Saturday, July 2, 2016

MAKAM BUNG HATTA JAKARTA: EXUISITE MEMORIAL WITH ENCHANTING ARCHITECTURE

 

475

Sebagai salah satu pelengkap acara jalan-jalan di Jakarta, gue emang udah lama menjadwalkan untuk mengunjungi makam Bung Hatta yang ada di wilayah Tanah Kusir. Pas masih kerja di Jakarta dulu gue pernah kost di Cilandak yang letaknya sebenarnya nggak gitu jauh ama lokasi ini. Namun sayangnya, keinginan gue untuk mengunjungi makam sang proklamator ini terhalang keterbatasan akses transportasi umum. Gue nggak begitu tahu wilayah Tanah Kusir jadi gue agak kagok kalo disuruh “menikmati” ruwetnya lalu lintas untuk ke sana. Beruntung di grup Line gue berkenalan ama salah seorang member grup MBP bernama Wilson yang rumahnya di Tanah Kusir juga, tak jauh dari kompleks makam Bung Hatta. Akhirnya dengan bantuan dia bisa juga gue sampai di sini dengan selamat.

Setelah Kopdar MBP gue menghabiskan malam menginap di tempat kakak gue di Depok. Dari Stasiun Depok gue naek KRL yang membawa gue ke destinasi pertama hari Senin itu, yakni di Katedral Jakarta. Rencananya sih kepengen mengunjungi Museum Katedral, sayang karena masih suasana Natal, museum ternyata tutup. Gue akhirnya meluncur ke Halte Harmoni dan menurut petunjuk Wilson, menumpang busway jurusan Blok M. Wuih kangen banget pas naek busway, soalnya inget dulu pas masih kerja di Jakarta berangkat kerja ama pulang ke kosan pasti naek busway ini wkwkwkwk. Duh udah hampir setahun yang lalu tuh.

Dari Blok M gue naek metromini jurusan 74 ke arah Tanah Kusir. Gue kayaknya datang pada waktu nggak tepat, soalnya dulu pas gue masih kerja di Jakarta, yang namanya metromini pasti menuhin terminal Blok M ampe ga ada tempat buat jalan. Eh tapi sekarang terminalnya sepi gara-gara Pak Ahok nertibin metromini yang nggak laik jalan. Hmmm ... boleh sih idenya pak, soalnya metromininya emang dah pada bobrok, belum lagi sopirnya ugal2an (gue pernah naek metromini di Tanjung Duren, pas macet metromininya naek ke TROTOAR coba). Tapi perlu dipikirin juga penumpangnya biar nggak terlantar kalo metromininya dikit gini.

Untungnya, metromini jurusan 74 segera datang sehingga gue nggak perlu nunggu lama. Eh nggak taunya metromininya juga lewat deket kosan gue yang lama deket RS Pertamina haha. Jadi inget dulu kalo malam-malam suka jalan ke Sevel yang ada di sana buat belanja cemilan ama minuman ringan. Gue agak deg-degan juga takut nyasar dan gue cuman pesen ama kernetnya diturunin di depan Kompleks Makam Bung Hatta, berharap kernetnya tau. Eh, tapi sial ternyata kernetnya kelupaan. Untung aja gue dah browsing di internet tempatnya kayak apa (ada bangunan rumah gadangnya) jadi pas gue lihat bangunan yang serupa langsung gue stop. Untung keblabasannya ga jauh-jauh banget. Gue berhenti di depan kompleks makam Tionghoa ini dan sempat foto2 bentar, eksotis sih.

458

Gue jalan bentar ke kompleks Makam Bung Hatta dan langsung terpesona ama kemegahan gerbangnya yang berbentuk seperti Rumah Gadang.

465

463

Ucapan selamat datang yang unik.

469

Bahkan penutup gotnya aja bagus banget.

471

Di pintu masuknya ada relief yang menggambarkan kehidupan Bung Hatta mulai sejak tinggal di Bukittinggi hingga mendampingi Bung Karno memproklamasikan kemerdekaan RI di Jakarta. Gue dulu sempat mengira karena Bung Hatta asli Minangkabau, maka beliau pasti dimakamkan di tanah kelahirannya, namun ternyata dugaan gue meleset. Bahkan Bung Hatta memilih dimakamkan di Tanah Kusir yang notabene merupakan pemakaman umum, bukan di Taman Makam Pahlawan. Ini menunjukkan jiwa Bung Hatta yang benar-benar humble dan ingin dekat dengan rakyatnya.

Pas gue datang, Wilson nyusul. Akhirnya bisa deh meetup ama Wilson, soalnya kemaren pas Kopdar dia nggak bisa ikut karena ada acara keluarga. Dan walaupun rumahnya katanya deket banget ama kompleks makam Tanah Kusir ini, dia baru kali ini mengunjungi makam Bung Hatta. Hebat khan? Wilson ini salah satu cogan MBP berwajah oriental yang rencananya sih mau nerusin ke Atmajaya, udah keterima di sana malah, keren khan. Ini dia anaknya.

504 507

Sialnya, gue sama sekali nggak “ngeh” kalo Tanah Kusir ini ternyata termasuk ke dalam wilayah Bintaro. Walah, padahal ada beberapa anak MBP yang ngakunya tinggal di Bintaro, salah satunya Putera Sulaeman alias Sule, salah satu admin OA gue. Tau gitu bisa meetup ama dia sekalian haha.

Ukiran gerbang di gerbang berbentuk Rumah gadang putih ini ternyata amat detail dan indah.

499  505

Dan di bagian dalamnya, kontras dengan gerbang bernuansa Minang, makam Bung Hatta justru berada dalam naungan rumah Joglo. Di dalamnya, makam Bung Hatta berdampingan dengan makam istri tercinta beliau, Rahmi Hatta.

485  484

Jika kalian di Jakarta, tak ada salahnya berziarah ke Makam Bung Hatta ini sekali-kali. Selain bisa mengagumi keindahan arsitekturnya, kita juga bisa mengenang jasa seorang pahlawan yang ternyata tak perlu harus jauh kalian sambangi. Akses kendaraan ke lokasi ini juga amat mudah, bisa naik metromini jurusan 74 ama 71.

Akhir kata ....

479

Setuju guys?

No comments:

Post a Comment