Friday, October 18, 2013

MUSEUM BANK MANDIRI: AN ENDLESS MUSEUM (LITERALLY)

 

MANDIRI BANK

Sepulang dari Museum Maritim, gue agak kecewa. Pertama koleksinya nggak sekeren dugaan gue. Kedua, gue sebenarnya ada rencana liat pertunjukan di Planetarium di Taman Ismail Marzuki jam 1. Tapi waktu saat itu sudah nunjukin jam 12. Sejam naek busway nggak bakal sempet kali, apalagi masih kudu ngantri segala macem. Akhirnya gue mutusin nerusin jalan2 aja ke Kota Tua. Gue langsung tertarik ke Museum Bank Mandiri. Soalnya pas gue narik ATM tadi, gue sempet baca kalo museum ini gratis buat pengunjung yang menjadi nasabah setia Bank Mandiri #yang gue bangeeeeet#. Namanya juga admin Mengaku Backpacker, kalo ada yang namanya gratisan, pasti #LANGSUNG# Apalagi selama ini aku sangat mempercayakan kepada Bank Mandiri segala macam investasi dan aktivitas perbankan aku #buseeet bahasanya# Jadinya nggak heran kalo gue jadi penasaran ama sejarah bank terpercaya ini *apalagi gratis hehehe*

Namun gue nyesel setengah mati ke museum ini guys. Tapi bukan karena koleksinya lho. Koleksinya sih keren sumpah, apalagi bangunannya art deco abis gini. Tapi museumnya itu lho, gede banget dan NGGAK ABEEES ABEEEES. Bayangin, batere hape gue ampe abis gara2 foto2 di sini! Bener2 never ending journey deh muterin nih museum. Ampek capek taoook, nih museum abisnya ampe mana????

Museum Bank Mandiri ini memang bangunan paling unik di Kota Tua Jakarta ini guys. Soalnya kalo yang lain bergaya Eropa klasik, gedung bank ini justru bergaya art deco (mirip ama Stasiun Kota). Pertama masuk gue bareng ama rombongan anak2 alay yang lagi habisin hari Minggu *langsung nyelonong aja hehehe* Di dalam ternyata kondisinya masih mirip ketika bank ini masih beroperasi. Ada bagian buat teller yang kita bisa bebas masuk dan liat2 koleksi di sana.

Photo-1055

Koleksi pertama yang gue liat adalah buku besar. Pas belajar akuntasi dulu, gue pikir buku besar dinamain begitu karena isinya banyak, mencatat segala macam hal. Namun di sini gue jadi tahu kalo buku besar emang literally alamak gedenya!

Photo-0976

Terus gue baru tau kalo ada yang namanya kalkulator manual. Mampus tuh teller zaman segitu, pegangannya cuma barang beginian buat ngitung duit. Gimana klo ada yang nanya, “Mbak, tolong itungin dong turunan dari invert sin 135 derajat?”

#mana mungkin ada yang nanya begituan di bank???#

Photo-0977

Tapi ternyata ada alat yang lebih primitif dari itu, guys. Bayangin mereka ngitung pake ini: abacus alias sempoa!

Photo-0981

Baca2 ternyata teller zaman dulu dipilihin cici2 etnis Chinese yang nggak cuma memiliki kecantikan oriental tapi jago ngitung pake sempoa ginian.

Pas gue masuk ke sebuah ruangan, gue langsung disambut oleh mereka:

Photo-0987  Photo-0986

Buseeet dah, pantes Bank Mandiri nggak pernah kecolongan, satpamnya Gundam gini.

Alat2 di sini juga menunjukkan perkembangan dari zaman ke zaman. Dari mulai mesin2 yang sederhana kayak mesin tik hingga ke komputer baheula yang masih pake disket. Oya yang agak creepy di sini adalah boneka manekin2nya. How creepy is this? #adanya di balik jeruji lagi# berasa kayak di House of Wax.

Photo-1004

And talking about creepy ...

Photo-1041

I swear to God she’s looking at me! Oke, balik lagi ke jalan2nya guys. Ini suasana lorong2 yang menghadap ke taman yang ada di tengah bangunan. Tamannya enak banget lho, bahkan ada yang makan bekal di tengah rindangnya taman. Wadooow kepengeeeen. Besok lagi bawa bekal ah, soalnya makanan di sini adanya cuma bakso ama mie ayam doang. Oya ngomongin lorong2nya, agak ngingetin gue ama Lawang Sewu di Semarang.

Photo-1014

Saking banyaknya koleksi museum ini, ampe koleksinya di-display di lorong2 lho. Kayak kalkulator manual nih yang kebetulan pas gue foto, eh admin ikutan kefoto hehehe.

Photo-1008

Ini mungkin surat saham zaman Belanda dulu ya.

Photo-1007

Iseng2 karena gue liat tangga, gue lalu naek ke lantai di atasnya dan lantai atasnya lagi. eh, ternyata gue bisa liat Museum Bank Indonesia dari sini!

Photo-1015

Ini koleksi di museum atas. Ada koleksi uang koin dan kertas kuno.

Photo-1020    Photo-1018

Terus gue masuk ke ruangan yang kayaknya sih ruangan direktur gitu. Gue nebak gitu soalnya ruangan ini punya kamar mandi pribadi yang lumayan creepy.

