Friday, July 31, 2015

DREAM CATCHER - PART 01

 

By: Andieta Octaria

  25012-Dreamcatcher

Dream Catcher” adalah sebuah cerbung pendek yang hanya terdiri atas 5 chapter. Ceritanya didasarkan pada sebuah jimat Indian berbentuk lingkaran dengan jala bermotif di tengahnya serta ekor burung dan manik2 menggantung di bawahnya. Dream catcher dipercaya penduduk asli Amerika dapat “menyaring” mimpi buruk, sehingga dapat melindungi pemiliknya di kala tidur.

Cerbung ini (bersetting di Jepang) menceritakan tentang Kei, seorang gadis yang tak percaya akan takhyul dan membeli sebuah dream catcher, tanpa mempedulikan peringatan yang menyertainya. Sejak saat itu, dia selalu dihantui sesosok makhluk mengerikan. Cerita ini mengingatkan gue dengan “Real”, salah satu cerbung dari Okaruto yang pernah gue muat di sini.

Cerbung ini merupakan original story bikinan Andieta Octaria, seorang mahasiswi dari Bandung sekaligus salah satu member setia grup Line gue.

Silakan nikmati ceritanya dan feedback dari pembaca sangatlah diharapkan.

***

Aku tidak pernah percaya hantu. Maksudku, umurku 17 tahun bulan ini, terlalu tua untuk percaya hal-hal seperti itu. Hantu hanyalah cara orang tua untuk menakuti anak-anaknya agar tidak pulang larut malam. Berbeda dengan temanku, Harumi. Semenjak pindah ke sekolahku minggu lalu, Harumi belum banyak mendapat teman. Meskipun baik hati, Harumi sangat pemalu. Ia bahkan hampir tidak pernah menatap langsung ke mata lawan bicara saat mengobrol.

Thursday, July 16, 2015

Thursday, July 9, 2015

UNBORN FANTASY: 10 BANGUNAN ANEH YANG NGGAK JADI DIBUAT MANUSIA

 

  greenbird

Gue pernah membuat tulisan bertema “10 bangunan terkeren yang nggak pernah dibangun manusia”. Nah, anggap aja tulisan ini adalah sekuelnya. Jika top ten yang dulu gue berikan adalah bangunan-bangunan yang terlalu bombastis untuk dibuat, maka list ini akan berisi bangunan-bangunan yang mungkin sama ambisiusnya, namun bukannya mustahil untuk dibuat. Dengan teknologi saat ini, bangunan-bangunan ini bisa saja berdiri. Namun karena berbagai sebab, bangunan-bangunan ini akhirnya hanya mandeg di desain aja. Hmmm ... gimana ya perasaan seorang arsitek jika desain rancangannya hanya berakhir dalam gumpalan kertas aja tanpa pernah dimanifestasikan? Yang pasti “sakitnya tuh di sini” *malah nyanyi*. Dan bagaimana pula wajah dunia seandainya bangunan-bangunan ini benar-benar ada? Silakan aja dibayangkan. Berikut ini 10 bangunan aneh yang nggak pernah dibuat oleh manusia.

THE UN-INNOCENT BEAUTY: KEINDAHAN RUMAH PERKEBUNAN DI AMERIKA

 

Lbrrosef

Rumah perkebunan sudah menjadi warisan sejarah di Amerika Serikat. Amerika Serikat bagian selatan (wilayah Southern) dikenal sebagai wilayah agraris dengan ribuan perkebunan bersejarah yang sudah ada sejak abad ke-17. Rumah perkebunan (plantation house) dibangun sebagai tempat tinggal para aristrokrat pemilik perkebunan. Rumah-rumah tersebut dibangun dalam bentuk mansion (rumah besar) nan mewah dengan menganut berbagai gaya arsitektur, mulai dari gaya Eropa asli (Greek Revival, Palladian, hingga Gothic Revival), gaya Amerika (Gregorian, Elizabethian, Jacobian, dan Jeffersonian), hingga gaya Oriental yang lebih eksotis seperti Moorish Revival.

