Thursday, June 27, 2013

BELITAN MISTERI CANDI-CANDI ALIEN DI INDONESIA

 

Kuakui judul di atas emang agak lebay dan mengundang tanda tanya (maklum udah putus asa meningkatkan traffic blog hehehe). Candi alien? Di Indonesia? Pastinya ini berhubungan erat dengan teori Ancient Aliens yang marak dibicarain sekarang. Walaupun aku berpendapat teori itu agak gombal, tapi nyatanya ada beberapa bukti relief yang aneh yang ditemukan di berbagai candi di Indonesia. Nggak heran candi-candi ini kujuluki candi alien. Mau tahu misteri apa saja yang tersimpan di candi2 ini? Mari kita simak satu-persatu.

RENCANA TATA KOTA NEW YORK: VISI KOTA TERBESAR DI DUNIA

 

Dalam postingan kali ini, aku akan membagi sebuah artikel keren dari website untappedcities.com berjudul “The New York City That Never Was” berisi rencana tata kota New York City yang amazing, namun tak pernah direalisasikan. Kota New York seperti yang kita tahu adalah kota terbesar di dunia. Tentu saja masalah yang dihadapi New Yorkers jauh berlipat ganda dibanding masalah yang dhadapi orang2 Jakarta. Kemacetan di sana tentu lebih parah dibanding di sini. Rencana2 bombastis pun dilancarkan untuk mengatasi masalah kemacetan dan kepadatan penduduk. Mungkin saking bombastis-nya, rencana2 ini pun urung dilaksanakan. Berikut ini mungkin wajah kota New York apabila rencana2 fantastis tersebut dilaksanakan.

12 KATA SALAH KAPRAH YANG PEMAKAINYA WAJIB DI-KAMEHAME!!!!

 

 

Hai para readers, belum lama ini aku selintas membaca artikel unik di website poskamling mengenai kata2 yang sebenarnya salah kaprah, tapi sering dipakai. Padahal kalo ditilik dari artinya, sebenarnya pemakaiannya salah atau artinya nggak pas. Kadang2 agak sebel juga kalo ada orang yang sok gaya2an pake istilah2 ini padahal nggak tau artinya. Berikut ini list-nya. Pokoknya kalo kalian denger ada orang yang ngucapin kata2 ini, langsung aja di-KAMEHAME!!!

10 PAKAIAN TRADISIONAL TERINDAH DI DUNIA

 

4032952463_ab1a3d7c61

Sadarkah kita bahwa hampir setiap hari sebenarnya kita memakai pakaian tradisional bangsa lain? Yup, hampir semua yang kita pakai seperti celana, rok, jas, dasi, hingga topi adalah pakaian tradisional bangsa Barat. Mereka dipakai bukannya karena lebih indah atau praktis, namun lebih karena "ikut-ikutan" dan gengsi sebab semua orang memakainya. Contohnya jas, kalau dipikir2 jas sangatlah tak cocok bagi iklim tropis seperti Indonesia. Jas dipakai justru di negeri beriklim dingin untuk membantu menghangatkan diri. Namun kenapa ya orang Indonesia ikut-ikutan latah memakainya walau tahu jas justru membuat kita semakin gerah? Batik tentu lebih cocok dipakai (tak hanya Jumat saja namun juga setiap hari).

Padahal di berbagai penjuru dunia, tak sedikit bangsa yang sangat bangga pada pakaian tradisionalnya. Berikut ini adalah 10 pakaian tradisional paling indah di muka bumi (apalagi kalo yang memakainya adalah model2 cantik di bawah ini hehehe).

10 PENCAKAR LANGIT YANG MENJADI LANDMARK DUNIA


2086020608_cc77b4e632_z
Untuk apa manusia membuat bangunan2 tertinggi di dunia. Hanya untuk dua tujuan: kesombongan dan uang. Yap, bangunan2 tertinggi di dunia ini selain untuk pamer pada dunia juga digunakan untuk tujuan komersil, tentu agar cepat balik modal. Berberapa pencakar langit mungkin tampak biasa2 saja, namun ada pula pencakar langit yang terkenal dan menjadi ikon bahkan landmark karena keunikannya. Berikut ini beberapa pencakar langit paling terkenal di dunia.

