Wednesday, September 23, 2015

NOSTALGILA 90-AN: 10 SERIAL TOKUSATSU DAN ANIME TAHUN 90-AN YANG MUNGKIN SUDAH KALIAN LUPAKAN

 
hqdefault

Hallo yang lahirnya tahun 90-an (atau malah lebih tuaan?) yuk kita bernostalgia lagi. Gue pernah membahas 10 tayangan anak-anak zaman 90-an yang emang ngetop banget pada zamannya kayak Satria Baja Hitam, Jiban, Sailor Moon, dan lain-lain. Nah, kali ini gue akan membahas serial anak-anak yang pasti kalian juga tonton pas kalian kecil ... tapi banyakan udah lupa mungkin ya? Soalnya gue juga baru teringat ama serial-serial ini setelah membaca beberapa blog yang mengupas nostalgia 90-an juga. Berikut ini 10 tokusatsu dan anime yang mungkin jadi favorit kalian pas kecil. ayo Sambil dihitung, berapa yang masih kalian ingat haha.

1. Jiraiya

jiraya

Anak sekarang mungkin cuman tau Jiraiya-nya Naruto. Ih kasian deh mereka nggak kenal ama pahlawan keren ini. Jiraiya dulu dikenal dengan soundtracknya yang mungkin masih lekat di telinga kalian yang berlirik “pedang cahaya kemilau” apa gitu lah. Gue juga ingat ama tokusatsu ini gara-gara gue nggak sengaja stumbled upon soundtracknya di Youtube. Kalo nggak salah, baik semua penjahat maupun pahlawan di serial ini memiliki gelar “ninja”. Kadang-kadang ampe nggak masuk akal aja, masa ada ninja dari Amerika senjatanya lasso kayak koboi. Aduh capeeeek deh ... pengen nampol yang bikin jadinya haha.

Musuhnya adalah pasukan ninja burung ini, masih ingat?

200px-Torininkarastengu

Tapi yang paling berkesan buat gue adalah adegan lagu pembukanya dimana si Jiraiya ini lompat dari helikopter ke mobil yang tengah kejar-kejaran, terus ada pula adegan mobilnya meledak dalam kobaran api gitu. Heboh deh ... dah kayak pilem action aja.

2. Bycrosser

BYCROSSER

Gue juga sudah lupa sama sekali ama cerita tokusatsu yang satu ini. Yang gue ingat, ceritanya tentang dua kakak beradik (yang kakak jadi superhero merah, adeknya jadi yang biru) terus senjata pamungkas mereka adalah motor adeknya yang bisa jadi meriam kalo dipanggul. Terus mereka juga bisa berubah jadi superhero kalo masuk ke dalam lemari??? Duh ... tokusatsu paling nggak masuk akal deh kalo dipikir-pikir. Tapi kita pas kecil liat acara ini cuman mikir, “Waaaaaah .... keren! Keren!”

3. Winspector

winspector07 walter

Kalo ingat Jiban pasti ingat Winspector juga. Winspector menceritakan tiga robot polisi, yakni Fire (yang merah, yang jadi orang nih), Walter (yang biru, bisa terbang), ama Bycle (yang kuning). Favorit gue yang kuning tuh, soalnya keren dia bisa meluncur di jalan pake dadanya haha. Terus zaman dulu gue pikir namanya tuh Baikul soalnya pengucapannya gitu sih. Eh ternyata Bycle aslinya haha. Yang gue ingat lagi yang jadi Fire kalo udah selesai bertempur bakalan membuka helmnya terus keringetan deh .... hahaha panas ya bang di dalem?

winspector04

4. Kabutaku

KABUTAKU

Gue sumpah beneran lupa ama ceritanya, tapi pas liat gambarnya kok kayaknya pernah liat dan membangkitkan kenangan masa kecil. Setelah browsing, ternyata judulnya B-Robo Kabutaku dan kayaknya robot-robot unyu ini dah tertanam dalam benak bawah sadar gue. Ceritanya kalo nggak salah ada robot baek ama robot jahat. Kabutaku tuh robot kumbang merah yang jadi jagoannya, tapi gue malah jagoin robot jahatnya si hiu ama si kobra hahaha soalnya gue suka banget ama bentuk mereka. Jadinya kalo berantem gue malah jagoin yang jahat *lho* Oya walaupun bentuk mereka unyu-unyu, tapi mereka bisa berubah jadi mode tempur yang sangar lho.