Perkebunan memiliki makna penting dalam sejarah kolonialisasi di benua baru tersebut. Namun rumah-rumah mewah ini juga menyimpan sejarah yang kelam. Perkebunan-perkebunan di wilayah Southern terkenal karena menggunakan tenaga kerja paksa berupa budak kulit hitam. Ketika ppara majikan kulit putih menikmati kemewahan hidup dalam mansion mereka, budak-budak yang mereka pekerjakan hidup menderita tanpa digaji. Dalam menikmati keindahan rumah-rumah ini, selayaknya kita juga tak melupakan kepedihan yang ditimbulkan akibat perbudakan di perkebunan-perkebunan ini. Berikut ini adalah sekilas keindahan rumah-rumah perkebunan yang sebagian besar masih terawat dan kini dimanfaatkan sebagai wedding hal (gedung resepsi pernikahan) hingga restoran.

TOP 40 JUDUL FILM TERKEREN (MENURUT GUE)

 

Image_(7)  

Don’t judge the book by its cover, gue setuju bingitz guys ama pepatah itu (soalnya muka gua juga amburadul). Sama pula, don’t judge the movie by its title. Judul emang bukan jaminan mutu sebuah film. Tapi itu tetap bukan halangan untuk membikin sebuah judul yang keren dan kreatif bukan? Berikut ini adalah judul-judul film yang keren menurut gue.

THE WINNER OF LOGOS BATTLE: HANDPRINT

 

WINNER LOGO

Terima kasih kepada 1000 lebih pembaca yang telah berpartisipasi dalam memilih logo terbaru Mengaku Backpacker. Dari hasil polling selama sebulan lebih akhirnya didapatkan hasil:

1. Pemenang Ketiga dengan vote sebanyak 210 suara (19%) adalah ECLIPSE karya Andri D’Tonggar.

ECLIPSE

2. Pemenang Kedua dengan vote sebanyak 263 suara (24%) adalah SIMPLETON karya Dynda Noe.

1432120405930

3. Pemenang Pertama dengan vote sebanyak 394 suara (36%) adalah HANDPRINT karya Arsy Ghony.

HANDPRINT

Dan dengan begitu dapat disimpulkan logo terbaru Blog Mengaku Backpacker adalah HANDPRINT (bisa dilihat di header). Selamat bagi yang menang dan terima kasih atas semua entrynya ya. Jangan lupa ikuti event-event Mengaku Backpacker lain di masa depan :D

TEARS IN HEAVEN: 10 TEMPAT IBADAH YANG JADI KORBAN KONFLIK AGAMA

 

522px-Borobudur-perfect-buddha

Artikel yang bakal kalian baca ini mungkin agak kontroversial, sebab mengangkat tema kekerasan antar-agama yang mungkin masih dianggap tabu, apalagi jika agama kalian yang terlibat. Namun bukan rahasia lagi (gue sendiri juga aware terhadap penyelewengan Paus pada abad pertengahan dan Renaissance yang menyalahi ajaran agama Katolik sendiri) bahwa konflik antar-agama sudah terjadi selama ribuan tahun. Fanatisme terhadap agama kadangkala membutakan mata pengikutnya sehingga melupakan inti ajaran agama itu sendiri, yakni menciptakan kedamaian.

Di sini (karena gue sendiri adalah pecinta arsitektur) akan gue bahas berbagai konflik yang menelan korban berupa warisan sejarah yang tak ternilai harganya, yakni bangunan2 tempat ibadah. Yang menurut gue nggak masuk akal, kenapa jika salah penganut agamanya yang berbuat salah, maka bangunan tempat ibadah mereka juga harus dihancurkan dan saudara2nya yang mungkin tak tahu-menahu tentang msalah tersebut juga harus dijadikan korban.

Well, gue harap berbagai intrik antar-agama yang gue bahas di sini bakal membuat kita belajar untuk tidak mengulang tragedi yang sama. Berikut ini 10 tempat ibadah yang menjadi korban konflik antar-agama.