Tuesday, June 25, 2013

USAHAKU UNTUK HIDUP SEHAT *YANG SELALU GAGAL*

 

Di postingan curhatku kali ini, kembali aku akan membagi cerita nggak penting tentang diriku *yang juga nggak penting*. Well semua diawali dengan banyaknya orang yang bilang kalo aku ini orangnya *irit muka* alias umurnya udah *twenty something* tapi tampang masih kayak ababil. Jadi inget, dulu pas aku naek taksi ama ortuku ke kampus dibilangin ama supir taksinya, “Mau nganter anaknya daftar mahasiswa baru ya pak?”. Jawab bokap, “INI MAU NGANTAR ANAK SAYA WISUDA!!!!” Buset deh bapaknya padahal aku di belakang udah pake toga ama topi wisuda masih dikirain baru lulus SMA *ampe mau nangis di belakang*.

Tapi apalah arti punya wajah imut2 jabang bayi kalo nggak diikuti ama perut six pack, ya nggak? Kekuranganku tuh badanku yang kerempeng yang sering bikin gue nggak tega motret diri gue sendiri. Bahkan kalo ada angin kencang, aku selalu minta temen2 megangin aku biar aku nggak ikut terbang *lebay*. Pokoknya itulah sekilas alasan gue pengen memperbaiki taraf kesejahteraan gue. Salah satu caranya adalah mencoba *gaya hidup sehat* yang sering ada di tivi-tivi. Berikut ini cara2 hidup ala gue *yang gagal terus* (makanya gue penyakitan).

10 FOTO BERSEJARAH TENTANG BANGSA INDONESIA

 

images

Nggak perlu nunggu 10 November buat posting artikel yang berbau patriotis. Kali ini aku akan menghadirkan 10 foto tempo doeloe yang sangat erat kaitannya dengan sejarah bangsa Indonesia. Beberapa foto ini sangat ikonik dan mungkin tak asing bagi kalian. Namun beberapa lainnya mungkin baru pertama kali kalian lihat. Semoga saja foto2 ini makin menginspirasi kita. Ini dia foto tempo doeloe paling bersejarah di Indonesia!

SSSST...YANG BESAR2 TERNYATA ADA DI KOREA UTARA LHO....

 

 

Judul di atas bikin penasaran kan hahaha. Kita memang sering memandang sebelah mata pada negara komunis ini. Hareeeee geneeee masih komunis??? Emang sih dibandingkan negara kembarannya Korsel yang keren abiiiis, negara ini emang jauh tertinggal. Namun ternyata pemerintah komunis di Korsel diisi oleh orang2 paling ambisius sedunia. Negara yang bernama resmi DPRK ini (bukan DBSK ya, itu mah boyband) membangun beberapa bangunan dan event terbesar di dunia. Berikut ini beberapa di antaranya.

FUKU DAN GAKURAN: SERAGAM SEKOLAH TERKEREN DI DUNIA!!!

Dalam postingan ini aku akan membahas seragam sekolah yang menurutku paling keren di dunia, yaitu seragam sekolah di Jepang. Pasti banyak banget yang excited dengan tema ini ya hehehe. Kita tentu banyak mengenal seragam sekolah para remaja Jepang lewat anime dan komik2 Jepang. Seragam sekolah cewek2 Jepang biasanya mirip dengan baju pelaut, sedangkan seragam cowoknya keren dengan jas hitam yang menutup hingga ke leher. Seragam pelaut ala cewek2 remaja Jepang dinamakan fuku atau seifuku, sedangkan seragam cowoknya dinamakan gakuran. Yuk kita bahas tentang kedua seragam ini.

STRANDED IN JAPAN: LITTLE TOKYO EVENT @ BLOK M

 

Photo-0208

25 Mei 2013 yang lalu aku berkesempatan jalan2 di acara Litte Tokyo di Blok M. Sebagai pegawai mapan yang bekerja siang malam ampe lupa waktu, tentu aku nggak bakal tahu ada acara ini kalo temenku nggak ngasih tahu. Nah, di event seru yang unik aku mendapatkan berbagai pengalaman seperti mencicipi makanan asli Jepang hingga menonton aksi para cosplayer menirukan gaya tokoh2 anime. Dan yang lebih penting, liat cewek2 cantik berbaju kimono hohohoho *ampe ngeces*. Nah inilah guys liputanku di Little Tokyo.

