Saturday, November 14, 2015

CATHEDRAL OF DREAMS: KETEDUHAN IMAN DI KATEDRAL MALANG

 

MALANG 1 (46)

Salah satu tujuan gue jalan-jalan ke Malang adalah mengunjungi katedralnya. Pas gue terakhir ke Malang, gue cuman melihat eksterior katedral ini pas angkot yang gue naikin lewat daerah Ijen. Kesempatan terakhir gue di Malang juga gue pakai untuk beribadah di gereja satunya, yakni Gereja Kayutangan yang bernuansa gotik.

Gue sih awalnya memandang sebelah mata pada katedral ini, soalnya dilihat dari luarpun, kesan artistiknya masih kalah ketimbang Gereja Kayutangan. Gue mikir, kenapa nggak Gereja Kayutangan aja ya yang jadi katedral? Tapi karena gue emang bernafsu untuk mengunjungi semua katedral di tanah Jawa (dan cuman katedral ini yang belom gue masukin) pas gue ada kesempatan ke Malang lagi, langsung aja gue samperin. Tapi ternyata dugaan gue salah. Gereja ini ternyata dalamnya nyaman sekali. Bahkan gereja ini menurut gue adalah salah satu gereja terbaik yang pernah gue kunjungin.

Beruntung banget, kosan temen yang gue inepin di Malang ternyata amat dekat dengan katedral ini. Well, sebenarnya lumayan jauh sih kalo jalan haha, tapi karena gue ke sananya pas Car Free Day yang rame banget, jadi nggak terasa deh jauhnya. Katedral ini nama lengkapnya adalah Katedral Santa Perawan Maria dari Gunung Karmel. Yup, buat yang Katolik pasti langsung nangkep dari namanya kalo romo dari katedral ini pasti dari Ordo Gunung Karmel. Gue sempet teringat, pastor yang kotbah pas gue ikut misa di Gereja Kayutangan beberapa tahun lalu juga dari ordo yang sama.

100_1203 100_1177

*Gereja Kayutangan; sebuah gereja paroki BUKAN katedral*

Beberapa tahun lalu, pas gue tanyain soal hal ini ke temen gue yang ahli agama (mantan calon romo hihihi). Dia jelasin kalo ternyata wilayah misi di Indonesia itu udah dibagi-bagi dan dijatah ke tiap-tiap ordo. Gue rasa Ordo Gunung Karmel dapat jatah di Malang. Sementara gue inget kalo romo-romo di gereja gue di Solo banyakan dari Ordo Jesuit. Hmmmm ... berarti gue beruntung dong dibesarin ama Romo Jesuit, soalnya ordo itu kan itu ordo paling top, reformator gereja haha.

Gereja ini dikenal masyarakat Malang sebagai Katedral Ijen. Well, you know why ... karena letaknya emang di Ijen yang dulu pernah menjadi kawasan elite pada zaman Belanda dulu. Sayangnya banyak rumah-rumah kuno yang ada di Ijen ini sudah berganti dengan rumah mewah yang lebih modern. Namun ada beberapa sih rumah tua unik yang masih berdiri. Kapan-kapan gue fotoin deh kalo gue ke Malang lagi haha.

Karena letaknya di pusat kota, mudah sebenarnya untuk mencapai katedral ini. Tapi gue nggak tau kalo hari Minggu pagi, soalnya ada CFD jadi mungkin angkotnya puter arah. Oya, ada dua hal yang bikin gue bingung tentang katedral ini. Pertama jadwal misa Minggu paginya cuman dua, yakni jam 5.30 ama 7.30. Gue mikir “What the heck ...” soalnya biasanya yang namanya misa Minggu pagi biasanya banyak, bisa 3 atau 4 kali misa. Nggak tau, mungkin karena umat di sini sedikit? Keheranan gue yang kedua, gereja ini sama sekali nggak punya pelataran atau halaman depan. Terus mobil umat pada diparkir dimana ya?

Karena nggak ada misa siang, makanya gue terpaksa bangun pagi dan menghadapi bengisnya air dingin di Malang pas mandi *hiks* Tapi enaknya, pas berangkat gue bisa nikmatin CFD. Temen gue, Rama, baik hati banget nemenin gue jalan sampai ke katedral, padahal lumayan lho kalo jalan.

Ini bagian depan gereja ini. Lucunya pas gue ke sana, ada bule turun dari angkot mau ikutan CFD kikikikik .... pede banget tuh bule.

MALANG 1 (11)

Ini gerbangnya, kuno sekali ya keliatannya. Masih dari kayu gitu.

