Wednesday, March 4, 2015

10 ALUN-ALUN KOTA PALING KEREN BUAT HANG-OUT (DI EROPA)

 

FC0201 

Kalo kita mendengar kata “Square” atau “Plaza” maka yang terbayang di benak kita adalah mall, kayak Bekasi Square dan Plaza Bekasi. Tapi sebenarnya itu adalah salah kaprah. “Plaza” atau “square” arti sebenarnya ya adalah “alun-alun”, terutama di Eropa. Memang di Eropa sana, keberadaan alun2 kota sebagai pusat kota merupakan lokasi destinasi wisata utama, tak jarang dikelilingi bangunan2 bersejarah yang menjadi landmark kota tersebut. Tak heran, alun2 kota sering dikelilingi kafe2 dan pada saat Natal, sering berubah menjadi pasar.

Namun sayang, banyak bangunan di Indonesia cuman menggunakan embel2 “square” atau “plaza” tanpa sama sekali mengindahkan maknanya. Gue cuman melihat lahan gersang sebagai tempat parkir di sana, tanpa sedikitpun lahan terbuka atau lahan hijau tempat warga bisa bersosialisasi. Jadi pengen mutilasi tuh para developer cuma gaya2an tapi kagak ngerti bahasa Inggris.

Alun2 yang terdapat di berbagai kota (terutama di Jawa) pun biasanya malah terbengkalai dan kalah pamor dengan mall2 yang makin menjamur (malah sering jadi tempat mesum). Kapan ya warga kota besar seperti Jakarta punya alun2 keren seperti kota2 di Eropa di bawah ini untuk bersosialiasi tanpa harus ke Seven Eleven? Berikut ini 10 alun2 kota paling keren dan paling nyaman di Eropa!

1. Red Square (Moskow, Rusia)

Red-Square-Moscow-Russia-600x1024

Nama Red Square memang identik dengan komunisme yang pernah bercokol di negeri tersebut. Namun tak hanya jejak komunisme yang bisa kita lihat di alun2 kebanggaan Rusia ini. Red Square menyimpan banyak bangunan2 bersejarah bercita rasa seni tinggi seperti Katedral St. Basil dan Kremlin. Namun alun2 ini lebih mempesona ketika musim dingin tiba dan putihnya salju memenuhi lapangan ini.

pokrovkathedraal

2. Trafalgar Square (London, UK)

Trafalgar-Square-Panorama

Alun2 kebanggaan warga London ini dirancang oleh John Nash dan memiliki banyak landmark menarik, seperti patung2 singanya, air mancur, dan tak lupa bangunan2 bersejarah yang mengelilinginya. Namun landmark utama yang terdapat di taman ini adalah kolom yang merupakan monumen untuk mengenang kisah kepahlawanan Horatio Nelson (bukan yang suka pake kaca mata hitam itu lho), seorang admiral Inggris yang berhasil mengalahkan tentara Napoleon pada Perang Trafalgar tahun 1805.

Trafalgar-Square-007

3. Marienplatz (Munich, Jerman)

181109_Munich_Marienplatz_Rathaus_overview_sunset_362-2

Alun2 yang berarti “St. Mary’s Square” ini merupakan alun2 utama di kota Munich yang sudah ada sejak abad ke-12. Alun2 ini mudah ditemukan dengan keberadaan menara Balai Kota Baru (Neues Rathaus) bergaya neo-gotik yang terlihat dari berbagai penjuru kota. Marienplatz juga terkenal dengan pasar Natal-nya, salah satu yang terbesar dan terindah di Eropa.

4. Piazza Navona (Roma, Italia)

Piazza_Navona,_Roma_-_fontana_fc07

Kota Roma memang memiliki banyak alun2 (piazza, nggak ada hubungannya ama pizza), namun Piazza Navona inilah yang terindah dan ornamental. Sudah ada sejak abad pertama masehi, alun2 peninggalan Romawi kuno ini terkenal karena bangunan 2 bergaya Baroque-nya seperti Gereja Saint Agnes dan Fountain of Four Rivers, air mancur terkenalnya.

5. Plaza de Espana (Sevilla, Spanyol)

Plaza-de-España-Sevilla

Dibangun dengan gaya Renaissance Revival ala Spanyol, alun2 ini sebenarnya merupakan campuran gaya Eropa dengan Neo-Mudejar, arsitektur Islam yang diwariskan bangsa Moor, penguasa Muslim yang pernah menguasai Spanyol. Dibangun pada 1929, alun2 ini meliputi kompleks balai kota, taman, hingga jembatan di atas kanal buatan. Keindahan kompleks alun2 ini juga pernah muncul dalam reboot film Star Wars.