IN THE BRINK OF EXTINCTION: 10 KEAJAIBAN DUNIA YANG TERANCAM MUSNAH (INDONESIA JUGA ADA)

 

MINARET JAM

Lagi-lagi gue banyak membahas arsitektur bulan ini. Kali ini gue bakal menyorot Situs-Situs Warisan Dunia UNESCO yang masuk ke dalam “Endangered List”. Ternyata walaupun sudah ditetapkan sebagai warisan dunia, tempat-tempat bersejarah dan indah ini justru tak luput dari ancaman kehancuran. Rasanya sayang sekali ya pusaka2 sejarah seperti ini hancur dimakan waktu tanpa ada perawatan. Berikut ini 10 Situs Warisan Dunia yang terancam punah (seperti bisa kita tebak, Indonesia juga ada).

STAIRS TO HEAVEN: 10 PAGODA TERINDAH DI TIONGKOK

 

681px-20090919_Changzhou_Tianning_5334

Pagoda merupakan struktur khas arsitektur Tiongkok. Struktur seperti menara ini dikenal karena bentuknya yangbertingkat-tingkat dengan atap di setiap tingkatnta. Pagoda biasa ditemukan mendampingi kuil Buddha dan memang memiliki makna religius yang signifikan. Pagoda digunakan sebagai tempat untuk menyimpan relik atau benda suci, seperti kitab suci, peninggalan Buddha, dan lain-lain.

SEINDAH DIRIMU: 15 PUISI KEREN PILIHAN MENGAKU BACKPACKER

 

Hallo guys. Kali ini admin lagi pengen beromantis ria dan ngomongin tentang puisi nih. Wuih nggak kayak biasanya ya. Gara-garanya sih pas gue lagi kumpul-kumpul ama guru di tempat kerja gue, gue melihat mading yang dibuat anak-anak untuk tugas Bahasa Indonesia. Di sana mereka membahas para satrawan Indonesia dan karya puisi mereka. Sebelum gue baca hasil karya mereka, satu-satunya puisi yang gue tau cuman “Aku ini binatang jalang …” hiks. Alhasil gue kagum ama permainan kata para satrawan tersebut, apalagi kalo puisi itu tak hanya memiliki bahasa yang indah, melainkan ending yang keren. Sastrawan favorit gue jelas Sapardi Djoko Damono. Maka dari itu gue kasih di sini 15 puisi karya beliau yang udah kubingkai dalam fan-art haha. Ditambah lagi ada satu lagi bonus dari Subagio Satrowardoyo. Silakan nikmati :D

AKU INGIN

AKU INGIN

RISE OF MUTANT X: 12 HASIL REKAYASA GENETIKA YANG DIJAMIN OGAH KALIAN MAKAN

 

  BLUE ROSE

Bioteknologi merupakan cabang ilmu yang dianggap maestro bagi dunia ilmu pengetahuan manusia dan diharapkan mampu memecahkan berbagai permasalahan di dunia ini. Salah satu keberhasilan bioteknologi adalah memasukkan gen penghasil insulin dari pankreas manusia ke bakter E. coli, sehingga bakteri tersebut mampu menghasilkan insulin yang amat dibutuhkan bagi penderita diabetes mellitus. Teknik memasukkan DNA dari satu makhluk ke makhluk lain tersebut dinamakan dengan “rekayasa genetika” atau “genetic engineering”.

Banyak dari hasil rekayasa genetika tersebut “harmless” alias tidak berbahaya, seperti menciptakan mawar biru. Namun apa akibatnya jika para ilmuwan kemudian menyalahgunakan ilmu tersebut dan secara keblabasan menciptakan makhluk “hibrida” yang secara nalar tak masuk akal. Dan parahnya, beberapa makhluk2 yang menyalahi kodrat alam tersebut “diciptakan” manusia untuk dimakan. Hmmm ... yang jelas sih gue mikir-mikir kalo produk-produk pangan bioteknologi berikut ini benar-benar keluar nantinya. Berikut ini 12 hasil rekayasa genetika paling meresahkan yang berhasil diproduksi ilmuwan.