MALANG 1 (17)

Bagian rose windownya berbentuk bintang segi-delapan, which is unik menurut gue. Soalnya kalo bintang segi enam udah didaulat bangsa Yahudi sebagai simbolnya, lambang bintang segi-delapan sebenarnya erat kaitannya dengan seni geometris Islam. Tulisan IHS di atas *berdasarkan pelajaran agama gue dulu pas di sekolahan Katolik* bisa berarti dua, yakni Iesu Homini Salvator (Yesus Penyelamat Manusia) atau In Hoc Sgno (Dengan Tanda Ini Kita Akan Menang), which is mengacu pada salib of course.

MALANG 1 (10) 

Bagian dalamnya ternyata lapang banget. Ya iyalah, soalnya eksteriornya aja udah semegah itu. Kesan pertama yang gue tangkep adalah kesan “nyaman dan bersahabat” dari katedral ini. Entah kenapa, mungkin karena catnya yang serba putih, gereja ini ngingetin gue ama gereja dimana gue sejak kecil berdoa, yakni Gereja St. Antonius di Solo. Terakhir gue nemu gereja senyaman ini tuh pas gue misa di Katedral Bogor ama Gereja St. Theresia, Jakarta. Coba gereja ini ada di Surabaya, pasti gue misa di sini terus hiks.

MALANG 1 (40)

Hal yang berkesan kedua tuh lektornya. Buset, suaranya enak banget. Lafal bacainnya juga kayaknya bikin hati tentram dan damai gitu haha. Gue jadi inget, dulu pas lulus kuliah pernah nyoba mulai pelayanan jadi lektor. Ternyata susah jadi lektor, walaupun kerjaannya cuman baca kitab suci doang. Apalagi grogi kudu ngadep banyak orang haha. Akhirnya niat jadi lektor kandas di jalan, bukan talenta gue sih. Kayaknya gue mesti stick di nulis aja ya ketimbang ngomong di depan orang banyak.

Ini hasil jepretan gue pas udah kelar misa. Rose windownya keliatan banget produk Eropa; dominan biru dan indah banget *camera friendly lagi, biasanya yang namanya kaca patri susah banget difoto*

MALANG 1 (24)

Keunikan gereja ini adalah masih mempertahankan fitur zaman Belandanya, yakni koor-nya ditaruh di balkon. Unik ya haha ... baru kali ini gue nemuin gereja kayak gini. Biasanya paduan suara ditaruh di depan altar. Tapi ya yang bikin aneh, pas baca Mazmur Pengantar Bacaan, solisnya kaga keliatan, cuman kedengeran suaranya aja. Agak-agak gimana gitu ....

MALANG 1 (35) MALANG 1 (36)

Ini altarnya. Gue bener-bener nggak bisa nebak gaya arsitektur gereja ini. Kalo gotik jelas bukan, walau punya lengkung lancip yang jadi ciri khas gereja gotik. Tapi kalo dibilang art-deco juga bukan. Modern apalagi. Barok jauh juga. Gaya internasional kali ya?

MALANG 1 (31)

Yang unik juga dari katedral ini adalah panel jalan salibnya masih menggunakan ejaan lama. “Y” jadi “J”, “J” jadi “DJ” dan seterusnya.

MALANG 1 (34)

Itu aja sih yang bisa gue ceritain tentang katedral Malang ini. Gue bener-bener nggak bisa ngelukisin dengan kata-kata betapa nyaman dan senangnya gue di gereja ini. Beneran deh, jadi pengen pindah ke Malang aja biar tiap Minggu bisa ke gereja ini haha. Dan dengan menginjakkan kaki ke gereja ini, berarti gue udah mengunjungi semua katedral di tanah Jawa *FYI cuman ada 6 katedral di Jawa, yaitu Jakarta, Bandung, Bogor, Semarang, Surabaya, ama Malang* Dengan ini juga tinggal target satu gereja bersejarah lagi yang sampai sekarang belum berhasil gue kunjungin, yakni Gereja St. Yusuf di Cirebon yang jadi gereja pertama di Jawa Barat. Hmmm .... semoga dalam waktu dekat ini cepat kesampaian :D

3 comments:

  1. Good, gereja Ijen emang adem banget soalnya full ac. Coba deh kapan2 kesitu pas sabtu malam, suasananya agak sepi jadi kesan mewahnya terasa banget, apalagi ac nya. Byuuuhh dingin mantap! :) #salamdarimalang

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga masalah ac sih menurut gue, tapi tinggi langit2nya tuh kayaknya bikin suasana lapang dan nyaman aja

      Delete
  2. Kalo lagi natal ato paskah, dekorasi altarnya bener bener bagus banget. Kapan kapan ke gereja st. Yohanes maria vianney. Itu gereja bener bener gede dan bagus banget ��✳����������������

    ReplyDelete