KABUTAKU MODE TEMPUR

5. Guyferd

guyferd8lmj1

Mungkin sedikit dari kalian yang masih ingat ama tokusatsu ini. Berbeda dengan franchise Kamen Rider yang ceritanya berkutat di seputar di dunia anak-anak, seingat gue Guyferd ini ceritanya lebih dewasa dan lebih kelam. Tokoh utamanya bernama Kazama Go yang melawan organisasi bernama Crown yang dipimpin Mr. Bicross.

M_Bicross

Yang nggak bisa gue lupain musuh ceweknya yang bernama Sion. Pas season 1, Sion ini masih pakek jas lab gitu, tapi pas ending season 1 dia jatuh ke jurang kalo nggak salah. Terus di season 2 (mungkin karena ceritanya keren dan sukses akhirnya dibikin sekuelnya), Sion ini berubah jadi cyborg yang sekses abeeees haha.

SHION\
Yang gue ingat lagi dari Guyferd adalah adegan pertempurannya yang keren (monster-monsternya juga keren kostumnya). Pokoknya tiap kali mereka berantem, kayak keluar cahaya-cahaya gitu tiap kali Guyferd menghajar musuh-musuhnya. Dan soundtracknya ... buset deh, salah satu soundtrack paling keren yang pernah gue denger!!!
 
6. Servo

superhuman_samurai_syber_squad 

Masih inget nggak sih guys ama tokusatsu buatan Amrik ini (kalo bikinan Amrik masih disebut tokusatsu kaga sih?). Gue sih inget ama jagoannya yang namanya Servo, tapi setelah googling, ternyata judul aslinya Superhuman Samurai Syber Squad (pantesan gue kaga ingat). Ada banyak emang tokusatsu asal Amrik, namun hampir semuanya adalah jiplakan dari versi Jepang (alias adegan pertempurannya mengambil adegan dari versi Jepangnya), antara lain Power Rangers, VR Troopers, dan Big Bad Beetleborgs. Namun yang bikin gue kaget, serial ini ternyata cukup orisinil.

fimgNEW_superhumanSamuraiVol2DVD

Gue sendiri nggak begitu ingat cerita maupun tokohnya. Yang gue inget banget, jagoannya miirp banget ama Ultraman, namanya Servo. Nah, Servo ini beraksinya di dalam sirkuit listrik yang mirip kota (ada gedung-gedungnya) melawan monster-monster raksasa. Musuhnya gue inget banget adalah seorang ahli komputer yang dingin dan bergaya gotik (namanya Malcolm kalo nggak salah). Dia punya “bos” yang mengutus monster-monster itu ke dunia komputer. Namun karena “bos”-nya ini beraksinya cuman di dalam komputer, nggak di dunia nyata, maka kalo si Malcolm ini kesal ama si “bos”-nya, dia tinggal matiin aja layar komputernya atau mutusin kabelnya. Masih ada yang inget nggak sih ama serial ini?

7. Kabuto

Kabuto tim

Mungkin nggak banyak dari kalian yang mengenal kartun ini, tapi gue ngikutin banget serial yang dulu tayang di TVRI ini. Kalo kalian bayangin TVRI *apalagi versi jadul* mungkin yang ada di benak kalian adalah tayangan-tayangan lempeng kayak penyuluhan pertanian di tengah sawah (kelompencapir) dan acara cerdas cermat kayak gini nih.
*pertanyaan*
*siswa nekan bel terus menjawab benar*
Juri: “SERATUS”
*Murid-murid yang jadi penonton tepuk tangan*
*pertanyaan*
*siswa nekan bel terus menjawab benar*
Juri: “SERATUS”
*Murid-murid yang jadi penonton tepuk tangan*
*pertanyaan*
*siswa nekan bel terus menjawab benar*
Juri: “SERATUS”
*Murid-murid yang jadi penonton tepuk tangan*