PRIMEVAL ARTISTRY: 10 KARYA SENI PALING PRIMITIF

 

chauvet

Seni memang menjadi bagian tak terpisahkan dalam hidup manusia. Bahkan, saking pentingnya seni dalam kehidupan manusia, pipis manusia-pun disebut “air seni” (sepertinya itu nggak ada hubungannya). Well, yang pasti seni sudah ada sejak manusia pertama hadir di bumi dan membawa bakat itu bersama mereka. Mungkin kalian pikir kehidupan zaman yang keras membuat manusia purba nggak ada waktu buat mengeksplorasi jiwa seni mereka. Berburu lah, meramu lah, mana sempat seni2an? Namun pendapat itu salah besar! Yup, “air seni” emang nggak ada hubungannya ama seni, eh bukan, maksud gue seni ternyata sudah ada sejak zaman purba da primitif. Berikut ini adalah buktinya, yakni 10 karya seni tertua dalam zaman prasejarah. Silakan disimak :D

ORIENTAL PROMISES: 10 GEREJA DAN MASJID BERGAYA TIONGKOK

 

Najiahu Great Mosque 2

Tiongkok sekarang mungkin adalah negara komunis dengan kebebasan beragama yang sangat dibatasi. Namun dahulu Tiongkok adalah negara yang kaya dengan berbagai agama dan kepercayaan, hampir sama dengan Indonesia. Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya tempat2 ibadah agama lain yang uniknya, memiliki gaya arsitektur khas negeri tirai bambu tersebut. Bahkan penyebaran Islam di Tiongkok jauh mendahului penyebaran agama tersebut di tanah air kita. Berikut ini adalah 10 masjid dan gereja bergaya arsitektur khas Tiongkok.

Wednesday, July 8, 2015

EXOTIC EXOPLANETS: 10 PLANET PALING UNIK DI LUAR TATA SURYA KITA

 

Ring_Exoplanet_by_NovaWorld87

Eksoplanet (artinya planet luar) adalah planet2 yang berada di luar tata surya kita. Planet2 ini merupakan anggota tata surya lain dan mengitari bintang induk yang berperan sebagai Matahari mereka. Hingga kini, astronom dari berbagai penjuru dunia telah menemukan 1000-an eksoplanet dan bukannya tidak mungkin, ada di antara mereka yang memiliki kondisi serupa seperti Bumi, alias memiliki kehidupan dan bisa menjadi habitat yang layak bagi manusia. Namun sebagian besar dari mereka memiliki lingkungan yang hostile (ganas) namun juga unik. Berikut ini 10 eksoplanet paling unik di luar tata surya kita.

ONLY HUMAN PART 02: 40 FOTO MENGHARUKAN DARI SELURUH DUNIA

 

Lagi-lagi Blog Mengaku Backpacker menghadirkan kumpulan-kumpulan foto yang menyayat hati. Yah walaupun postingan seperti ini menghabiskan kuota *curcol* tapi tentu tak sebanding dengan pelajaran akan makna hidup yang bisa kita petik dari foto-foto ini. Semoga aja foto-foto ini bisa menginspirasi kita semua, terlebih di bulan Ramadhan ini. Check it out *buat yang gampang nangis, siapin tisu yaaa*

MEME DIJAH YELLOW PALING KOCAK: IS SHE THE NEXT NINA DOBREV???

 

hqdefault

Mungkin banyak readers blog gue yang protes begitu liat gue lagi-lagi ngepost tentang DijahYellow. “Min, emang bener sih ini blog horor, tapi setannya jangan beneran dong!” Hehehe ... apa boleh buat guys, soalnya gue emang ngefans banget ama DijahYellow. Liat mukanya aja gue jadi kepengen nyeburin dia ke Kali Ciliwung. Apalagi bisa dibilang dia multitalenta. Nyanyi bisa, jadi model bisa, maen film bisa, manggil arwah bisa. Yap, makanya artikel ini bakal gue dedikasiin buat DijahYellow yang akun instagramnya selalu mengundang cacian. Cacian itu kalo perut kita kemasukan parasit jadi kurus terus *itu cacingan bang* Apalagi ada kabar kalo dia baru aja ngerilis novel. Wow ... jadi penjahit dong dia? Liat aja yuk kabar terbarunya :D

JALAN-JALAN KE EROPA TANPA MODAL (PAKE GOOGLE STREET VIEW)

 

buda 8

Halo guys. Setelah lama bingitz gue nggak pernah backpackeran karena berbagai alasan, akhirnya kali ini gue menemukan cara buat jalan2 ke Eropa tanpa modal, yakni menggunakan Google Maps. Modalnya cuman wifi doang aja men (tapi usahakan jangan yang lemot). Gue bisa dibilang jarang banget menggunakan jasa Google Maps (pake peta-pun gue selalu kesasar) jadi setau gue, aplikasi Google itu hanya berfungsi untuk melihat peta 2D saja. Namun ternyata ada fasilitas Street View di sana (yang gue ketahui tanpa sengaja gara2 melihat salah satu video di Youtube). Dengan fasilitas mumpuni itu, kita bisa melihat situasi di sekeliling kita seakan-akan kita tengah menyusuri di jalan tersebut. Berikut ini gue kasih ulasannya.

