Saturday, July 2, 2016

SERUNYA KOPDAR YOGYA PART II

 

144

Pas bulan Puasa taon 2015 kemaren, gue ama beberapa anak MBP domisili Yogya – Solo – Pekalongan – Magelang berhasil mengadakan kopdar sekaligus buka puasa bareng. Nah, tahun 2016 ini juga pas gue ada liburan panjang gue manfaatkan buat ketemuan ama anak-anak MBP yang ada di Yogya. Ada beberapa anak dari Kopdar taon kemaren yang bisa datang lagi, ada juga beberapa anak baru yang kali pertama ini gue ketemuan. Yang jelas, acara taon ini lebih seru ketimbang taon kemaren hahaha.

Kopdar taon ini gue berangkat dari Solo naek kereta bareng member grup MBP Chuu dan Lukman. Sedangkan di Stasiun Lempuyangan di Yogya sonoh sudah ada Septien dan Lia yang menanti. Rencananya sih kami sekalian survey buat project film MBP (yang sekarang juga masih belum terealisasi hiks). Tapi karena temen-temen dari Yogya nggak bisa masuk peron, akhirnya rencana kami batalkan.

Selain kami berlima, menyusul Raga yang saat itu masih anak baru di grup MBP. Raga ini satu geng ama anak-anak MBP yang berdomisili di Pontianak kek Shandi (Aldi Arshandi), Bang Bewa, ama Bang Yuga. Raga ini anaknya kocak dan setia kawan banget. Logatnya juga unik, melayu-melayu gimana gitu. Abis itu di depan stasiun kita ketemuan ama satu lagi anak MBP namanya Ridho yang gue liat mirip-mirip Raditya Dika. Anaknya masih SMA tapi dah dewasa banget hahaha.

Kami rencananya langsung meluncur buat makan-makan di kantin FMIPA UNY. Kebetulan sodara gue yang punya usaha kaos (yang gue pesenin kaos MBP) juga kuliah di UNY, bahkan kosannya deket banget ama tempat kami kopdaran. Tapi sayangnya karena itu pas liburan panjang jadi dia keburu mudik ke rumah nenek kami di Kutoarjo.

Sampai di Yogya, kita bingung banget karena jarak stasiun Lempuyangan ama halte trans Yogya jauh gazieeee. Apalagi rombongan dari Solo nggak bawa helm dan motor juga cuman 3 (punya Septien, Raga, ama Ridho). Belum lagi Raga yang walaupun 4 taon tinggal di Yogya (asli Singkawang) sama sekali nggak paham jalanan di Yogya dan sering banget nyasar. Alhasil, macam cabe-cabean, eh bukan, terong-terongan, gue boncengan bertiga ama Raga ama Lukman.

Boncengan bertiga di jalanan protokol Yogya aja dah melanggar hukum, apalagi kami GA PAKE HELM wkwkwkw. Dan parahnya lagi kami lewat depan kantor polisi. Mana haltenya (menurut gue) jauh lagi. Tapi untunglah kami sampai di halte dengan selamat. Dengan bus trans kami melaju ke halte Gejayan di depan Universitas Katolik Sanata Darma terus dari situ kami boncengan bertiga (nyabe lagi) menuju ke UNY wkwkwk. Di sana kami sudah ditunggu oleh member MBP lain yakni Yuuki dan Bang Ikhsan.

Mereka berdua dah pernah gue ceritain. Yuuki tuh cosplayer yang ada di postingan jalan-jalan ke Mangafest sedangkan Bang Ikhsan pernah kopdaran Tangerang ama Bang Janu, Tante Citra, ama Andri juga (duh kangen banget ama mereka). Salah tujuan gue ketemuan ama anak-anak (terutama Lia) adalah minta diajarin pake Wattpad. Untungnya Bang Ikhsan adalah modem wi-fi berjalan jadi dengan mudah gue mendapatkan akses internet wkwkwkw.

207

205

199

Promosi novelnya Lia

197

Nggak heran emang kenapa Bang Ikhsan ama Yuuki memilihkan tempat ini buat kopdaran soalnya tempatnya enak banget buat ngumpul. Ada joglonya dan kita bisa makan lesehan di sana. Sayangnya, kami datang pas hari Sabtu dimana kampus libur sehingga kantin yang buka cuman satu dan pilihan menunya juga terbatas. Tapi makanannya enak-enak kok. Bahkan di sini gue untuk pertama kalinya makan terong crispy. Aduuuuh jadi inget tragedi terong-terongan yang tadi.