SEV_Espana_5_PH_R

6. Town Hall’s Square (Riga, Latvia)

rigab-5

Pribadi, kota ini adalah kota favoritku di penjuru Eropa (kayak pernah ke sana aja). Alun2 ini memang tak perlu diragukan lagi keindahannya, dengan bangunan2 bergaya Eropa, seperti museum, gereja, dan balai kota mengelilinginya. Namun sayangnya, alun2 ini sebenarnya hasil rekonstruksi yang dibikin serupa dengan yang aslinya. Alun2 asli telah hancur akibat Perang Dunia II.

riga

7. Old Town Square (Praha, Ceko)

c-prague-old-town-square-1 

Alun2 kota tua di Praha ini memang bak oasis bagi para turis yang haus akan keindahan arsitektur Eropa. Lapangan ini dikelilingi bangunan religius seperti Gereja St. Nicholas yang bergaya Baroque dan Gereja Our Lady of Tyn yang bergaya gotik. Tak hanya itu, masih banyak lagi gedung2 bersejarah yang mengelilingi lapangan ini, termasuk Astronomical Clock, salah satu jam tertua di dunia yang berasal dari abad pertengahan.

8. Djeema el Fna (Marrakech, Maroko)

marrakech-morocco

Hmmm ... alun2 yang ini agak nyasar ya, soalnya letaknya di Afrika Utara. Tapi tak apalah. Alun2 ini membuktikan bahwa lapangan besar tempat berkumpul masyarakat ternyata merupakan konsep yang diterima dalam Islam. Salah satu objek wisata paling terkenal di Maroko ini tersohor karena keeksotisannya. Berada di bawah bayang2 menara masjid kuno di Marrakech, alun2 ini ketika malam akan berubah menjadi pasar berlimpah cahaya.

9. St. Peter’s Square (Vatikan)

St-Peter-s-Basilica_View-of-St-Peter-s-Basilica_3241 (1)

Dibangun oleh seniman ternama Michaelangelo (bukan kura2 ninja lho), alun2 yang berada di depan Basilika St. Peter (gereja terbesar di dunia) ini memang harus dibangun dengan ukuran raksasa. Pada saat Paskah, Natal, serta pelantikan Paus, alun2 ini akan dipadati oleh jutaan umat Katolik. Alun2 ini juga secara khusus dibangun menyerupai lubang kunci, bahkan ada yang menganggapnya seperti lengan yang merangkul para peziarah yang datang.

st.-peters-square

10. Grote Markt (Brussel, Belgia)

brussels_downtown-2

List ini gue tutup dengan alun2 yang menurut gue terindah di dunia, yakni di Grote Markt (diterjemahkan menjadi “Grand Place”) yang terkenal dengan karpet bunganya. Dua kali tiap bulan Agustus, di alun2 ini akan dihamparkan karpet bunga berwarna-warni yang akan menarik ribuan turis. Namun pada saat biasa-pun, alun2 ini tetaplah mengesankan dengan keberadaan Balai Kota Brussel, sebuah gedung bergaya gotik yang indah.

brussels-central-square-grand-place-with-flower-carpet-photo_1395936-770tall 

_La Grand-Place_

BONUS:

Piazza San Marco (Venesia, Italia)

5435120_xxl

Piazza San Marco (St. Mark’s Square) adalah plaza (lapangan terbuka) di depan gereja Basilika St. Mark, menghadap kanal2 indah kota Venesia. Seperti alun2 kota di Eropa pada umumnya, pengunjung akan disambut oleh ratusan merpati jinak yang hidup bebas di lapangan tersebut. Namun sayangnya, keindahan alun2 dengan banyak bangunan artistik bersejarah ini terancam dengan datangnya “acqua alta” yakni air pasang yang datang tiap tahun dan membanjiri plaza ini.

 venice_stMarks_square

st-marks-square_2

The Biblioteca Nazionale Marciana (National Library of St Mark's) is a library and Renaissance building in Venice; Veneto; Italy

venice

Nah, demikianlah 10 alun2 kota paling indah menurut versi gue. Sebenarnya pengen gue tambahin satu lagi sih, yakni Monas, tapi sayang panas. Nggak heran ya bangsa kita lebih suka menghabiskan waktu di dalam mall yang adem ketimbang taman terbuka dengan udara segar. Sangat disayangkan *plot twist: gue nulisnya di food court mall dengan wifi gratisan*

No comments:

Post a Comment