HAPPY MAYDAY: MEME DAN KARIKATUR YANG MENYINDIR SMARTPHONE ADDICT (APA KAU SALAH SATU DI ANTARANYA?)

 

image-211__300

Gue sebenarnya berniat mempublish artikel ini pas hari buruh 1 Mei kemaren, tapi baru sempet sekarang. Gue sih mendukung-mendukung aja ama gerakan buruh di berbagai penjuru dunia, tapi artikel kali ini nggak bakal membahas perjuangan para buruh secara harfiah, melainkan ini. Kehidupan kita semakin diperbudak oleh teknologi informasi. Smartphone dan teknologi internet yang dibawanya memang membawa banyak manfaat bagi hidup kita, namun juga membuat kehidupan kita makin soliter dan terkungkung. Kita seakan terpenjara oleh teknologi yang seharusnya mempermudah hidup kita. apakah kehidupan kalian juga digambarkan dalam karikatur di bawah ini?

HACIENDA OF THE CONQUISTADORES: PESONA RUMAH-RUMAH CANTIK BERGAYA SPANYOL

 

 

Gue emang selalu saja tertarik dengan arsitektur Spanyol. Di sana ada arsitektur Baroque dan Gothic khas Eropa, bercampur dengan arsitektur Moorish dan Mudejar ala Islam, hingga arsitektur modern yang imajinatif dan dream-like karya Antonio Gaudi. Rumah-rumah bergaya Spanyol (disebut hacienda) pun memiliki gaya arsitektur yang khas dan indah. Yang gue suka dari kediaman bergaya Spanyol adalah rumah-rumah ini menyatu dengan alam. Warna rumahnya menggunakan warna asli dari bahan material penyusunnya, yakni batu-batu alami, tanpa polesan apapun. Ini membuat rumah-rumah Spanyol ini tampak membumi. Berikut ini ulasan gue tentang rumah-rumah Spanyol yang cantik ini.

GANTENG GANTENG MUSYRIK: 10 INSAN YANG MENGAKU TUHAN … (ADA YANG BENCES JUGA LHO CYIN)

 

vissarioncrowd

Hai para readers! Kali ini gue bakal mengangkat tema “musyrik” nih, nggak biasanya banget ya. List orang-orang di sini adalah orang-orang yang mengaku sebagai nabi, titisan mesias, reinkarnasi Yesus, hingga Tuhan. Walaupun terdengar konyol, namun mereka juga memiliki pengikut lho; mungkin karena mereka memiliki pribadi yang kharismatik. Dan kacaunya lagi, keberadaan mereka tak jarang memicu pertumpahan darah. Berikut ini 10 orang musyrik beserta sekte mereka yang aneh-aneh.

FROM SOKOVIA WITH LOVE: 10 KOTA FIKTIF DARI MARVEL/DC UNIVERSE

 

sokovia

Sehabis nobar bareng film Avengers yang kereeen banget ama temen2 kantor baru gue (bulan lalu), gue jadi pengen membuat list ini. Soalnya di film itu ada dua tempat fiktif yang hanya ada di Marvel Universe, yakni Wakanda dan Sokovia. Gue pernah denger sih tentang Wakanda dari satu2nya komik Marvel yang pernah gue baca, yakni Avengers vs X-Men (itupun berkat dikasi versi e-booknya ama salah satu murid gue dulu yang keranjingan komik Marvel). Nah, iseng2 (dengan pengetahuan tentang X-Men dan Avengers yang terbatas) gue membuat list tempat2 fiktif yang pernah muncul di Marvel Universe. Siapa tau mereka muncul di film2 Marvel berikutnya biar kalian nggak bingung hehe. Silakan disimak :D