Habis kopdar ini, gue sempet cerita di grup ama Nita, member MBP yang sekarang jadi polwan. Gara-gara cerita kami melanggar hukum di Yogya, dia jadi terinspirasi bikin operasi “Berbiberong” alias “Berantas Bibit Cabe dan Terong” buat membasmi bibit-bibit kek kami hahaha.

Duh sayang banget Nita nggak bisa ikut ya. Ampe dia bikin meme lho haha.

198

Di sana kami ngobrol seru-seruan aja sambil foto-foto. Banyakan sih kami ngobrolin tentang jurusan Raga kuliah di psikologi. Oya Bang Ikhsan ama Yuuki ini jadian gara-gara mereka pertama kali bertemu di grup MBP. Bisa dibilang gue lah yang nyomblangin mereka. Gue jadi ingin menangos, anak MBP banyak yang jadian di grup tapi ownernya sendiri masih jomblo. Kalo diitung-itung emang lumayan banyak anak-anak grup yang jadian. Gue sebutin ya (termasuk yang udah putus) ada Lia – Dimas Arif, Arman – Damia, Ryan – Frida, Tieya – Harry (duluuuu banget), Uci – Gesta, Kanti – Alghiffari, Juna – Jojo, dan lain-lain. Bahkan pas kopdaran gue mengklarifikasi apa bener gosip yang menyatakan kalo Raga jadian ama Tara, anak MBP dari Makassar (tapi katanya sih enggak).

Ini dia foto-foto malu-maluin kami di kampus FMIPA (sengaja foto di tempat yang ada plang UNY-nya).

216

185

184

Seusai foto-foto, Lukman dan Chuu keburu harus pulang ngejar kereta. Awalnya sih kami berpikir pake gojek, tapi karena internet lemot, akhirnya mereka dianter ama Raga dan Ridho. Gue sih milih nggak balik ama mereka soalnya gue nungguin temen gue dari Solo yang naek motor ke sini, yakni Ranu. Ranu juga pernah gue ajak kopdaran di Yogya dulu walau dia bukan anak MBP sih.

Ranu keknya kesasar soalnya kita tungguin lama nggak dateng-dateng. Akhirnya dia sampai juga dan curhat katanya dia dianterin cewek ke sini, padahal niat cuman nanya arah doang. Yah begitulah bro, rezeki cogan *kata Salma sih*. Coba gue yang nanya arah, yang ada malah disasarin.

Kita semua rencana mau jalan-jalan di Malioboro tapi nunggu dulu anak-anak balik dan Ranu juga belum makan. Mirisnya, pas kita makan di joglo, lantai dan meja kursinya kotor banget ama sisa makanan. Sebenernya ini bukan salah tukang bersih-bersihnya sih, gue yakin mereka pasti libur. Tapi mahasiswanya itu lho yang makan di sini dan sisanya dibuang ke sembarang tempat. Gue ampek nemu tulang ayam coba di kursi. Buset yang makan orang apa kucing?

Karena gue nggak betah liat joglonya sekotor itu, gue pinjem sapu buat bersihin tempat itu. Duh generasi penerus bangsa mbok ya peduli lingkungan dikit kenapa, udah mahasiswa lagi. Ingat ingat, kata “maha” tuh disematkan di nama kalian for a reason.

108  110

Satu lagi member MBP dateng menyusul, yakni Aqiilah Salma yang sama kek Yuuki, juga cosplayer. Salma kreatif banget lho. Bayangkan, dia pernah cosplay jadi Kaneki (Tokyo Ghoul) dan sambil masih berhijab! Wow kereeeeen. Setelah semua personel lengkap kitapun lanjut foto-foto. Btw Salma tinggi banget ya?

