Friday, November 13, 2015

REVIEW MANGAFEST YOGYA 2015: ASYIKNYA JALAN-JALAN DI KAMPUNG COSPLAY

 

IMG_0326

Halooo guys kali ini gue bakalan nyeritain pengalaman gue ikutan Mangafest 2015 di Yogya. Seperti namanya event bikinan anak UGM akan menjadi ajang kreasi manga bikinan anak bangsa sekaligus ada event-event seru kek karakoean ampe cosplay. Pastinya keren dong. Acaranya sendiri dibagi dalam dua hari yakni 17-18 Oktober 2015. Sialnya nih, gue cuman datang pas hari sabtunya, yakni pas eventnya masih sepi. Minggunya, pas acaranya membludak full dengan cosplayer keren, gue malah dalam perjalanan balik ke Surabaya hiks.

Gue emang udah ngerencanain datang ke event ini jauh-jauh hari. Ini bukan pertama kalinya sih gue liat ajang cosplayer. Gue pernah liat ajang yang sama pas ada event di Little Tokyo, Jakarta yang menurut gue biasa-biasa aja. Yang membikin event Mangafest ini luar biasa (buat gue) adalah bisa ketemu ama Yuuki Raven, yakni salah satu member setia grup Line gue. Aaaaak akhirnya kesampaean deh foto-fotoan ama Yuuki. Ayo ikuti serunya event ini :D

Gue dari Solo berangkat ama member grup MBP yang bernama Febri. Hmm ... sejak awal ikut ternyata dia udah rencana cosplay jadi Shizuka versi dewasa wkwkwk. Sialnya gue kayak Nobita kali ya soalnya culun. Acaranya sendiri digelar di JEC, sehingga kami terlebih lagi turun di Stasiun Maguwo lalu melanjutkan perjalanan naek bus Trans Yogya.

Harga tiketnya sendiri 15 ribu dan berlaku untuk dua hari. Kami diberi sebuah gelang tahan air dan akhirnya inilah bagian dalamnya jreng jreng jreng ....

IMG_0325   IMG_0318

Yang dipajang di panel adalah manga-manga karya anak bangsa yang dikirim ke panitia Mangafest untuk dipilih yang terbaik. Keren banget karya-karyanya, sayangnya sebagian besar masih keliatan terpengaruh banget ama manga Jepang (ya iyalah namanya juga Mangafest). Maksud gue, manga Jepang kan emang punya ciri khas matanya yang besar. Gimana kalo manga bikinan Indonesia nggak ngikutin gaya manga Jepang tapi punya ciri khas sendiri semisal hidung besar *plaaaak*

Tema karya manga-nya adalah superhero. Tapi uniknya, banyak mangaka muda yang menginterpretasikannya berbeda. Nggak semua karya bercerita tentang pahlawan berkekuatan super, namun justru ada yang menghadirkan tema kasih sayang keluarga atau sosok orang tua sebagai super hero kita. Wow, so sweet. Terharu deh gue kalo anak bangsa dibebaskan berkarya dan karyanya pun dihargai seperti ini.

Pas gue datang, ada panggung besar yang lagi dipake event singing contest. Beeeuh .... suaranya bagus-bagus men. Dan penyanyinya pada apal lirik Jepang lagi, keren dah.

Di sini juga ada banyak banget stand makanan, sebagian besar sih makanan Jepang dengan harga meroket.

IMG_0336   IMG_0330

Dan banyak pula stand produk-produk bagi pecinta anime, mulai dari kaos keren, dompet, gantungan kunci, pin, hingga ini ....

IMG_0327

Aaaaaak, jomblo pasti yang beli aaaaaak ...

Di event ini mata gue langsung melotot liat dompet One Piece yang superkeren dan gue kayak tertarik gaya gravitasi ke stand-nya. Tapi gue mikir-mikir deh kalo mau beli barang gituan. Soalnya pertama, barangnya bukan original dari Jepang, melainkan lokal bikinan sendiri, sehingga gue agak ngeraguin kualitasnya. Kedua, dompet yang gue pakai sekarang ini berkesan banget, soalnya hadiah dari mantan-mantan murid gue pas gue pindah kerja. Jadinya berat ninggalin dompet ini dan sayang juga khan kalo beli dompet One Piece tapi nggak kepake.

Barang kedua yang kepengen gue beli di event ini adalah topi Chopper yang terbuat dari beludru terus ada tanduk rusanya. Aaaak pengen beli aaaaak tapi mahal aaaaaak. Akhirnya nggak jadi beli deh, padahal keren kali ya gue pas kopdar Jakarta tanggal 27 Desember nanti pake itu wkwkwk. Dikira orang gila malah.

Ada kertas putih buat ajang corat-coret juga. Dan hasil corat-coretnya aja udah keren gini *sambil meratap, soalnya gue nggak bakat gambar*

100_6916

Setelah muter-muter saatnya foto bareng cosplayer!!!

Ini foto gue bareng Yuuki yang katanya sih lagi jadi Pamela Ibis dari game “Mana Khemia”.

 Pamela.Ibis.full.127812   YUUKI

Foto ama Kakashi ... yeeeeey ....

Kakashi_render_by_lbackfromthedeadl-d5n6ymm   100_6912

Foto sama Kirito dari “Sword Art Online”

kirito_3_sword_art_online_by_zerolshikumai-d5eju95    100_6925

Keren banget nih cosplayernya .... katanya sih ini The Doctor dari “Only Human”.

  918259cc7ce63e62b03e3739dab3d9dd - Copy   DAVE

Terus gue juga dapet rejeki nomplok foto ama eneng yang jadi Asuna dari “Sword Art Online” ini kekekeke. Kekekekekekekekekekekekeeee. Kekekekekekekekekekekekekekeke *minum bentar* Kekekekekekekekekekekekkekekekekekeke ....

Asuna   100_6920

Percakapan sehabis foto:

“Makasih ya Neng udah foto bareng”

“Sama sama bang ...”

“Kalo boleh sekarang ganti pose dong, eneng peluk Aa yaaa ...”

*Gue disiram air keras*

Gue” “AAAAAAAARGH!!! AAAAAAAAAARG!!!!”

Ekspresi readers: “Mampus loe dasar oom oom pedofil!”

Dan terakhir ama Sailor Moon!

Ekspresi readers: “Perasaan gue nggak enak nih”

100_6918

Yup, betul hiks.

Oya dan sedihnya, hari Minggunya ternyata salah satu member Line gue yang lain yang bernama Aqiilah Salma ternyata ikut jadi cosplayer. Tuh dia yang sebelah kiri jadi cowok. Hiks pengen foto bareng .....

IMG_0362

Nah itulah sekilas acara Mangafest 2015 di Yogya. Gue jadi tertarik ngikuti acara-acara ginian lagi *buat mejeng foto-foto maksudnya*

No comments:

Post a Comment