Friday, November 13, 2015

KEBUN BINATANG SURABAYA: LAND OF DESERTED ANIMALS

 

KBS (187)

Gue banyak mendengar hal buruk tentang Kebun Binatang Surabaya, bahkan semenjak gue masih di Jakarta. Katanya banyak binatang yang mati gara-gara nggak keurus. Makanya KBS menjadi salah satu least attraction yang pengen gue kunjungin di Surabaya. Tapi karena anak-anak member grup Line ngajakin maen ke sini pas liburan ya gue sanggupin aja.

Untuk menuju KBS dari kosan gue di daerah Tunjungan amatlah mudah, tinggal naek bus Damri di depan Gedung Grahadi jurusan Terminal Bungur dan tinggal turun di depan KBS. Untung sopirnya baek ama gue yang nggak mengenal Surabaya dengan baik, sehingga gue diturunin di depan jembatan penyebarangan. Coba kalo nggak, gue pasti nekad nyebrang lewat jalan yang ramenya minta ampun itu haha.

KBS (1)

Di depan KBS ada patung Hiu dan Buaya yang sudah menjadi landmark kota Surabaya. Jika kalian mau berfoto di sana, urungkan saja, sebab kalian harus bersaing dengan puluhan orang lain yang juga berniat sama. Sepertinya mustahil foto di sana tanpa penampakan photobomb di belakang kalian. Trust me.

Perjalanan ini disponsori oleh ... eh salah, dihadiri oleh dua member grup Line gue, yakni Bang Dicky ama Frida *nggak tau deh yang laen pada kemana, molor kali*

DICKY DAN FRIDA

Tiket masuknya Rp. 15.000,00. Pas kita masuk, gue dikasih gelang kayak gini nih *perhatikan, soalnya penting untuk jalan cerita nantinya*

KBS (184)

Gue nggak begitu setuju dengan konsep kebun binatang, yakni mengurung hewan-hewan cuman buat jadi tontonan manusia aja. Bahkan gue malah sama sekali tidak setuju dengan ngurung binatang dalam kandang, mau itu burung, ikan (di akuarium maksudnya), apalagi sampai binatang jalang eh liar. Gue pikir mereka berhak hidup bebas. Kecuali kalo tujuannya konservasi karena habitat alaminya sudah dirusak manusia, nah itu baru gue setuju. Namun gue lihat perawatan hewan-hewan ini juga masih jauh dari kata layak.

Maka dari itu, gue nggak begitu impressed dengan yang namanya kebun binatang. Yah isinya juga gitu-gitu aja, nggak ada yang beda.

KBS (31)KBS (37)KBS (10)

KBS (25)KBS (23)  

Mohon tidak melempari satwa dengan es krim? Ya iyalah kurang kerjaan banget, mending dimakan sendiri.

KBS (43)

Bahkan badak dan komodo dianggap sebagai sampah kering dan sampah basah. Ngeselin banget nggak sih???

KBS (29)

Di salah satu kandang, gue menemukan sepatu mungil ini tergeletak. YA TUHAN APA YANG TERJADI DENGAN ANAK INI???? *jreng jreng jreng* Apa dia dimangsa oleh hewan-hewan yang ada di kandang???

KBS (14) - Copy - Copy

CERITA MALAM MINGGU BERDARAH

TRAGEDI BONBIN #1

“Dimana anak saya? Dimana???” seorang ibu dengan panik mencari anaknya di antara para pengunjung bonbin.

“Kita tak bisa membiarkan ini ...” pengurus bon-bin berjubah hitam *emang Conan* berbisik-bisik dengan temannya, kali ini jubahnya putih *emang Gorgom*

“Ya, kita sudah menyingkirkan mayat anak yang dimangsa hewan di dalam kandang itu. Kini kita harus menutup mulut ibunya.”

“Benar, kita tak boleh membiarkan berita ini tersebar luas ke media massa.”

Si pria berjubah hitam mengeluarkan pistol misterius dari sakunya.

“Pistol penghilang ingatan!” *emang Doraemon*

Pistol itu ditembakkan ke arah ibu. Si ibu itupun hilang ingatan.

“Dimana anakku ... dimana anakku ...” sambil berjalan menggeleng-gelengkan kepalanya.

Para pengurus bonbin Surabaya: “Hahahaha!!!” *cetar cetar cetar*

***

Kekekekeke ... itu cuman ilustrasi kok bukan kejadian sebenarnya.

Lanjut lagi jalan-jalannya. Kepengenan gue masuk ke bonbin ini cuman dua, yakni liat tapir ama macan putih. Nah saat berkeliling mencari satwa-satwa tersebut, gue malah nemu kandang burung. Wah kudu hati-hati pas lewat sini, apalagi kalo bawa anak kecil ...

