Saturday, July 2, 2016

SECRETS OF THE EARTH: SERUNYA KOLEKSI MUSEUM GEOLOGI BANDUNG

 

737

Museum Geologi merupakan lokasi yang nostalgic banget buat gue. Di sini gue pernah darmawisata bareng temen-temen gue pas SMA. Mungkin di sinilah satu-satunya kenangan indah yang pernah gue alamin pada masa SMA gue. Sumpah masa SMA gue f*cked up banget. Bagi kalian mungkin masa SMA tuh paling membahagiakan, tapi bagi gue it’s a complete nightmare. Walaupun yah minimal di sana gue pernah mengecap manisnya cinta pertama *tabok* Ini ngomongin apaan sih … balik lagi ke tema. Makanya lokasi pertama yang terpikirkan buat gue kunjungin di Bandung ini adalah Museum Geologi. Satu hal yang gue ingat banget dari kunjungan gue pas SMA ke museum ini adalah pas gue terpukau melihat koleksi kristalnya. Makanya itu jugalah yang gue incer dari kunjungan gue kali ini.

773

Sehabis foto-foto di Gedung Sate, akhirnya gue berhasil ketemu ama Ajeng Ambar, salah satu member MBP yang mengabdikan seharian khusus buat nemenin gue jalan-jalan ke Bandung. Baek banget khan orangnya hihihi.

594593

Museum ini nggak jauh dari Gedung Sate dan di depan Museum Geologi gue sempet beli ikat kepala khas Sunda buat oleh-oleh, diajarin juga ama yang jual cara ngiketnya gimana.

895

*Penampakan gue mencoba mirip jadi urang Sunda*

Tiket masuknya amat murah, cuman 3 ribu saja dan saat itu lagi rameeee banget gara-gara liburan sekolah. Di sini gue langsung disambut ama fosil gajah ini.

597600 

Ada banyak ruangan di sini dan gue mulai dengan mengeksplore koleksi yang ada di sayap sebelah kiri gedung. Di sini gue langsung menjumpai koleksi meteorit raksasa yang membuat gue terkagum-kagum. Bayangin aja batu-batu sudah beredar melintasi alam semesta, mungkin berasal dari planet lain atau galaksi lain, dan akhirnya tiba di Bumi. Tapi bongkahannya gede banget ya. Jadi khawatir gimana kalo meteor yang nabrak bumi seukuran kek di film Armaggeddon?

606602

Ada juga koleksi batu—batuan beku, sedimen, dan metamorf (pelajaran sejak SD tuh). Ada batu sabak yang kata bokap gue yang jadoel banget, murid-murid di Sekolah Rakyat pas zaman penjajahan Belanda dulu belajarnya pake batu sabak ini, soalnya bisa dipakai buat nulis. Zaman dulu belum ada buku tulis, jadi mereka mencatat di sana. kalo udah penuh, isi catatannya harus dihapal soalnya bakal dihapus lagi buat nulis catatan baru. Buset deh. Sengsara banget ya hahaha. Tapi pasti orang zaman dulu daya ingatnya hebat banget.

610

Ada pula koleksi kristal. Gue mulai dari kristal garnet ama pyrite. Kok bisa ya kristalnya kotak-kotak gitu hahaha.

613636

Ada kristal kuarsa yang berkemilau banget. Kayak kristalnya Superman.

637

Ini bongkah batu yang jadi alasan gue balik ke Museum Geologi, yakni kristal Amethyst ungu yang indah banget ini.

640

Terharu gue. Baru kali ini gue melihat secara langsung batu lapis lazuli. Batu biru ini pada masa ancient (zaman-zaman masih ada Jalur Sutra) harganya lebih mahal ketimbang emas karena hanya bisa ditambang di Afghanistan). Nggak heran sih, warnanya emang sangat indah.

629

Ada juga koleksi berbagai bom alias batu yang dimuntahin gunung berapi saat erupsi. Namanya aneh-aneh, ada bom tahi sapi juga EWWWWWW

650

Ini formasi batu kapur yang keren banget menurut gue. Kok bisa bentuk dan warnanya bisa begitu? Pasti pembentukannya memakan waktu jutaan tahun. Karst-karst ini selain indah juga memiliki arti penting dalam ilmu pengetahuan sebab menyimpan informasi penting mengenai sejarah geologi tanah air kita serta fosil-fosil yang tak ternilai harganya. Namun sayangnya, banyak lokasi-lokasi ini yang menjadi korban pertambangan batu kapur dengan cara diledakkan sehingga menjadi rusak. Sedih rasanya.

