Tuesday, December 10, 2013

BENEATH THE CRYSTAL WINDOW OF BOGOR CATHEDRAL

 

Photo-1407

Minggu pagi gue udah niat jalan2 ke Bogor. Setelah hampir 2 minggu rencana jalan2 ke Bogor tertunda gara2 berbagai alasan, akhirnya Minggu ini gue udah bertekad, “Harus jadi!”. Salah satu tujuan gue selaen refreshing di Kebun Raya Bogor, juga mau beribadah Minggu pagi di Katedral Bogor. Waduuuh jauh banget ya readers gue ke gerejanya. Domisili di Jakarta tapi gerejanya di Bogor hahaha. Apa boleh buat, udah menjadi agenda gue untuk mengunjungi gereja2 bersejarah di Indonesia, termasuk Katedral Bogor ini. Dengan dikunjunginya katedral ini, berarti resmi sudah gue udah memasuki semua katedral yang ada di Pulau jawa (kecuali Malang, cuman lewat doang). Yang exuisite soal gereja ini selain warna putihnya yang memukau, juga keindahan kaca patrinya bak kristal yang menurut gue cuman bisa ditandingi ama Katedral Jakarta aja.

Sebenarnya rencana awal gue, gue mau berangkat Sabtu dan nginep di tempat temen gue. Soalnya kan gue mau ikut misa pagi. Tapi sayangnya dia lagi sibuk mid-semesteran jadinya gue batalin, nggak enak ganggu dia. Makanya Minggu pagi gue sengaja bangun pagi2, soalnya jadwal misa yang mau gue datengin adalah jam 9 pagi. Gue berangkat dari teminal Lebak Bulus naek bus merah namanya Agra Mas. Adem dan enak bisnya, soalnya ber-AC. Tarif bisa diterima lah, sekitar 13 ribu. Busnya berangkat jam 7 dan untung aja perjalanan lancar sehingga sejam kemudian gue dah nyampe di terminal Baranangsiang, Bogor. Sebenarnya kurang unik juga sih guys berangkat ke Bogor naek bus gini, soalnya yang romantis kan naek kereta api tut tut tut hehehe. Tapi apa boleh buat. Dari tempatku ke Stasiun Kota naek busway aja bisa makan 1 ½ jam. Belum lagi naek komuternya 1 ½ lagi baru nyampe. Berarti total bisa 3 jam. Cepetan naek bus lah kemana2.

Setelah nyampe, gue celingak-celinguk nyari angkot. Ternyata tempatnya terpisah ama tempat turun bus. Di deket tempat bus ada gang kecil, tinggal turuuuuun terus entar juga ketemu angkot banyak. Nah, gue naek angkot 03 jurusan Bubulak yang ngelewatin stasiun. Di perjalanan gue sempet terkesan banget ama Istana Bogor yang indah banget. Belum lagi ada rusa2 totol yang cantik banget lagi merumput di halaman depan istana. Idih, unyu unyu banget rusanya. Jadi kepengen nyulik satu buat disate eh dipelihara di rumah hehehe.

Katedral gampang banget kok ditemuin, secara bangunannya gede dan mencolok gitu. Sayangnya pas gue kesana ....

Photo-1406

Buset...katedralnya lagi direnovasi??!!! Ada 365 hari dalam setaon dan gerejanya harus direnovasi PAS GUE BACKPACKERAN KE BOGOR??!! Tapi diambil positifnya aja deh guys. Walaupun merusak keindahan, diharapkan renov ini bakal memperkuat gereja sehingga semakin everlasting, ya nggak? Nah, begitu masuk, ternyata dugaan gue nggak meleset...nih gereja indaaaaaah banget. Bahkan ini mungkin gereja paling indah yang pernah gue kunjungin seumur hidup gue *dalam hal interior, soalnya katedral Jakarta agak gloomy sih*

Di dalam gue langsung mencoba konsen ikut misa. Tapi gimana bisa konsen coba, soalnya keluarga yang duduk di samping kiri gue rese banget. Bentar2 keluar, terus sebelum misa eh malah makan permen (nggak tau apa aturan gereja kalo kita harus berpuasa alias nggak makan minum sebelum misa). Belum lagi cowok di samping gue malah sibuk BBM-an pas misa. Aduduuuuuh. Yang sebelah kanan gue malah lebih parah. Khusuk dan alim sih orangnya, tapi dia adalah ... dia adalah ....seorang cewek Bogor yang manis dan geulis (serta seiman)!!! Hadeeeeeh...tambah nggak konsen misa nih hehehe.

Selesai misa, gue langsung melancarkan aksi foto2. Ini dia jepretan gue. Dimulai dari altar.

Photo-1369

Kaca patri di altar ini ternyata bergaya agak abstrak ala2 Picasso gitu.

Photo-1366

Oya yang aneh dari gereja ini gue nggak nemuin panel2 buat Jalan Salib. Entah mungkin karena lagi ada renov kali ya jadi diamankan dulu. Inilah interior gereja.

Photo-1376

Haduuuuuh...PENGEEEN...PENGEEEEN... Nih pasti sepasang kekasih yang mendoakan rencana pernikahan mereka *sok tau*

Photo-1401

Gereja ini ternyata ada balkonnya juga (tapi tangganya buat ke atas sereeeem banget). Inilah keindahan interior gereja dilihat dari atas.

Photo-1384

Dan inilah eksterior gereja yang walaupun masih direnov tapi masih keliatan gagah.

Photo-1402   Photo-1394

Oya, uniknya di gereja ini sampingnya ada masjid lho hohoho.

Photo-1409 (2)

Oh ya, yang aneh lagi selaen gue nggak nemuin panel Jalan Salib, gue juga nggak nemuin Goa Maria di gereja ini. Apa gara2 lagi direnov juga? Hiks...yang pasti gue merasa perjalanan gue ke Katedral Bogor jadi kurang lengkap. Gue harap gue bisa kesini lagi lah kalo renov-nya udah kelar. But, afterall gereja ini menurutku adalah salah satu gereja tercantik di Indonesia. No one can argue on that!I hope one day I can pray again beneath the crystal window of this white cathedral.

4 comments:

  1. di kampung gue juga gereja orthodox nya sebelahan ma mesjid,bahkan ada 3 mesjid dengan golongan yang berbeda2 (tau sendiri kan islam ada banyak). Hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah gue blm pernah liat gereja orthodox. dmn tuh?

      Delete
  2. Itu kan mesjid (mushola sih sebenernya) sekolah gue hehehe tiap hari dr kelas pemandangannya katedral mayan jg loh min

    ReplyDelete
  3. Wah min masih mending dtg ke gereja jarak jkt-bogor taunya renov, ane jauh2 setelah lama penantian eh sampe katedral koln lagi renovasi *curhat*

    ReplyDelete