Photo-1021

Photo-1028

*admin di kamar mandi berhantu. Gue harap nggak ada Hanako di sini*

Sumpah guys, ruangan ini tuh sereeeeem banget. Pas admin ke situ (sendirian), tiba kayak ada suara dari balik pintu yang tertutup. Kayak kurang serem aja, ada diorama pake manekin2 di ruangan ini.

Photo-1023

Dan pas gue dateng, topi2 pajangan yang ada di ruangan itu pada jatuh berceceran di lantai *berasa ulah poltergeist* Pas gue angkat topinya dan gue balikin ke tempatnya semula, topinya ternyata lumayan berat lho guys, kayaknya nggak deh kalo jatuhnya tadi tertiup angin.

Photo-1024

Belum lagi ada lukisan gubernur jenderal ini. Sereeeeem, Langsung deh #kabuuuuur#

Photo-1027

Ini gambar tangga yang menuju ke bawah. Art deco emang keren ya?

Photo-1039

Gue lalu turun lagi ke bawah dan anehnya gue nemuin koleksi yang nggak nyambung ama museum ini, yakni alat2 musik kayak cello dan piano. Pianonya antik banget guys, dalemnya kayak bersepuh emas gitu.

Photo-1047   Photo-1051

Cuma anehnya ada larangan ini di sini.

Photo-1049

“Dilarang masuk?” Gimana caranya masuk ke dalam piano? Larangannya buat kucing kali.

Oya ada juga Patung Hermes di sini. Fiuh, thank goodness di sini dia nggak bugil kayak di Museum Fatahillah.

Photo-1057

Ini diorama tentang kesibukan saat bank ini masih beroperasi.

Photo-1065

Ini kayaknya dioarama sang direktur bank. Tapi anehnya yang bikin gue merinding, foto anak perempuan di meja ini foto beneran lho guys. Hiiiy...foto siapa ya?

Photo-1067

Ini ruangan tempat menyimpan buku besar tadi. Pengamanannya ketat banget, liat aja tebal pintunya.

Photo-1062   Photo-1068  

Gue lalu beranjak ke ruang bawah tanah tempat menyimpan brankas berisi uang dan barang2 berharga lainnya #hufh, sumpah nih museum nggak abis2# Ruangan ini bernama Kast Kluis yang berguna menyimpan uang dan bahkan batangan emas!

Photo-1074   Photo-1082

Photo-1079    Photo-1080

Di lokasi lain (deket musholla) terdapat diorama yang menggambarkan pembangunan gedung ini dulu. Kreatif banget deh yang buat.

Photo-1090

Gue lalu naek lagi dan sumpah, pas itu gue udah niat mau pulang. Tapi pas gue liat ke atas, gue malah liat ...

Photo-1099

BUSEEEET MASIH ADA LAGI???

Karena di atas ada kaca2 patri super-indah (yang lagi, ngingetin gue ama Lawang Sewu), akhirnya gue mengurungkan rencana gue buat pulang dan foto2 di atas.

Photo-1104

Photo-1102

Kereeeen banget kaca patrinya, ampe mau nangis. Di atas juga ada koleksi2 lain (padahal kaki gue udah mau bengkak nih hiks, tapi kenapa nih museum nggak kelar2 isinya). Di lantai ini ada ruangan yang menarik buat gue, yaitu ruangan yang menceritakan tentang sejarah satuan pengamanan alias satpam yang bekerja di bank ini. Diceritakan juga tentang jenis2 pistol yang digunakan sebagai senjata untuk mengamankan bank ini dulu #tapi cuma gambar, bukan beneran#. Anehnya, ada juga koleksi samurai di sini, Masa sih satpam zaman dulu pake samurai? Dan gue bener2 nggak habis pikir pas gue melihat koleksi ini ....

Photo-1117

MUSTAHIL!!!!! MASA MEREKA PAKE INI JUGA???

Buseeet...satpam apa Elektra nih? Jangan2 ada senjata ninja ama bom asap Batman kali kalo ditelusuri terus.

Lebih kacau lagi, gue juga liat ini dipajang di sini ...

Photo-1114

Oke, I’m out of here!

Nah, abis dari ruangan ini nih gue mulai nyadar kalo batre hape gue ABIS!!! Buseeet deh, selama gue backpackeran belum pernah sekalipun gue foto2 ampe batre hape gue ko’it gini. Dan gue juga berani taruhan, nih museum sebenarnya belum abis dan masih ada tempat yang belum gue kunjungin. Ternyata benar, gue belum ngeliat lift antiknya dan gue juga bahkan belum foto2 bagian luar bangunannya. Tapi gara2 hape gue dah lowbat, apa boleh buat. Terpaksa gue pasrah dan pulang aja. Kapan2 lagi dilanjutin lagi jalan2nya.

Saran aja deh buat para pengurus museum, kira2 dong kalo bikin museum, pengen bikin para pengunjungnya pada mati muda apa? Kurang gede oooooom museumnya. Terus lagi, diseleksi dong para pengunjungnya. Banyakan anak alay nih yang teriak2 ama foto2 di dalam #maklum gratisan# jadi nggak konsen gue nikmatin museum ini. Ditambah lagi mereka pada pacaran di dalam. Wooooi ke Inbox aja sono!!! #emosi#

Tapi selepas itu semua, museum ini emang layak banget dikunjungin, apalagi kalo rame2. Sekian dulu guys liputan admin tentang museum Bank Mandiri. Kapan2 admin kasih lagi liputan museum2 lain di Jakarta. Jangan lupa, habisin aja waktu senggang kalian menikmati museum2 ini, worth it kok.

No comments:

Post a Comment