212

Kami melanjutkan jalan-jalan ke Malioboro minus Ridho soalnya dia kudu pulang. Rumahnya lumayan jauh ternyata, di Kalasan (buseeet). Lia juga kudu pulang duluan soalnya ngejar bus balik ke Magelang. Gue sempat bingung gimana caranya sampai ke Malioboro motoran soalnya gue nggak punya helm. Ranu lalu cerita kalo di Solo sebelum jalan dia udah sempet ditilang dan katanya *gue nggak tau juga sih* kita nggak bisa ditilang dua kali dalam sehari. Jadi kalo ada modal surat tilang sih katanya beres *gua jadi terkontaminasi deh*

194

Nih biang keladinya nih

191

Pas kita lagi jalan tiba-tiba “BREEEEESSS!!!” ujan deres bingitz. Kita numpah neduh di pelataran toko dan herannya masih sempet foto-foto.

186

Hujan ini keknya jadi blessing in disguise soalnya gue bisa neduh di balik mantolnya Ranu jadi nggak kliatan pake helm apa kaga. Kita turun di Tugu Pal Putih yang udah jadi landmark Yogya dan belajar dikit tentang sejarah Yogya.

118

Yang di belakang tuh katanya bentuk Tugu Pal Putih sebelum roboh karena gempa pada tahun 1867 dan dibangun lagi pada tahun 1889 seperti bentuknya sekarang.

130

Kemistisan letak Keraton yang segaris dengan Gunung Merapi dan Laut Selatan juga digambarkan di replika ini.

137

Foto-foto di Tugu Pal Putih *ampe rela mengorbankan nyawa soalnya jalanannya rame banget*

209

Behind the scene …

210

187

Setelah sempet foto-foto, kamipun memutuskan beristirahat *ada yang belom makan tadi pas di FMIPA* dan mampir di sebuah warung kopi.

202

201

Warung kopinya menyediakan kopi arang lho yang dicoba ama Ranu dan katanya sih rasanya kek kopi diceburin arang *ya iyalah*

154

Kami di sana sampai maghrib dan sehabis matahari tenggelam kami langsung meluncur ke Malioboro *yeeeeey*

161  158

Baru kali ini lho gue menikmati suasana Malioboro pas malam. Di sini ada artwork berupa “Fallen Angel” alias “Malaikat Nyungsep” ini.

168

Tujuan kami adalah beli lumpia yang enak gazieee tapi antrenya nggak nguatin. Sambil nunggu pesanan lumpia, ada Alghiffari yang sempet video call bareng kami. Dia nyesel banget nggak bisa datang soalnya ada mid-test besoknya.

174

Anak-anak akhirnya bubar sendiri pukul 8 malam dan gue setelah menikmati lumpia yang enak banget akhirnya gue balik ama Ranu ke Solo.

Yup, TANPA HELM

Wkwkwkwk .... sadeeees kan gue menempuh perjalanan antarpropinsi nebeng nggak pake helm. Puji Tuhan nggak ada insiden apa-apa. Tapi seremnya sih pas Ranu mencoba menghindari polisi dengan masuk-masuk jalan pintas ngelewatin desa-desa dan sawah, gue jadi merinding sendiri. Soalnya lokasinya terpencil banget ampe nggak ada penerangan sama sekali, cuman ama lampu motornya Ranu doang wkwkwk. Mana pohonnya gede-gede lagi. Untung nggak ngeliat penampakan.

Walaupun capek, tapi semua orang akhirnya sampai ke rumah masing-masing dengan selamat. Kopdar ini salah satu kopdar paling seru menurut gue dan semoga aja pas bulan Puasa ini gue bisa kopdaran sekalian bukber kayak taon kemaren dengan personil yang makin banyak hahaha. Tapi kayaknya minus Raga deh soalnya dia udah kelar skripsinya dan bakalan balik ke Singkawang hiks.

3 comments:

  1. bang member aja udah banya yang cinlok, masa lo belum dapet pacar bang.

    eh gw baru tau masa kak uci sama kak gesta , langgeng ya tuh bedua.

    enak ya cinlok di mbp langsung jadian, hiks jadi kepengen *eh

    ReplyDelete
  2. Y Allah Kong,d sni foto2 muka Kong cakep,kek abg..y ampyun yg d Jogja seruuu bingittt..nyesel gk ikut

    ReplyDelete
  3. Baru bacaaa 😂😂😂 ayo bangdev kapan nyusul #mengakubackpackerinlove

    ReplyDelete