Monday, December 9, 2013

HEAVENLY-INSPIRED DOME: 10 INTERIOR KUBAH GEREJA PALING MENAKJUBKAN

 

400pxfrescowithtrompelocv1

Kata “dome” (kubah) berakar dari kata “domus” (bahasa Romawi kuno) yang berari “rumah”. Namun karena kebanyakan rumah2 mewah pada zaman Romawi kuno menggunakan kubah, maka makna “dome” kemudian bergeser. Kubah amatlah populer pada masa Renaissance dan sering diterapkan untuk membangun gereja. Bahkan kata “katedral” dalam bahasa Jerman diterjemahkan “dom” dan dalam bahasa Italia “duomo” yang keduanya sebenarnya berarti kubah, karena seringnya dijumpai katedral berkubah pada saat itu. Kubah tak hanya dihias pada bagian luarya saja, namun juga pada bagian interiornya. Berikut ini foto bagian interior kubah gereja dan katedral yang pastinya keindahannya terinspirasi oleh bayangan manusia tentang surga.

1. Basilika St. Peter (Vatikan)

3-St-Peters-Dome-Italy

Kubah gereja terbesar di dunia ini juga merupakan kubah terbesar dan tertinggi di dunia. Gereja bergaya Renaissance ini menerapkan pola geometris untuk menghiasi bagian dalam kubahnya. Namun apabila dilihat dengan seksama, akan terlihat detail lukisan para santo-santa di dalam motif geomteris tersebut.

3112402035_6d6115ebb7_b

2. Basilika St. Mark (Venesia, Italia)

St-Marks-Basilica-Venice

Gereja ini sering disebut sebagai “chiesa del’oro” yang berarti “gereja emas” karena bagian interiornya (termasuk kubahnya) yang dihiasi dengan warna keemasan. Seperti layaknya gereja bergaya Byzantine pada umumnya, bagian kubah gereja ini dihiasi dengan mosaik lukisan Yesus dan para santo-santa.

dome mosaic

venesia

3. Katedral Ely (Ely, Inggris)

ELY_CATHEDRAL_1687260c

Gereja gotik ini memang tidak berkubah, namun bagian menara oktagonnya menampakkan rusuk2 yang berbentuk menakjubkan.

Oktogon_Ely

4. Basilika Santa Maria Maggiore (Roma, Italia)

RomeStMariaMaggioreBasilicaY

Gereja ini walaupun berada dalam wilayah Italia, namun memiliki keistimewaan sebagai milik Vatikan. Sehingga gereja ini menikmati status seperti kedutaan besar. Gereja ini merupakan salah satu dari 4 major basilica atau empat gereja Katolik terpenting di dunia.

Santa Maria Maggiore

santa maria maggiore2

5. Rosary Chapel (Puebla, Meksiko)

11679478-santo-domingo-church-puebla-mexico

Rosary chapel merupakan kapel yang menjadi bagian dari Santo Domingo Church di kota Puebla, Meksiko. Kapel ini dihias secara “wah” dan habis2an dengan warna emas dan kristal yang berkilauan.

rosary chapel

6. Katedral Florence (Florence, Italia)

florence2

Gereja dengan kubahnya yang terkenal ini dibangun dengan gaya Renaissance dengan detail fresco yang menggambarkan surga pada interior kubahnya.

florence

7. Les Invalides (Paris, Prancis)

domeinvalides

Bangunan ini sebenarnya bukanlah gereja, namun di bawah kubahnya memang terdapat sebuah kapel . Di bawah kubah emasnya juga terdapat makam tokoh Prancis paling terkenal, Napoleon Bonaparte.

espace-illu5_01

8. Katedral Morelia (Morelia, Meksiko)

panoramica-catedral-de-morelia-116

Gereja ini memang sederhana dari tampilan luarnya, namun interiornya sangatlah mewah. Gereja ini dianggap sebagai gereja terindah di Meksiko, bahkan Amerika Utara.

guadalupita-church-interior-pink-gold-dome-mexico-4446576

9. Hagia Sofia (Istanbul, Turki)

hagia-sophia-istanbul

Jangan kaget jika kumasukkan bangunan paling terkenal di Turki ini ke dalam list ini, sebab sebelum dialihfungsikan sebagai masjid (sekarang museum), bangunan ini awalnya adalah gereja. Gereja ini dan kubahnya merupakan bukti kejayaan gaya arsitektur Byzantine pada masa lalu.

hagiasophiadome

Hagia-Sophia-interior-and-dome-j316104126

the-grand-dome-of-the-hagia-sophia

10. Gereja2 Barok di Eropa

Berikut ini kuberikan kubah2 menakjubkan gereja2 barok. Kebanyakan bagian dalam kubah ini dihias dengan ilusi mata bernama “trompe l’il” yakni lukisan mural dua dimensi yang tampak seperti tiga dimensi.

cupola-santandrea-a-mantova-2

Dome of Sant'Agnese in Agone

The baroque dome of a Granada's church

San Carlo ai Catinari

Terakhir, ini sebenarnya bukanlah kubah gereja, melainkan kubah sebuah gedung parlemen di Amerika. Namun sepertinya benar2 terinspirasi dengan bayangan manusia mengenai surga.

Inside dome

No comments:

Post a Comment