Wednesday, August 7, 2013

10 MENARA JAM PALING WOW DARI SELURUH DUNIA

 
11944274-the-landmark-of-the-city-of-london-is-the-clock-tower-big-ben
Mendengar kata menara jam, mungkin kita akan langsung teringat dengan Big Ben. Ya, memang tak salah Big Ben adalah menara jam paling terkenal di dunia. Padahal dari berbagai penjuru dunia, masih terdapat banyak menara jam yang tak kalah indah. Menara jam memang sangat fungsional untuk mengingatkan waktu. Di Indonesia sendiri masih jarang, mungkin butuh banyak kali ya biar orang2 Indonesia bisa berhenti ngaret hehehe. Berikut ini 10 menara jam paling keren dan paling indah dari berbagai penjuru dunia.
1. Big Ben
Clock_Tower_(Big_Ben)
Banyak yang salah kaprah menyebut menara jam ini sebagai Big Ben. Padahal Big Ben adalah nama bagi lonceng raksasa yang terdapat di dalam menara ini. Nama menara ini yang sesungguhnya adalah Elizabeth Tower. Menara setinggi 96 m ini dirancang oleh Augustus Pugin dengan gaya Gothic Revival. Sayangnya, karena letaknya yang berada dalam gedung parlemen Inggris, maka wisatawan selain warga negara UK dilarang memasukinya.
2. Rathaus-Glockenspiel (Munich, Jerman)
Balai kota baru kota Munich dibangun pada abad ke-19 dengan gaya Gothic Revival. Bagian yang paling terkenal dari gedung ini adalah menara jamnya (glockenspiel) yang menampilkan pertunjukan boneka tiap jam 11. 
3. Izmir Clock Tower (Izmir, Turki)
izmir_clock_tower_by_elfoz-d32knc9
Menara jam yang sangat indah ini terletak di Izmir, kota terbesar ketiga di Turki. Dirancang pada Raymond Charles Pere pada 1901, menara jam ini dihadiahkan oleh Kaisar Jerman, Wilhelm II sebagai hadiah 25 tahun penobatan Raja Turki saat itu, Abdul Hamid II. Menara jam ini juga pernah muncul dalam mata uang 500 lira.
4. Prague Astronomical Clock (Praha, Ceko)
11531741-closeup-on-astronomical-clock-built-in-to-one-side-of-the-old-town-hall-tower-in-prague
Menara jam ini dikenal justru bukan karena keindahan menaranya (menaranya sih biasa2 saja), namun karena keindahan jamnya. Jam astronomis yang terdapat di kota tua Praha ini merupakan jam tertua di dunia yang masih berfungsi! Jam ini memiliki miniatur malaikat kematian berupa tengkorak yang dapat bergerak tiap pergantian jam.
Jam astronomis lain dengan detail yang indah dapat ditemui di kota Bern (Swiss), yaitu di menara Zytgloggeturm atau Zytglogge Tower yang dibangun pada abad ke-13, walaupun jamnya baru ditambahkan pada abad ke-15.
clock-tower-zytglogge
35440975
5. Manchester Town Hall (Manchester, Inggris)
Manchester
Tak hanya terkenal dengan klub bolanya, kota Manchester juga memiliki salah satu menara jam terindah di dunia. Menara jam ini terletak di Manchester Town Hall dan dirancang oleh Alfred Waterhouse pada tahun 1887 dengan gaya Victorian-Neo Gothic.
6. Vienna Rathaus (Vienna, Austria)
myYkr6y
Salah satu kota terindah di dunia ini memiliki menara jam di balai kotanya. Rathaus atau Vienna City Hall ini dibangun oleh Friedrich von Schimdt pada tahun 1872-1883 dengan gaya gotik.
rathaus-wien.gv_.at_
7. Chiang Rai Clock Tower (Chiang Rai, Thailand)
Chiang_Rai_Clock_Tower
Menara jam ini tak hanya berwarna emas dan dihiasi ornamen khas Thailand yang rumit, namun juga menampilkan atraksi menarik tiap pergantian jam 7, 8, dan 9. Lampu yang menyinari menara jam ini akan berganti warna diiringi musik dan gerakan bunga lotus yang menutup dan membuka kelopaknya.
8. Darlington Clock Tower (Darlington, Inggris)
3983463670_964b4fe07c
Menara jam bergaya Romanesque ini merupakan landmark kota Darlington. Menara jam yang terletak di Market Hall ini diprakarsai pembangunannya oleh pengusaha bernama Joseph Pease pada tahun 1964.  
9. Antwerp Cathedral (Antwerp, Belgia)
0000001ac
Menara jam ini unik sebab juga berfungsi ganda sebagai menara lonceng sebuah gereja. Cathedral of Our Lady di kota Antwerp ini dibangun pada 1352 dan baru selesai pada 1521. Katedral ini memiliki menara setinggi 123 m, menjadikannya bangunan tertinggi di wilayah Benelux (Belgia, Nederland, dan Luxemburg).
10. Abraj al Bait (Mekah, Saudi Arabia)
makkah_royal_clock_tower_1
Menara ini mengalahkan Big Ben sebagai menara jam tertinggi di dunia. Bernama resmi Mecca Royal Hotel Clock Tower, menara setinggi 600 m ini juga menjadi gedung tertinggi kedua di dunia setelah Burj Al Khalifa di Dubai bahkan bisa dilihat hingga jarak 25 km. Sayangnya pembangunan menara jam raksasa ini harus mengorbankan benteng Ajyad peninggalan kekhalifahan Ottoman yang dibangun pada abad ke-18.
BONUS:
Jam Gadang (Bukittinggi, Indonesia)
400px-2011jamgadang1
Menara jam yang menjadi landamark kota Bukittinggi ini dibangun pada 1926 atas perintah Ratu Yuliana. Arsiteknya adalah Yazin dan Sutan Gigi Ameh. Uniknya, angka empat di jam ini tidak ditulis dengan angka Romawi “IV”, melainkan dengan “IIII”. Menurut cerita lokal, hal ini untuk menghormati 4 pekerja yang meninggal selama pembuatan jam ini.






































No comments:

Post a Comment