MEREGUK SENJA DI ANCOL (SUNSET = COOL, ANCOL = SUCKS)

 

Photo-0138

Kali ini aku akan menceritakan pengalaman *nggak berkesanku* pas maen ke Ancol. Sejak aku pertama kali datang ke Jakarta, tak terbersit sedikitpun keinginan untuk berkunjung ke Ancol (kecuali buat liat Sea World, yang ampe sekarang belom kesampaian). Udah masuknya bayar, jelek lagi pantainya, not worth it banget. Tapi karena pas libur kenaikan Isa Almasih kemaren aku ama temanku satu kantor diajak jalan2 sama bosku, aku nggak bisa nolak. Lagian mana nolak jalan2 keliling Jakarta pake mobil hehehe. Akhirnya kami kesana dan perkiraanku tak jauh meleset. Cuma yang lumayan bagus adalah kami bisa menikmati senja di sana.

THE RISE OF COMMUNIST ARCHITECTURE: 10 BANGUNAN SOSIALIS-KOMUNIS TERMEGAH DI DUNIA

 

communist-statue

Jika saja aku memposting tulisan ini di masa Orde Baru pasti aku sudah kena cekal atau mungkin masuk penjara. Karena di dalam blogku akan terpajang jelas gambar simbol komunis. Yap, dalam kesempatan kali ini aku akan membahas arsitektur bergaya komunis atau sering disebut arsitektur Sosialis atau Stalinis karena diprakarsai oleh Joseph Stalin, pemimpin komunis di Uni Soviet.

Gaya arsitektur ini terkenal dengan kemegahannya karena memang dirancang sebagai bagian politik “mercusuar” yang sarat pencitraan sekaligus menandingi bangunan2 yang ada di negara2 Barat. Selain itu, gaya bangunannya terkesan “tegas” sekaligus “dingin” karena terbuat dari beton abu2, berbeda dengan bangunan klasik Eropa lainnya yang terkesan luwes. Hal itu juga dipengaruhi oleh kondisi saat itu, dimana negara2 komunis muncul pasca-perang dunia, jadi masih teringat dengan jelas penderitaan di kala perang. Apalagi ditambah saat itu dunia berada di bawah cekaman Perang Dingin.

Salah satu ciri arsitektur komunis lainnya adalah banyaknya dibangun monumen (terutama patung) sebagai salah satu cara propaganda terhadap rakyatnya. Beberapa bangunan sosialis memang tak bisa dipandang sebelah mata. Berikut ini 10 bangunan bergaya sosialis komunis yang mencengangkan dari berbagai penjuru dunia.

1. Seven Sisters

Moscow University2

Iri dengan bangunan2 pencakar langit di kota New York, Stalin memerintahkan para arsitek Rusia membangun tujuh gedung pencakar langit yang tersebar di Rusia sekaligus koloninya. Ketujuh gedung tersebut dinamakan Seven Sisters dan berikut ini beberapa anggotanya.

Moscow State University (Moskow, Rusia)

Moscow_State_University_crop

Bangunan yang dibangun di Sparrow Hill, Moskow ini selesai pada 1953. Dengan tinggi 240 m, bangunan ini sempat dinobatkan sebagai bangunan tertinggi di Eropa dan hingga kini tetap menyandang gelar sebagai bangunan institusi pendidikan tertinggi di dunia.

402px-Leningradskaja002

Palace of Culture and Science (Warsawa, Polandia)

vPf5yYo9GxU

Salah satu Seven Sisters ini dibangun pada 1952 di Polandia yang kala itu adalah negara jajahan Uni Sovyet. Sayangnya bangunan tertinggi dan terindah di Warsawa ini sama sekali tak membuat bangga para penduduknya sebab justru menjadi pengingat pedihnya penindasan komunis di negeri itu.

2. Bank of Georgia (Tbilisi, Georgia)

image-241411-galleryV9-uyft

Negara kecil yang tak luput dalam kungkungan Uni Soviet ini juga memiliki bangunan impresif peninggalan komunis. Bangunan yang dulu menjadi gedung pemerintahan komunis ini kini beralih menjadi Bank of Georgia. Bentuknya yang unik sebenarnya memilikI tujuan ramah lingkungan, yaitu agar kehidupan alami bisa tumbuh berkembang di bawahnya.