Gitu terus ampe setengah jam acaranya selesai. Tapi kalo cerdas cermatnya masih ada zaman sekarang, acaranya bakal begini:
*pertanyaan*
*siswa nekan bel terus menjawab benar*
Juri: “SERATUS”
*Murid-murid yang jadi penonton langsung joged alay gaya “ngucek jemur* sambil tereak “EAAAA EAAAAAAA”*


Untung cerdas cermat tinggal sejarah *sujud syukur* Nah balik lagi ke Kabuto. Kabuto ini ceritanya cukup keren, jagoannya bernama Kabuto dan memiliki empat pelindung. Di utara ada anak kecil yang kendaraannya swastika raksasa dan senjatanya gasing, di barat senjatanya meriam, di timur ada sosok merah berhidung panjang (menggambarkan tengu kalo nggak salah), dan di selatan tokohnya cewek. Musuh mereka gue inget punya muka banyak dan senjatanya topeng. Kalo topengnya dibelah pake pedang, topeng itu justru makin tambah banyak. Terus markas musuhnya kayak istana Jepang kuno gitu. Dah itu aja yang gue inget.

Namun yang bikin gue heran *pas kecil juga* ada porsi adegan *ehem ehem* di anime tersebut. Musuh ceweknya sexy banget *pake beha doang kalo nggak salah, cawatnya juga nggak nguatin* terus ada adegan dimana si tokoh ceweknya (si penjaga selatan) jatuh ke sungai terus ditolong Kabuto tapi dalam keadaan bugil gitu. Awwww .... ini mah anime e***i ....

Ekspresi readers yang langsung browsing “e***i” di google: “Aaaaargh!!! Mataku! Mataku!!!”

Gue jadi inget pas bahas anime horor di grup Line terus ada yang nyaranin Boku no Pico. Pas gue browsing gara-gara penasaran di google akibatnya: “AAAAAAARGH!!! MATAKU! MATAKU!!!!”
 
Dan kejadian laen *hiks* pas ada yang share di grup Line meme “Apapun yang terjadi, jangan browsing nama Azis di Google Image” dan gara-gara penasaran bener-bener gue lakuin, yang terjadi adalah:

MATAKU

Balik lagi ke Kabuto ya ... gue jadi heran, kenapa juga anime kayak gini bisa lulus sensor *di TVRI lagi guys. Kalo zaman gini mah udah dicekal KPK pastinya *KPI kale bang* Enak banget kan masa kecil gue *LHO KOQ MALAH???*

8. Born To Cook

hqdefault (2)

Ada yang masih ingat kartun ini? Tema ceritanya nggak banget kalo zaman sekarang, yakni tentang masak-memasak. Kisahnya tentang seorang koki muda yang berusaha melawan sebuah korporasi jahat yang berusaha membuat restoran-restoran kecil gulung tikar. Nah, si tokoh utamanya berusaha melawan mereka melalui kompetisi memasak. Yang paling gue ingat *dan gue yakin kalian juga ingat* adalah kelebay-an para juri ketika merasakan masakan yang katanya super-enak itu. Tiap kali mencicipi, langsung keluar sinar dari mulut mereka sambil jurinya tereak “ENAAAAAK! ENAAAAAAAAK!!!” terus kelezatan masakan tersebut diilustrasikan secara super-lebay sampai-sampai jurinya bisa terbang, naek naga, dan sebagainya. Haha jadi pengen liat lagi nih anime.

9. Time Quest

TIME QUEST

“Bib bip bip ... teko ajaib!!!” masih inget tagline itu? Haha gue aja inget2 lupa ama cerita “Time Quest” ini. Yang jelas ceritanya tentang mesin waktu berwujud teko ajaib. Gue udah lupa siapa nama tokoh utamanya, tapi yang gue ingat banget ada tokoh konyol bernama Pangeran Dandan dan Putri Syalala hahaha. Aduh serial apaan nih ... bisa liat lagi nggak ya?

takure1

10. Macross

Region1_Macross_box_

Hayooo siapa yang masih ingat ama anime ini? Gue sih masih inget banget ama lagu openingnya, “Makuros ... makuros ... maaaaa .. kurooos ...” *itu doang sih yang ingat* Dulu gue sih aslinya nggak gitu betah ama gambarannya yang menurut gue terlalu “serius” dan kontras dengan anime lainnya yang umumnya *kiyut-kiyut* tapi ternyata anime ini bikinan tahun 1982 *buset tuaan ketimbang gue!!!* Nggak heran style-nya jadoel banget.

