Saturday, August 10, 2013

10 OBELISK PALING MENAKJUBKAN DI DUNIA

 4588315009_cc2bfa9366_o

Obelisk merupakan tugu dengan puncak piramid. Walaupun lebih dikenal sebagai peninggalan Mesir, obelisk sebenarnya berasal dari peradaban Mesopotamia kuno di wilayah yang sekarang adalah Timur Tengah. Nah, obelisk kini diadaptasi sebagai tugu kemenangan atau kemerdekaan di berbagai negara. Walaupun ada pihak yang menganggap obelisk adalah lambang Freemason atau Illumati (yang menurutku bullshit), namun di Indonesia ternyata ada banyak juga lho obelisk. Berikut ini kupilih 10 obelisk terindah di dunia menurut versiku.

1. Washington Monument (Washington DC, AS)

washington_monument_and_the_reflecting_pool_1024x768

Tugu kemerdekaan paling terkenal di dunia ini mulai dibangun pada 1848, namun baru selesai pada 1884 karena pembuatannya terhenti oleh Perang Sipil. Tugu setinggi 169 m ini pernah menjadi bangunan tertinggi di dunia, sebelum gelar itu direbut oleh Menara Eiffel. Sayang, monumen rancangan Robert Mills ini dibangun tak sesuai rancangannya yang sangat indah.

nowitz-richard-a-night-view-of-the-lincoln-memorial-washington-monument-and-capitol-building    353px-Washingtonmonumentsketch

2. Obelisco de Buenos Aires (Buenos Aires, Argentina)\

BUENOS AIRES

Obelisk ini terletak di Plaza de la Republica da dibangun pada 1936 untuk memperingati ulang tahun ke-400 kota Buenos Aires. Batu berkualitasnya diimpor jauh2 dari daratan Eropa, yaitu dari Cordoba, Spanyol.

3. Obelisk of Montevideo (Montevideo, Uruguay)

MONTEVIDEO2  MONTEVIDEO

Obelisk ini didirikan pada 1930 untuk memperingati satu abad konstitusi Uruguay. Uniknya, obelisk setinggi 40 m ini memiliki 3 sisi, bukan 4 sisi seperti obelisk pada umumnya. Ketiga sisi itu melambangkan “Law”, “Liberty”, dan “Force”.

4. Obelisco Agonale (Roma, Italia)

nanova    AGONALE

Obelisk setinggi 16 m ini didirikan oleh Kaisar Domitian dan sekarang menjadi bagian dari Piazza Nanova di Roma. Obelisk ini pada 1651 diperindah dengan tambahan air mancur yang dinamakan Fountain of Four Rivers rancangan Bernini.

piazza_navona_0945_2013

5. Obelisco Vaticano (Vatikan)

piazza-san-pietro-obelisk

Obelisk paling terkenal di Eropa ini tak diketahui siapa pembuatnya, namun diduga telah berumur 4.400 tahun. Kaisar Nero memindahkan obelisk ini dari Mesir ke Roma pada tahun 37 M. Kini, obelisk ini berada di pusat St. Peter Square di depan gereja Basilika St. Peter, gereja terbesar di dunia. Walaupun merupakan peninggalkan dunia Pagan, obelisk ini masih dipertahankan sebab dianggap sebagai saksi bisu kemartiran para santo-santa Kristen. Obelisk dari granit merah setinggi 41 m ini kemudian dikristenkan dengan menambahkan salib pada puncaknya.

6. Cleopatra’s Needle

paris

Jarum Cleopatra merupakan nama yang disematkan bagi tiga obelisk yang kini terpencar di New York, Paris, dan London. Akan tetapi ketiga obelisk tersebut sama sekali tak ada kaitannya dengan Ratu Cleopatra, namun dinamai demikian karena Mesir memang sangat erat kaitannya dengan ratu legendaris tersebut.

7. Elephant Fountain (Catania, Italia)

HDR tonemapped

Berdiri di depan Katedral Catania di Piazza Duomo, obelisk inipertama dibawa oleh orang2 Roma ke Catania pada tahun 30 SM. Yang paling unik dari obelisk ini adalah patung gajah yang menyangganya yang oleh warga lokal dianggap sebagai “jimat” pelindung terhadap amukan Gunung Etna.

8. Obelisk Pantheon (Roma, Italia)

PANTEHON

Obelisk ini terletak di depan Pantheon di Piazza della Rotonda. Pantheon sendiri merupakan satu dari sedikit kuil Romawi kuno yang bertahan hingga masa modern. Di obelisk ini terdapat air mancur yang dibuat pada tahun 1575.

9. Marian and Holy Trinity Column

Guglia_dell'Immacolata_Napoli   Holy-Trinity-Column

Marian dan Holy Trinity Column bukanlah obelisk dalam arti sesungguhnya, namun merupakan tugu yang didirikan kaum Eropa sebagai wujud syukur mereka terhadap berlalunya wabah Black Death. Pembangunan tugu ini merebak pada abad 17 dan 18 ketika gaya arsitektur Baroque menjadi populer. Contohnya antara lain di Ceko dan Naples (Italia).

10. Angel of Peace (Munich, Jerman)

250px-Friedensengel_ORA   5516739

Angel of peace adalah monumen berbentuk kolom bergaya Corynthian (bukan obelisk seungguhnya) dengan patung malaikat emas di puncaknya. Tugu setinggi 38 m ini dibangun pada 1870 untuk memperingati 25 tahun berakhirnya perang Franco-Jerman.

BONUS

Obelisk di Indonesia

248px-Merdeka_Square_Monas_02 SDC13641 tp1

Berbagai tugu yang menyerupai obelisk juga didirikan di Indonesia, antara lain Monumen Nasional (1975) Tugu Yogyakarta (1755), serta Tugu Pahlawan di Surabaya (1952).

No comments:

Post a Comment