652651

Satu hal yang gue pelajari di museum ini adalah di Indonesia ada begitu banyak tempat dengan keindahan alam yang sangat mumpuni tapi belum banyak diketahui orang. Apalagi yang ada pegunungan karst-nya. Duh kapan ya bisa mengunjungi tempat-tempat ini untuk menikmati keindahannya secara langsung?

655

656

Ada juga ya tempat seindah Lembah Harau di Sumatra Barat ini. Jadi tambah kepengen backpackeran ke Tanah Minangkabau.

662

Pertama kali gue liat stalagtit ama stalagmit. Sayang fotonya kurang tajam haha.

658659

Baru pertama kali juga gue liat batu bara hahaha (astaga kuper banget ya gue) pertama gue pikir batu bara tuh kayak arang bakal ninggalin bekas item di tangan kalo dipegang, tapi ternyata kek batu biasa ya?

664

Fosil Ammonite alias hewan bercangkang pas zaman purba dulu. Ammonite bisa diibedakan dengan hewan bercangkang zaman sekarang karena cangkangnya bersekat-sekat dan uniknya, mereka lebih berkerabat dengan cumi-cumi soalnya memiliki tentakel. Sayangnya mereka punah berbarengan dengan dinosaurus pada akhir Era Cretaceous.

670

Yang lebih gue appreciate ketimbang koleksi museum ini adalah gaya art deconya yang masih kental kentara. Apalagi dengan pencahayaan yang pas seperti pilar-pilar yang satu ini.

673

Terharu akhirnya bisa melihat fosil Trilobite di sini, sejenis serangga prasejarah.

677

Pertama kalinya pula gue melihat fosil Stromatolite, yakni fosil bakteri fotosintetik (Cyanobacteria) yang hidup milyaran tahun. Mereka adalah “tumbuhan” pertama dan bertanggung jawab atas polusi oksigen yang memusnahkan banyak makhluk hidup kala itu.

680

Fosil Archaeopteryx yang mencetuskan ide bahwa burung modern berevolusi dari burung. Tentu saja ini bukan fosil yang asli.

684

Fosil T-rex yeeeeeey!!!

687

Yang menarik di sini ada telur dinosaurus juga. Tentu saja udah membatu jadi fosil jadi nggak bisa ditetasin hahaha. Coba bandingin ukurannya ama power bank-nya Ajeng.

688

Fosil manusia purba bergaya military *nggak ding hahaha*

694

Rekonstruksi fosil Phitecanthropus hasil kerjasama ilmuwan Indonesia dan Jepang. Beberapa koleksi di sini emang ngingetin gue ama Museum Sangiran yang belum lama gue kunjungin sebelum ke museum ini.

700

Fosil kerang raksasa ini juga sempet gue liat di Sangiran, tapi pas di sana hanya replikanya aja dijadiin dekorasi air mancur. Besar banget ya ukurannya.

706

Ada fosil jejak T-rex juga di sini.

716

Beberapa fosil hewan purba seperti gajah dan badak. Di sini gue hampir nabrak anak-anak SMP yang darmawisata dari Lampung hahaha.

735713

Ga tau apa fungsi tombol antik. Mungkin kalo ada containment breach kayak di SCP, satpamnya langsung nekan tombol ini terus semua pintu dan jendela museum otomatis terkunci ama pintu besi ama jeruji ya kek di film-film hahaha.

718

Fosil ular raksasa yang berkaki!!!

738

Nah sekarang naek ke lantai dua. Pas di tangga kalian akan melihat plakat yang menceritakan kepahlawanan kepala museum ini, Arie Frederick Lasut yang mengorbankan dirinya demi melindungi data-data dan dokumen geologi Indonesia. Kalo yang plakat bahasa Belanda gue nggak tahu artinya.

741742

Saatnya berfoto-foto di lantai dua.

744

Di sini koleksinya sih hampir-hampir mirip ama di lantai satu. Ada bijih emas di sini.

747

Ada juga simulasi gempa yang keknya seru. Sayang cuman bisa dinaikin anak kecil.

752

Ini sedikit potret dampak abu vulkanik dan letusan gunung berapi. Semua barang ini diambil dari pemukiman warga di lereng Merapi yang kena bencana awan panas. Ngeri ya plastik TV-nya sampai leleh gitu. Amit-amit deh.

758756

Eh pas jalan-jalannya gue ama Ajeng di museum ini kelar, Aldhi, salah satu member MBP gue datang. Agak telat sih tapi nggak apa-apa soalnya abis itu kita nerusin petualangan lain kopdaran di Bandung. Simak cerita lainnya ya.

770

No comments:

Post a Comment