu bw plg..maklum kota santri

    ReplyDelete