TRAGEDI BONBIN #2

Seorang guru membawa murid-muridnya yang masih duduk di bangku TK untuk berjalan-jalan di bonbin Surabaya.

“Lihat paaaak. Ada burung!” tunjuk para murid.

KBS (62)

“Iya bener anak-anak! Nama burung ini bangau tong-tong. Coba diulang namanya ...”

“Bangau otong Paaaak!”

“BUKAN OTONG! TONG TONG!!!! Nah sekarang burung yang satu ini namanya burung Ibis. Burung apa tadi namanya anak-anak?”

KBS (86)

“Burung iblis Paaaaak!”

“BURUNG IBIS ... BUKAN IBLIS! Kalo yang ini namanya burung cangak anak-anak. Ayo diulang, burung ..."

KBS (85)

"Cecunguk Paaaak!"

"CANGAK! CANGAK! BUKAN CECUNGUK!!!! Nah sekarang ...” wajah pak guru langsung pucat begitu melihat kandang berikutnya.

  HAAAH BURUNG KUNTUL

“Nama burung selanjutnya apa paaaaak?”

“Ehm” *pak guru nelen ludah* “Burung berikutnya adalah burung ... burung kuntul ... Burung apa anak-anak?”

*dalam hati Pak Guru berdoa “Jangan salah sebut .... jangan salah sebut ....” apalagi para pengunjung mulai ngeliatin*

Burung gunduuuuul!”

Pak guru” “Fiuh” *lega*

***

Makin ngaco aja ya ceritanya. Nah setelah burung kuntul *untung nggak salah ketik* tadi kita sampai ke kandang yang katanya sih buat anak-anak. Gue pikir isinya hewan-hewan yan masih baby gitu eh ternyata isinya hewan-hewan yang *katanya* aman buat anak-anak. Koleksinya aneh, ada ayam *ngapaen juga ayam ditaroh di bonbin, emang udah terancam punah?* kelinci, bunglon, ampek kucing segala. Duh kasian banget yang kucing, lucu-lucu tapi dikandang, sempit lagi kandangnya.

KBS (73)

Gue kasian banget ama anoa ini soalnya nggak dikasi makan ama pengurusnya. Pas gue ama temen gue kasih rumput aja dia mau kok. Payah banget, emang sesusah apa sih cuman ngasih rumput doang? Kebangetan banget nih pengurus bonbinnya.

KBS (104)

Lucunya pas kami ke sini ada acara mandiin gajah.

KBS (109)  KBS (105)

Ini jejak kakinya gajah pas dia udah mandi dan digiring ke kandangnya. Gede-gede ya *ya kale, namanya juga gajah*

KBS (110)

Pasti kalian nanya gimana cara nggiringnya? Apa pake Giring Nidji? Ternyata ada pawangnya nih. Wah salut ama pawangnya, berani banget. Untung nggak keinjek. Bayanginnya udah kayak adegan di Jurassic Park *lebay*

KBS (115)

jurassic-world-super-bowl-13 *mirip yah*

Dan di tempat gajah lewat tadi aku melihat gelang tiket masuk bonbin ini tergeletak di tanah. YA TUHAN APA YANG TERJADI DENGAN PEMILIKNYA YA TUHAN????

KBS (117) - Copy

KISAH MALAM MINGGU BERDARAH

TRAGEDI BONBIN #3

*KRRRRING KRIIIIIING*

"Halo?"

“A ... apa benar di sini adalah wartawan ?”

“Benar ... ini siapa ya?”

“Sa .... saya punya rekaman dari kandang bonbin. Sa ... saya ingin memberikannya pada anda ....”

“Aduuuuh ... jangan video zebra lagi kawin deh. Saya udah punya”

“BUKAN!!! Video ini adalah video skandal ... yang akan menghancurkan citra bonbin. Ada kaitannya dengan gajah!”

“Gajah?” si wartawan mengecek koleksi videonya. “Oya kalo gajah belum punya. Omong-omong lengkapnya itu video apa ya?”

“Sa ... saya tak bisa mengatakannya di telepon. Saya pikir ada yang mengikuti saya, lelaki berjubah hitam. Temui saja saya nanti sore di Tunjungan ya.”

“Hah? Nggak bisa di-fax saja videonya?”

Tiba-tiba teleponnya terputus.

“Halo? Halo?”

Si wartawan mencoba menghubungi lagi nomer itu.

“Nomer yang anda hubungi sedang tidak aktif. Silakan coba lagi ...”

“Lho sejak kapan ya suara operatornya cowok?”

“Prak!”

“SEJAK KAPAN OPERATORNYA BISA NUTUP TELEPON??? Apa jangan-jangan nasib informan itu udah .... ah, tapi nggak mungkin. Masa iya pengurus bonbin ampe segitunya banget niat neror orang ...”

