Sunday, March 2, 2014

SEKATEN: MALAM SERIBU MALAM

 

Photo-1454

Sebagai oleh2 mudik Natal kemaren di Solo, gue bakal membagi pengalaman gue ikutan sekaten. Nah, bagi kalian yang belum tahu, sekaten itu adalah semacam pesta rakyat yang diadain buat menyambut Maulid Nabi. Acara ini diadain oleh Keraton Kasunanan Solo dan biasanya dimeriahin ama pasar malam. Di sini juga lagi diadain pameran keraton, jadi gue tertarik banget ikut acara ini pas gue mudik. Beruntung ya pas mudik ada acara gede2an gini.

Sebagai wong Solo, gue tentu udah puluhan kali liat yang namanya sekaten sejak gue kecil. Dulu ingat banget oleh2 khas sekaten adalah maenan kodok2an dari tanah liat yang bener2 bisa bunyi kayak kodok beneran. Masih punya maenannya di rumah di Solo .... hahaha lucu banget. Yang unik lainnya dari sekaten ini adalah dijualnya berbagai macam celengan khas dari tanah liat. Kalo dulu sih pas zaman gue kecil, celengannya tuh bentuknya berbagai macam hewan, tapi yang paling populer tuh sapi. Namun sekarang udah macem2 banget bentuk celengannya, bahkan ada yang bentuknya Angry Bird hahaha.

Photo-1465 (2)

Ini dia sekilas suasana pasar malam di sekaten yang dipenuhi berbagai macam atraksi, mulai dari roda setan, bianglala, komidi putar, dan lain-lain. Gue sempet naek wahana kora2 yang pastinya mengundang nyali. Emang sih alatnya nggak segede yang ada di Dufan, tapi yang ini lebih seru soalnya alatnya ... nggak ada pengamannya. Jadi adrenalinnya lebih terasa guys, ada rasa kayak takut2 mati gitu ... soalnya naek begituan nyawa kita bener2 terancam hahahaa ... hadeeeeeeh.

Photo-1498   Photo-1466 (2)

Photo-1467 (2)   Photo-1468 (2)

Photo-1495   Photo-1497

Nah ini sekilas pameran keratonnya. Masuk cuman ditarik biaya tiket 2 ribu. Ada berbagai model para prajurit, keris, hingga kereta kuda dari zaman2 Mataram Islam gitu.

Photo-1455   Photo-1459

Photo-1457   Photo-1458

Photo-1464   Photo-1481

Photo-1482   Photo-1483

Ini pasti semua udah tau kan, namanya Gunungan buat sesembahan. Nah biasanya di puncak acara sekaten, gunungan ini akan dijadiin rebutan warga, soalnya mereka yakin makanan dalam gunungan ini bakal membawa berkah. Bahkan jika kita ngasih makanan dari gunungan ini sama pasangan kita, maka hubungan asmara kita bakalan langgeng.

Photo-1488

Waaaaah ... boleh tuh dicoba hahaha. Dan gue jadi inget guys semacam FTV (apa film independen gitu ya) yang bersetting di Yogya duluuuu banget di tipi. Ceritanya seorang cowok berhasil membawa makanan dari gunungan ini setelah rebutan dengan banyak warga. Rencananya sih makanan itu mau dikasihin ke pacarnya, namun di tengah jalan ia iba ama seorang cewek yang nggak dapet gunungan ini dan iapun memberikan makanan itu ke si cewek. Eh nggak tahunya legenda itu kebukti bener, si cowok lama-kelamaan suka ama si cewek ini bahkan sampai ninggalin pacarnya. Hiks ... sedih banget filmnya. Tapi dah lupa tuh judul flmnya apa, soalnya udah lamaaaaa banget.

Oya dan bapak ini adalah ahli membaca wuku guys. Jadi orang jawa percaya ama wuku (kalo di Cina semacam shio gitu kali ya).

Photo-1476

Tapi beda ama shio yang ditentuin ama tahun kelahiran, wuku ini ditentukan ama hari kelahiran. Kalo di penanggalan Jawa, cuman ada 5 hari dalam seminggu, yakni Pon, Wage, Pahing, Kliwon, ama . Kalo kita kepengen tau wuku kita apa, tinggal ngasihin tanggal ama tahun kelahiran kita ama bapak ini, nanti diitungin dan kita bisa tahu kita lahir pas hari apa. Ternyata gue lahir di Minggu Pon dan wuku gue adalah Mandhasiya dan pelindung gue adalah Batara Brama, dewa api. Namun gue agak2 nggak percaya gitu, soalnya menurut wuku ini, sifat gue pemarah dan keras hati which is nggak gue banget. Gue kan orangnya sabar, lemah lembut, suka menolong, dan rajin menabung ... ya nggak?

Photo-1480

Ini nih yang lucu, ada tenda Curhat Ghoib hihihi ...

Photo-1489

Dan terakhir, di gerbang keluar keraton terdapat petuah Jawa ini. Artinya “Manusia setelah meninggal hanya menyisakan sejarah. Maka dari itu ukirlah sejarah yang baik terhadap orang lain ...” Waaaah setuju banget bro!!!

Photo-1491

No comments:

Post a Comment