Friday, April 3, 2015

GO GO POWER RANGER: REVIEW UNOFFICIAL REBOOT VERSI GORE & ADULT 17++

 

Screen_Shot_2015-02-25_at_2.13.20_PM.0.0  

Masih ingat Power Rangers guys? Kalo masa kecil kalian bahagia (nggak kayak anak2 zaman sekarang), pastilah kalian masih ingat akan aksi Power Ranger. Alkisah Zordon mengangkat lima orang anak muda dari berbagai ras menjadi pasukan pemberani Power Ranger. Mereka adalah Jason (Ranger Merah), Zack (Ranger Hitam), Billy (Ranger Biru), Trini (Ranger Kuning), dan Kimberley (Ranger Pink). Tugas mereka adalah melawan Rita Repulsa yang jahat dan ingin menguasai dunia. Dalam petualangan mereka, mereka bertemu dengan ranger keenam, Tommy (Ranger Putih). Bersama mereka bahu membahu melawan monster jahat menggunakan zord dinosaurus mereka yang mampu bergabung menjadi robot raksasa.

Itu adalah versi unyu2 zaman kanak2 kita. Dengan gosip akan adanya film layar lebar Power Rangers terbaru, ternyata para fansnya sudah membuat versi reboot independennya, kali ini penuh dengan unsur dewasa. Film pendek yang diproduseri Adi Shankar dan disutradarai Joseph Kahn ini benar2 bertema NSFW dan sama sekali tak berniat menjaring fans2 cilik.

Diceritakan para anggota Power Rangers kini telah dewasa dan “pensiun” setelah perang besar* yang merenggut nyawa Trini, ranger kuning (BTW yang maen jadi Trini cakep banget, I bet she’s Korean). Rocky (ranger merah pengganti Jason) menyekap Kim untuk memberitahukan dimana keberadaan Tommy, yang dituduh membunuh para ranger satu demi satu.

power-rangers

* di adegan perang terlihat dua buah robot saling bertempur. Apakah perang yang dimaksud adalah perang saudara atau “civil war” antara para rangers (yang ada puluhan versi) sendiri?

Jason yang pertama menjadi korban karena pengkhianatan Bull dan Skull, yang kemudian segera mati secara misterius. Dilanjutkan dengan aksi Zack, satu-satunya Power Ranger yang masih aktif menjadi prajurit bayaran, secara sadis membasmi mafia di Korea Utara. Namun Zack juga dibantai, disusul dengan kematian Billy yang kini menjadi miliuner. Entah kebetulan atau tidak, Tommy selalu ada di TKP tiap pembunuhan. Rocky akhirnya berhadapan langsung dengan Tommy yang berusaha membebaskan Kim. Namun siapa sebenarnya pelaku semua pembunuhan ini? Twist ending-nya benar2 nggak akan kalian duga.

Kekerasan dan unsur2 17++ lainnya dalam film ini benar2 membuat gue shock. Adegan kematian Jason yang benar2 full frontal (entah mengapa ngingetin gue ama “Kill Bill”), penuh darah seperti warna yang selalu ia kenakan; merah. Aksi kekerasan penuh “gore” yang dilakukan Zack di Korea Utara, belum lagi adegan l*sb*n diwarnai penggunaan kokain tampaknya memang membuktikan visi lain dari sang sutradara. Power Rangers versinya bukan lagi sebuah film anak-anak. Jika para fans2 Power Rangers kini sudah dewasa, mengapa franchise itu tidak beranjak dewasa juga?

shankar-2

Menurut gue pribadi, reboot Power Rangers ini benar2 keren. Walaupun adegan2nya gue bilang agak keterlaluan (gue berasa liat “Hostel”) dan mengaduk2 perut, namun mungkin inilah wujud Power Rangers sesungguhnya. Kalo dipikir-pikir, sejak dulu mereka adalah prajurit yang membawa senjata mematikan dan bertugas membunuh monster, bukan? Film ini hanya menampakkan realita tugas para rangers tersebut secara gamblang. Kostum Ranger Hitam yang old-school juga membuat gue terkesan. Mereka sama sekali nggak berusah me-remake kostumnya lebih keren seperti pada film superhero lainnya. Mereka seakan ingin menunjukkan, ini masihlah Ranger yang sama yang kita lihat sewaktu kecil; hanya saja mereka bertambah dewasa.

Sinematografi yang menggambarkan masa depan kelam yang kini didiami para rangers juga seperti menggambarkan realita remaja Amerika masa kini. Pada saat masih sekolah, mereka bisa saja memiliki prestasi yang gemilang dan cemerlang. Namun begitu tiba di dunia nyata, mereka dengan mudah dapat terjerumus dalam dunia narkoba, seks, kekerasan. Seperti nasib yang diterima banyak artis muda dan bintang cilik Amerika.

Tega-kah para fans Power Ranger melihat perubahan drastis para pahlawan semasa kecil mereka ini? Tentu ada pro dan kontra. Sejauh ini, komentar yang gue baca di youtube menunjukkan sebagian besar fans mereka (termasuk gue) menganggap reboot ini keren. Namun ada pula segelintir yang merasa reboot ini menodai image pahlawan idola mereka. Well, apapun pendapat mereka, gue rasa kita harus menghargai visi dan misi dari sang sutradara kreatif ini. Oya, sebagai bonus, ada aktor James van der Beek (pemeran Dawson’s Creek dan yang terbaru, CSI Cyber; teman seangkatannya Katie Holmes) yang ikut bermain di film pendek ini.

Singkat kata, silakan saja beri pendapat kalian sendiri setelah menonton reboot ini di youtube. Tapi persiapkan diri kalian dengan adegan2 kekerasan dan NSFW, termasuk makian kasar serta adegan ranjang “panas” yang akan memenuhi beberapa scene film ini. Dan tentu saja, pastikan kalian sudah mencukupi umur untuk menonton reboot ini. Mungkin film ini akan jauh berkesan jika kalian sendiri pernah melihat versi asli Power Rangers semasa kanak-kanak, bahkan pernah mengidolakan mereka. Well, definitely setelah melihat reboot ini, gue makin mengidolakan mereka LOL. Dan oya, lagu soundtrack di ending film ini superkeren, kalian pasti setuju!

Bagi yang tertarik, silakan saksikan reboot ini di:

https://www.youtube.com/watch?v=vw5vcUPyL90

5 comments:

  1. Superhero ternyata jg manusia..punya rasa,punya hati n punya nafsu

    ReplyDelete
  2. aduh... aku kan fans banget ama Tommy si ranger putih. xixiii
    dan ya.. ranger yg dino itu paling fav aku sampe sekarang

    ReplyDelete
  3. https://www.youtube.com/watch?v=Ynhahhab9iY

    Coba Tonton Yang Ini Dah Dave, Kayaknya Ini Lebih Berkesan Daripada Itu Movie Remake :v

    ReplyDelete
  4. Kak dave aku repost ini di akun aku ya mas. Tp tetep aku tempelin source koo makasih:* sukses teruss

    ReplyDelete
  5. Dafuq.... Nyesel ane liatnye :v

    ReplyDelete