Saturday, July 2, 2016

ART OF LETTERS: MENJELAJAHI MUSEUM POS BANDUNG

 

845

Pas gue bilang ke member-member grup Line kalo gue maen ke Bandung, ada yang menyarankan buat gue jalan-jalan ke Museum Pos. Katanya lokasinya juga deket Gedung sate. Hmmm ... awalnya gue nggak begitu tertarik dengan museum ini. Di Jakarta aja ada Museum Filateli di deket gereja gue di Katedral tapi seumur-umur belum pernah gue kunjungin. Tapi karena emang direkomendasiin, jadinya gue memutuskan untuk ke sana, itung-itung mengisi waktu sebelum makan-makan sekalian kopdar akbar ama anak-anak MBP di Bandung. Eh nggak tahunya begitu menginjakkan kaki di sini, iya sih awalnya koleksinya biasa-biasa aja. Tapi semakin ke belakang justru semakin keren dan membuat gue tercengang. Jadi nggak nyesel jalan-jalan di sini. Penasaran ama ceritany? Silakan aja ikuti kisah jalan-jalan ke Museum Pos Bandung.

Sore itu gue ama dua member grup Line Bandung yakni Aldhi dan Ajeng sedang jalan-jalan di Taman Lansia sembari menunggu member lain yang akan kopdar bareng kita. akhirnya datang juga satu personil lagi yaitu Alf yang kali ini bawa bala bantuan temen kuliahnya bernama Rey. Akhirnya kami berlima memutuskan jalan-jalan ke Museum Pos daripada nunggu nggak jelas di Taman Lansia. Letaknya juga udah deket banget, tinggal nyebrang jalan.

858

Kanto Pos Lama Bandung emang letaknya bersebelahan dengan Gedung Sate. Pertama gue terkesan ama pilar-pilarnya dan sejak awal gue udah menduga itu adalah gedung yang berbeda dengan Gedung Sate. Sebab kan Gedung Sate gaya arsitekturnya Art deco. Sedangkan yang ini masih kental dengan gaya klasik kolonial. Tapi gue nggak menduga ternyata bangunan itu adalah Kantor Pos.

855857

Letak museumnya ternyata berada di basement Kantor Pos. Biaya masuknya gratis dan kami cuman disuruh nulis buku tamu. Tapi ada papan peringatan ini di depannya.

781

Ada renovasi lagi rupanya. Padahal tadi aku mau Lapangan Gasibu juga lagi direnovasi. Aku ra popo soalnya udah sering gue maen kemana gitu, ternyata tempatnya lagi direnovasi, padahal udah jauh-jauh. Kalian juga kalo mau rumah kalian diperbaiki silakan aja invite gue ke rumah kalian, siapa tau direnovasi juga haha.

Datang-datang udah foto-foto.

780

Nggak tahu apa artinya ini.

782

Nah aku bingung, ini gerobak surat apa gerobak jenazah ya. Serem lagi ada celahnya. Gimana kalo tiba-tiba ada tangan keluar dari dalam situ ya hahaha.

788

790

Zaman sekarang mungkin udah bukan masanya lagi ya surat-suratan. Sekarang serba email ama chattingan. Tapi bayangin babe emak kita dulu romantis-romantisan pake berkirim surat. Bandingin anak zaman sekarang yang chatnya ga dibales semenit aja udah baper. Orang zaman dulu kalo nunggu balasan surat bisa berminggu-minggu!

Ini mesin prangko otomatis kali ya? Kayak vending machine gitu.

789

Di sini ada sebuah relung yang didedikasikan bagi Mas Soeharto. Siapakah dia? Ternyata beliau adalah kepala jawatan pos yang pada Agresi Militer Belanda ke-II pada 1948 diculik oleh tentara Belanda dari kediamannya di Yogya dan tak pernah kembali. di zaman sekarang kasus kayak gitu udah dianggap pelanggaran HAM ya.

793

Alat penimbang surat dan paket zaman dulu.

829797800

Ini peralatan kantor pos kok kayak alat penyiksaan ala Hostel ya?

804

Ini adalah lemari untuk menyimpan koleksi prangko, mirip-mirip dengan yang ada di Museum Bank BI yang dibuat menyimpan mata uang kertas. Di sini prangkonya disusun berdasarkan nama negaranya sesuai abjad. Oya, pas kami ke sini juga lagi ada darmawisata anak-anak sekolah.

810

Ini berbagai koleksi prangko yang ternyata agak di luar dugaan gue isinya. Gue sengaja mencari nama negara yang eksotik dan dapatlah Zaire. Malah ada foto Paus di sana.

814

Zambia kayaknya negara berkembang di Afrika tapi prangkonya keren amat yah. Emas-emas gitu.

815

Gue nggak tahu kenapa prangko dari Vietnam malah gambarnya dinosaurus.

818

Ini gue lupa dari Korsel apa Korut, tapi lucu ada gambar fabel binatangnya.

819

Prangko Korea kenapa malah ada gambar pelukis Eropa ya?

822

Prangko Jerman dari zaman NAZI mungkin?

824

Nah akhirnya sampai juga gue di koleksi paling menarik sekaligus memanjakan mata. Tapi sayangnya koleksi mahapenting kayak gini malah disimpen paling belakang. Koleksi apakah yang gue maksud? Ternyata museum ini juga menyimpan koleksi surat pada masa kerajaan-kerajaan di Nusantara. Surat-surat ini karena dikirim oleh raja, maka dihias dengan teramat indah. Gue denger pas melihat-lihat koleksi ini, temennya Alf nyeletuk, “Bagus banget tapestry-nya ya?”

Tapestry? Apa gue barusan denger dia bilang tapestry? Baru kai ini gue denger ada yang make istilah itu. Gue aja berani taruhan kalian pasti nggak tau tapestry itu apa. Berdasarkan level bahasa yang dia pake, apalagi statusnya sebagai mahasiswa, gue bisa ngambil kesimpulan temennya Alf ini anak muda yang cerdas dan berpengetahuan luas. Jadi kagum gue.

Karena kebanyakan kerajaan di Nusantara kala itu adalah kerajaan-kerajaan Islam, maka surat yang ditulisnya pun dalam aksara Arab.

825

831

833

834835

838

846

848

849

Benar-benar indah bukan? Ribet banget ya pasti bikinnya.

Saatnya foto-foto.

851

854

Jujur ini adalah salah satu museum terkeren yang pernah gue kunjungi. Nggak nyesel gue meluangkan waktu untuk menyambangin Museum Pos ini. Yang gue sesali justru tadi gue udah underestimate banget ama museum ini. Jika kalian ke Bandung, nggak rugi deh kalo kalian menyempatkan mengunjungi museum ini, sekalian foto-foto di Gedung Sate hahaha.

No comments:

Post a Comment