3. Buzludzha (Bulgaria)

Buzludzha

Monumen ini dibangun di puncak Stara Planina setinggi 1441 m yang merupakan lokasi bersejarah. Pada 1868, tempat ini menjadi lokasi pertempuran antara para prajurit Bulgaria melawan invasi Turki. Pada 1981, sebuah monumen komunis dibangun di tempat ini. Namun semenjak Bulgaria memperoleh kemerdekaannya dari Uni Sovyet, tempat inipun terbengkalai dan menjadi objek vandalisme.

Bouzloudja02

4. Mother Russia (Volgograd, Rusia)

battle-of-stalingrad-war-memorial-mother-russia

Patung ini jelas2 dibuat pemerintah komunis untuk menyaingi Patung Liberty di Amerika. Bahkan sosok wanita yang dijuluki Mother of Russia sebenarnya merupakan tokoh propaganda yang dibuat untuk menyaingi Uncle Sam-nya Amerika Serikat. Patung setinggi 78 m yang terlihat mengacungkan pedang sepanjang 10 m ini memang sangat menakjubkan dan eye catching.

Ukraine-Kiev-Mother-Russia

Selain di Rusia, patung Mother of Russia juga dibangun di negara jajahan komunis kala itu, yaitu di Kiev, ibu kota Ukraina. Patung yang dijuluki Motherland ini sengaja dibangun untuk mengungguli patung Liberty dengan tinggi 102 m. Di bawah patung tembaga ini juga terdapat sebuah museum untuk mengenang para korban Perang Dunia II.

Patung lain yang menjadi simbol komunis selain Mother of Russia dan Motherland adalah patung Worker and Peasant (Pekerja dan Petani) dengan lambangnya yang khas, yakni palu dan sabit.

worker_peasant_statue

5. Olympia Stadium (Berlin, Jerman)

800px-Olympicstadium2

Membangun stadion raksasa semegah mungkin merupakan salah satu ciri khas arsitektur sosialis-komunis (atau dalam hal ini fasis karena dibangun oleh NAZI). Hitler sendiri membangun stadion megah ini sebagai lokasi Olimpiade Musim Panas 1936. Olimpiade memang dimanfaatkan oleh kaum sosialis untuk menujukkan keunggulan mereka kepada dunia.

6. Gedung Opera dan Balet (Novosibirsk, Rusia)

Novosibirsk Opera and Ballet Theatre-1945

Gedung opera yang terletak di Siberia ini merupakan gedung opera terbesar di Rusia. Dibangun di Lenin Square, bangunan ini selesai dibangun pada 1944 dan mampung menampung hingga 1.800 penonton.

7. Moscow Subway (Moskow, Rusia)

Moscow Subway

Dibangun pada 1923, jalur kereta bawah tanah ini dibangun oleh pemerintah komunis dengan bantuan para arsitek Inggris, tentu dengan dibayang2i paranoai spionase. Stasiun subway peninggalan komunis ini juga telah diakui sebagai salah satu stasiun subway terindah di dunia.

8. Bradenburg Gate (Berlin, Jerman)

Brandenburg Gate

Gerbang yang menjadi landmark Jerman ini memang bukan buatan kaum fasis Jerman. Namun bangunan ini selalu dikait2kan dengan Hitler dan kaum komunis karena gerbang buatan abad ke-18 ini pernah menjadi bagian tembok Berlin sebelum akhirnya diruntuhkan pada 1989. Gerbang ini juga dijadikan sebagai  model salah satu gerbang di kota Moskow ini.

800px-ВДНХ_(Главный_вход)

9. Ryugong Hotel (Pyongyang, Korea Utara)

Direncanakan sebagai hotel terbesar dan tertinggi di dunia, Ryugyong Hotel direncanakan selesai pada 1989 namun terhambat karena keruntuhan Uni Soviet. Gedung berbentuk piramid berlantai 105 lantai ini tragisnya hingga kini dibiarkan terbengkalai walaupun pembangunannya telah menghabiskan dana yang begitu besar di tengah bencana kelaparan yang menimpa rakyat Korea Utara.