Macross merupakan anime bergenre “mecha” (dari kata “mechanic”) yang menampilkan robot-robot raksasa *semacam Gundam lah*. Seingat gue, ceritanya tentang sebuah pesawat luar angkasa raksasa yang terjatuh di bumi dan kemudian digunakan oleh manusia. Namun tanpa sengaja, kedatangan pesawat aliennya akhirnya mengaktifkan pesawat ini sehingga timbul perang antara ras alien dengan manusia. Pesawat ini juga menteleportasikan seisi kota di sekitarnya sehingga seluruh kota berpindah ke dalam pesawat ini *jadi keren, di dalam pesawat ada rumah-rumah , pohon, bukit, ampe sungai gitu* Tapi celakanya, kota ini bakalan remuk dan tanahnya retak-retak kalo pesawat ini berubah menjadi mode tempur. Sedihnya, pesawat Macross ini dilarang kembali ke bumi karena takut bakalan dikejar para alien hiks.

macross-global-cruiser
macross-attack

Musuh di serial ini adalah ras alien yang mirip banget ama manusia, cuman ukuran mereka raksasa. Gue inget para alien ini punya sebutan khusus buat manusia, tapi gue lupa mereka nyebutnya apa gitu. Ada yang ingat? Mikron atau apa gitu.

Nah tokoh utamanya adalah seorang pilot muda bernama Hikaru yang gue ingat banget pesawatnya bisa berubah jadi robot *model-modelnya mirip ama Strascream versi asli* Gue inget banget soalnya gue pernah punya maenan robot-robotannya pas gue kecil hehe.


VF1S-Strike_Fighter-GERWALK-Battroid

Hikaru ini deket ama cewek yang menjadi pelayan restoran Cina bernama Lynn Minmay dan memiliki saingan pilot cewek bernama Misa Hayase. Namun perasaan Hikaru dan Misa berubah jadi cinta ketika mereka berdua diculik oleh para alien. Para alien ini penasaran banget ingin menyelidiki tentang manusia dan memaksa Hikaru dan Misa berciuman. Duh inget banget adegan itu. Gue ampe nutup mata *sambil ngintip tentunya* soalnya pas liat anime ini gue masih kecil banget *sudah sekolah belom ya, lupa gue* dan itu adalah adegan paling “hot” yang pernah gue liat hahaha.

Hikaru, Lynn, dan Misa pun terlibat cinta segitiga karena kedua gadis itu sama-sama menyukai Hikaru. Lynn sendiri menjadi penyanyi terkenal bahkan keindahan suara Lynn membuat manusia akhirnya bisa berdamai dengan alien raksasa ini, sebab banyak pula para alien yang nge-fans ama Lynn. Gue ingat debut pertama Lynn adalah lagu berjudul “Pacarku Seorang Pilot” yang diputer saat Hikaru berjuang melawan pesawat-pesawat tempur milik musuh. Denger-denger nih, saking suksesnya Macross ini, pengisi suara Lynn melejit meraih puncak popularitas dan menjadi penyanyi J-Pop beneran.