Tiba-tiba telepon si wartawan berdering lagi. Langsung diangkat.

“Halo?”

Tapi yang terdengar hanya suara napas.

“Huuuuuuh ... huuuuuh ...”

“Hiiiy ... serem ...”

Tiba-tiba lampu rumahnya mati sendiri.

“AAAAA ... ADA APA INI???”

Lalu mesin fax-nya tiba-tba nyala *abaikan kenapa mesinnya bisa nyala pas listrik mati*

“I ... ini kan foto-foto aku lagi tidur di kamar? Dan aku kan tinggal sendirian???”

Tiba-tiba lampu kembali nyala.

“Fiuh ... untung cuman mati lampu. Gue kirain ada psikopat haha.” Namun pas sang wartawan melihat dinding ia berteriak.

“AAAAAAAAAAAAAAAA!!!!”

Karena di dinding kini terdapat tulisan besar yang ditulis dengan darah, berbunyi:

“MAKANYA BAYAR LISTRIK TEPAT WAKTU ...”

***

Ekspresi readers: “Apaan sih bang ceritanya makin nggak jelas!!!”

Hehehe ... ampuuun. Berikutnya akhirnya gue nemuin kandang macan ini.

KBS (137) KBS (145)

Ekspresi readers *sambil ngasah golok*: “Awas kalo bikin cerita lagi di kandang macan!”

Hehe ... kaga kok. Lucu ya ada macan albinonya, bisa putih gitu ... seputih cintaku padamu *tabok pake gergaji* Nah, di dekat kandang macan albino ini ada kandang kuda nil. Lucu deh kuda nilnya punya anak. Beruntungnya gue bisa berfoto dekaaaat banget ama kuda nil ini.

  kuda nil dan anaknya

Ekspresi readers: “Ah sedeket apa sih bang?”

Sedeket ini!

KBS (141)

KBS (142)

Tapi kemudian gue ditegur ama penjaga bonbinnya. Katanya gue membahayakan jiwa si kuda nil cilik ini. Lho kok bisa? Yang ada nyawa aku yang terancam paaaak ... nyawa akuuuuu .... *ditabok bapaknya* Ternyata bisa aja si emaknya ini kaget gara-gara gue deketin dan nggak sengaja nginjek anaknya. Wah jadi nyesel gue. Untung nggak kejadian beneran ya? Makanya ya kalo cuman demi foto-foto jangan sampai kita membahayakan diri kita atau binatang di sekitar kita, okay?

Nah di bonbin ini ada semacam danau dan bangunan. Ternyata di bangunan ini ada layanan kapal kecil gitu buat ngelilingin danau tersebut. Gue ama dua temen gue mutusin naek kapal kecil yang bisa dikayuh. Kayak ini nih kapalnya.

KBS (160)

Sialnya nih kami berdua *pedalnya ada dua di belakang* kesulitan belokin kapalnya. Yang ada kita malah nggak bisa ngendaliin kapalnya ampe braaaaak ... nabrak dinding bonbin. Payah deh.

braaaak

Belum lagi gue melihat ada sesuatu berenang di air deket gue. Kayaknya sih ular .... hiiiy .... naek kapal di bonbin aja udah seheboh ini, gimana naeknya di hutan Amazon ya???

KBS (163) - Copy

Pokoknya kita ngabisin waktu lama banget di air gara-gara pada nggak bisa muter kapalnya haha *padahal belokannya ada tiga* ampe kapal di belakang kami aja nyalip kami saking leletnya. Tapi seru juga sih.

Akhirnya perjalanan kami berakhir setelah makan siang di salah satu stand di sini. Makanannya lumayan enak, walau yah mahalan dikiiiiiiit ketimbang makan di luar. Sayangnya di sini impian gue buat liat tapir nggak kesampaian, soalnya entah kenapa gue nyari-nyari kandangnya ampe ngubrek-ngubrek seisi bonbin tetep nggak dapet. Padahal ada kok keterangannya di papan petunjuk “tapir” gitu, tapi kayaknya letak kandang-kandangnya beda ama kenyataannya.

Nah sekian dulu cerita gue tentang jalan-jalan ke bonbin. Kesimpulan? Walaupun sejelek apapun *dan sememprihatinkan apapun* lokasi wisatanya, kalo maennya barengan ama temen-temen pasti bakalan tetep asyik. Setuju?

BYE BYE

3 comments:

  1. Kalo kebun binatang di jakarta pernah ngunjungin belom dave??

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah dong. kan udah pernah gw buat artikelnya

      Delete
  2. ceritanya ngakak semua:v
    bang dave safari malam nyok

    -ch

    ReplyDelete