10. Monumen-Monumen Yugoslavia

Podgarić

Monumen-monumen ini diperintahkan pembangunannya oleh Presiden kala itu, Joseph Bros Tito pada tahun 1960-an dan 70-an. Penampilan monumen2 modern ini sangatlah mencolok mata dan sengaja dibangun di berbagai lokasi pertempuran selama Perang Dunia II sebagai pengingat mereka yang menjadi korban perang. Namun sayang Yugoslavia kini tinggal kenangan sebab telah pecah menjadi berbagai negara, yaitu Kroasia, Serbia, Slovenia, Bosnia, dan Herzegovina. Monumen2 inipun terlupakan dan tak lagi terawat.

  Kosmaj   Kadinjača

Niš    Kruševo

Tjentište

BONUS:

Palace of the Soviet (Moskow, Rusia)

Bangunan pencakar langit yang direncanakan menjadi bangunan tertinggi di dunia ini awalnya direncanakan dibangun di Kremlin dengan puncaknya dimahotai dengan patung raksasa Lenin. Untuk mendirikannya, pemerintah komunis dengan kejam meruntuhkan Katedral Christ the Saviour yang berada di lokasi tersebut. Namun niat pembangunannya terhalang dan akhirnya urung dilaksanakan. Lokasi tempat dimana gedung ini direncanakan dibangun kemudian difungsikan sebagai kolam renang terbesar di dunia sebelum akhirnya katedral Christ the Saviour dibangun kembali.

Bangunan ini tak kutahu letak dan namanya, namun yang pasti adalah mahakarya arsitektur komunis yang sangat indah.

nlv_ex6NXSY

bfdma1GW4rs

Nah, itulah dia beberapa mahakarya arsitektur peninggalan kaum komunis. Kesalahan terbesar komunis adalah membangun bangunan2 indah untuk pencitraan namun dengan mengabaikan kebutuhan rakyatnya sendiri, yakni kesejahteraan. Namun uniknya, beberapa ciri khas bangunan bergaya sosialis dapat dengan mudah kita temukan pada bangunan2 yang ada di Jakarta, khusunya yang dibangun pada masa Bung Karno, semisal bangunan2 pemerintahan dan monumen2 berupa patung dan stadion. Silakan kunjungi postingan menarik di skycrapercity ini untuk membuktikannya.

10 BANGUNAN SUPERKEREN YANG TAK PERNAH DIBANGUN

 

Bangunan dan seni arsitektur merupakan salah satu cara manusia sejak zaman purba untuk show off alias memamerkan keeksisannya. Berikut ini beberapa bangunan super-menakjubkan yang pernah dirancang oleh manusia. Mungkin karena terlalu menakjubkan, pembangunannya urung dilakukan karena dianggap mustahil untuk dilakukan.

10 PESAN RAHASIA DI FILM DISNEY (UNTUK MERUSAK GENERASI MUDA???)

 

Sudah jauh sebelum aku menulis postingan ini, aku pernah mendengar bahwa film2 Disney menyelipkan “pesan2 rahasia” pada pemirsanya yang masih di bawah umur. Walaupun terkenal sebagai film anak2, namun film2 Disney ternyata mengandung sedikit elemen yang sama sekali tak cocok untuk anak kecil. Banyak pesan tersebut mempromosikan seks pada generasi muda. Walaupun porsinya sangat sedikit (mungkin hanya beberapa detik), namun ternyata pesan2 tersebut dimaksudkan sebagai “subliminal message” untuk mempengaruhi alam bawah sadar anak2. Coba saja ketikkan ”disney subliminal message” di google dan anda mungkin akan terkejut dengan hasilnya. Berikut ini 10 di antaranya.

Saturday, June 8, 2013

WELCOME TO GOTHAM CITY: KUMPULAN SKETSA ARTISTIK HUGH FERRIS

 

3623069366_69c2d85de0

Tulisan ini terinspirasi dari website untappedciity.com dalam sebuah artikel berjudul The New York City that Never Was: Part IV. Dalam artikel ini sekilas diceritakan seorang arsitek visioner bernama Hugh Ferris yang menerbitkan buku kumpulan gambarnya yang berjudul “The Metropolis of Tomorrow” pada 1929. Dalam buku ini ia menggambarkan visinya tentang wajah Kota New York di masa depan. Jujur saja, melihat ilustrasinya, aku terpukau sekaligus merinding karena sketsanya yang sangat “dark”. Aku malah tidak merasa sedang melihat kota New York, namun seperti melihat “Gotham City”.