BONUS

Kickers

Gambare!.Kickers.full.19956

Jauh sebelum Tsubasa tayang di Indonesia, anime bergenre sepak bola ini sudah jauh mendahului. Kickers menceritakan sebuah klub sepakbola SD yang dikenal pecundang *ama tim cewek aja mereka kalah*. Namun setelah kedatangan seorang murid baru yang penuh semangat dan optimistis, Kakeru Daichi, tim pecundang itu perlahan-lahan mulai memperoleh kepercayaan diri dan merangkak ke atas hingga menuai prestasi. Gue inget banget ama kapten tim ini, yakni penjaga gawang bernama Masaru Hongo yang punya banyak fans cewek. Dulu gue pas kecil pengen banget kayak Masaru ini *digilai wanita maksudnya, gubrak!!!* sayang gue nggak bisa maen sepak bola *lari aja gue nggak bisa*

Gue juga ingat, Kakeru naksir ama adik perempuan dari musuh terberat mereka, yakni seorang kiper yang rambutnya gondrong *lupa namanya* sementara Masaru naksir ama adiknya Kakeru. Kisah cintanya emang platonik banget dan “cheesy” abis, tapi pada zaman jadul segitu, itulah adegan cinta-cintaan “paling jauh” dan udah bisa bikin muka gue jadi merah liatnya. Kayaknya lucu aja zaman-zaman naksir cewek gitu hahaha. Kalo anak zaman sekarang mah …. udah paraaah tontonannya hiks.
Oya, ending anime ini juga sedih banget, soalnya walaupun dengan perjuangan keras, namun akhirnya tim mereka kalah di pertandingan pamungkas melawan musuh besar mereka. Dari sini malah gue belajar, bukanlah kemenangan yang paling utama, namun proses itu lebih penting. Tim ini yang semula dianggap pecundang justru bisa maju menjadi semifinalis dan gue rasa itu sudah bisa dianggap sebagai kesuksesan gemilang.

Anime ini bisa dibilang bisa mewakili semua kenangan gue waktu kecil dan bener-bener berarti banget bagi gue. Walaupun gue nggak pernah suka (dan bisa) olahraga, tapi gue suka banget ama Kickers dan acara ini benar-benar menginspirasi gue. Gue juga nggak akan pernah lupa ama soundtrack opening kartun ini dan entah mengapa, sekarang tiap kali denger lagunya, gue jadi kepengen nangis hiks.


 
Nah itu dia guys, 10 anime dan tokusatsu yang nggak begitu dikenal di masa lalu kita *kecuali Winspector kali ya, udah cukup ngetop tuh kayaknya haha* Buat yang generasi sekarang, nikmati aja masa kanak-kanak dan remaja kalian saat ini soalnya kalian suatu saat nanti bakal mengenangnya dan pengen balik ke masa lalu *dijamin deh* Makanya isilah masa sekarang dengan sesuatu yang bermanfaat biar kalian bisa mengecap kenangan indah nantinya dan nggak menyesal di kemudian hari karena menyia-nyiakan masa muda kalian. Setuju???

6 comments:

  1. Superhuman Samurai Cyber Squad jg celpakan dr jepang bang. Judul asli'a Gridman. Dlu jg sempet tayang cuma kali SSCS di indosiar kalo Gridman di TPI (sekarang MNC)

    TJ

    ReplyDelete
    Replies
    1. YAELAH JIPLAKAN JUGA? KIRAIN ASLI BIKINAN MEREKA???

      Delete
  2. Karena gue orangnya kalem...seinget gue, cuma nonton kabutaku doang. Itu kan lirik openingnya cepet banget kan dave, gue sampe pinjem walkman tetangga buat ngrekam tu lagu opening trus gue puter ulang2 buat nulis lirik nya buat gue hafalin. Haha...mantappp.
    ~kabutakuuu robot yang paling hebat..tak terkalahkan...dan paling benar...apakah yang tersimpan di balik jendela..~~ kok lupa ya sekarang. Haha

    ReplyDelete
  3. Emang kok bang, jaman dlu mah kayanya kpi ga kepake(?) sampe taun 2007-08 aja adgan ciumannya kagome sm inuyasha msh di tayangin sm global tipi, apalagi adgan grepe2nya miroku -_- #plakk
    Skrg mah, adgan spongebob kejedot pintu aja di sensor :'v

    ReplyDelete
  4. Macross ada sekuel sama game nintendo tahun 1985 lho bang. :v

    ReplyDelete
  5. Guyfred gue cari2 iniiih akhirnya ada yg ngingetin juga wkwkwk tengkyuu for writing

    ReplyDelete