DIDN’T SEE THAT COMING: 10 FILM DENGAN PLOT TWIST TAK TERLUPAKAN

 

beaststalker2d

Gue paling suka nonton film dengan plot twist. Gue berpendapat, film tersebut bakalan layak ditunggu endingnya. Kayaknya puas bingitz eh guys kalo kita udah susah2 ngabisin waktu kita selama 1,5 jam terus kita disuguhi ending yang apik dan sama sekali nggak kita duga. Plot twist yang cerdas juga membuktikan kepiawaian penulis skenarionya (kalo pribadi menurut gue sih, harusnya mereka yang pantes dapet “credit” tertinggi atas kesuksesan sebuah film, bukan sutradara, pemain, apalagi produser). Berikut ini gue kasih list 10 film dengan plot twist paling genius. Nggak semuanya film horor sih, tapi yang pasti mereka semua layak kita nikmati (sebagian besar juga gue berani taruhan udah pernah kalian tonton). Inilah 10 film dengan plot twist paling berani sepanjang sejarah perfilman.

BACKPACKER KE LANGIT: 12 KEAJAIBAN TATA SURYA YANG LAYAK MENJADI TEMPAT WISATA

    VALLES MARINERIS 4

Jika sudah bosan dengan destinasi wisata yang ada di Bumi, bolehlah kita melirik luar angkasa. Space tourism merupakan bisnis yang mulai dirintis secara serius. Secara teoritis, bukanlah mustahil untuk mengirimkan wisatawan ke luar angkasa, bahkan hal tersebut pernah dilakukan (walau terbatas di orbit Bumi saja). Jika teknologi kita kian maju, ada banyak lokasi2 destinasi wisata yang wajib dieksplorasi manusia di planet2 lain. Berikut ini 12 objek wisata dengan panorama paling mencengangkan di tata surya kita.

20 RASI BINTANG PALING KEREN & LEGENDANYA: CHAPTER 3

 

Hallo ... inilah bagian terakhir dari mitologi Yunani yang mendasari rasi-rasi bintang yang indah di langit. Disimak yaaaa ....

20 RASI BINTANG PALING KEREN & LEGENDANYA: CHAPTER 2

 

2285787-hercules19

Yess ketemu lagi deh ama cerita2 mitologi Yunani yang admin sajikan di Chapter 2 ini. Di sini admin bakal mengupas setajam *singlet* tiga tokoh mitologi Yunani yang kisah hidupnya diabadikan dalam berbagai rasi bintang, yakni Orion, Theseus, dan Hercules.

20 RASI BINTANG PALING KEREN & LEGENDANYA: CHAPTER 1

 

bellerophon-riding-pegasus_thumb

Halo guys. Bulan ini gue lagi kepengen membahas tentang astronomi ama mitologi Yunani nih (ketimbang membahas yang suram2). Jadi inget masa kecil gue di Solo. Di sana langit masih bersih, belum ada polusi. Tiap malam gue bisa melihat bintang bertebaran di langit (sok romantis ceritanya). Gue suka banget memandangi rasi bintang Scorpio (soalnya itu satu2nya rasi bintang yang gue tau), selain rasi bintang Biduk dan Salib Selatan (ama kadang2 gue juga bisa liat Orion). Tapi sekarang ... boro2 bintang, bulan aja jarang keliatan. Apalagi gue sekarang kerjanya di Surabaya, bintang2 mah kalah ama lampu mall.

Tapi buat kalian yang belum pernah menghitung bintang di langit, kasihan deh masa kecil kalian. Padahal di tiap rasi bintang, ada legenda dari mitologi Yunani yang seru dan romantis buat dibahas. Kalo kalian taunya cuman 12 zodiak aja, wah pengetahuan kalian masih kurang .... soalnya ada banyaaaak banget rasi bintang yang ada di langit sana (total ada 88 buah, masing2 dengan mitologinya sendiri). Tapi berbusa-busa kali ya kalo gue disuruh jelasin semuanya, makanya gue pilih aja 20 rasi bintang paling indah yang ada di langit malam. Simak yuk 20 rasi bintang paling keren sekaligus mitologi Yunani indah yang melatarbelakanginya (gue bagi jadi dua chapter, OK?).