Saturday, August 10, 2013

10 KOTA TERAPUNG PALING MENAKJUBKAN DI MUKA BUMI

 

wuzhen_3

Kota atau desa mengapung merupakan destinasi wisata yang sangat unik, sebab dibangun sepenuhnya di atas air. Akibatnya, satu2nya mode transportasi yang ada hanyalah kapal melintasi kanal2 yang cantik dan jembatan yang indah. Berikut ini adalah 10 kota terapung terindah di dunia.

1. Ko Panyi (Thailand)

Desa terapung ini terletak di Provinsi Phang Na dan uniknya, dibangun oleh para nelayan asal Indonesia. Terdapat 200 keluarga dengan jumlah warga 1.500 orang yang konon, semuanya berasal dari dua keluarga asal Jawa. Berbeda dengan penduduk Thailand pada umumnya, para penduduk desa ini beragama Islam dan uniknya, mereka memiliki lapangan bola terapung!

2. Halong Bay Village (Vietnam)

Village in the Halong Bay

Teluk Halong memang terkenal dengan panorama bukit2 kapurnya yang eksotis. Sekitar 600 orang tinggal di desa ini dengan mata pencahaian sebagai nelayan dan mengandalkan perahu sebagai satu2nya moda transportasi yang ada.

3. Kampong Ayer (Brunei Darussalam)

mesita-v-bandar-seri-begawanu-w-6253

Masih terletak di ibu kota Brunei, Bandar Sri Begawan, kota mengapung ini unik karena memiliki masjid yang sangat terkenal, yakni Masjid Omar Ali Saifuddin, yang seperti bagian kampung yang lainnya, dibangun di atas air.

4. Zhouzhuang (Cina)

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Kota yang terletak di Provinsi Jiangsu ini memang layak mendapat julukan “Venice of The East”. Selain keindahan kanal dan rumah kunonya, kota ini juga terkenal dengan jembatan2 dan kuilnya yang indah.

Zhouzhuang-3

5. Tongli (Cina)

Suzhou-Canals

Sekitar setengah jam perjalanan dari kota Suzhou, Wujiang, kita akan menemukan kota terapung yang indah ini. Tak hanya kanal2nya saja yang mempesona, namun juga terdapat taman bernama Retreat and Reflection Garden yang telah menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO.

Suzhou_Lingering_Garden

6. Fengjing (Cina)

fengjing

Kota Fengjing terletak di distrik Jinshan, Shanghai dan terkenal dengan kesenian lukisan tradisionalnya. Kota yang dibangun pada Dinasti Yuan ini dapat dengan mudah dicapai dengan kereta dari kota Shanghai. Seperti layaknya kota air kuno Cina lainnya, kota ini menyuguhkan pemandangan rumah2 tradisional dengan kanal2 yang membelah kota.

10290386-wuzhen-zhejiang-china

7. Fenghuang (Cina)

fenghuang

Menjadi inspirasi para seniman Cina selama ratusan tahun, kota air ini unik sebab keindahan kanal2nya beradu dengan keindahan pegunungan dan teras sawah yang eksotis. Kota yang namanya berarti “Pheonix” ini terletak di Provinsi Hunan.

8. Alappuzha (India)

alappuzha_Champakulam_church

Siapa sangka di India terdapat juga kota kanal layaknya Eropa? Kota yang dijuluki “Venice of India” ini terletak di Kerala, India dan uniknya, kita bisa menyaksikan suasana pedesaan hingga gereja2 putih yang cantik saat berlayar melintasi kanal2nya.

NMK-173156

9. Venesia (Italia)

Venice-Canals

Keseluruhan kota ini dianggap sebagai Situs Warisan Dunia karena sejarah dan keindahannya. Dijuluki sebagai “kota terindah yang pernah dibangun manusia”, kota ini terkenal karena keindahan bangunan2 Eropa, gereja2nya, serta kanal2nya yang romantis. Dulunya, kota ini pernah berstatus sebagai negara dengan nama Republik Venesia dan menjadi pusat perdagangan terpenting di Eropa. Kini, kota ini lebih terkenal dengan industri pariwisatanya.

Grand-Canal-(Venice,-Italy)

10. Hamburg (Jerman)

Hamburg (1)

Tak banyak yang tahu bahwa kota kedua terbesar di Jerman ini memiliki lebih banyak kanal dan jembatan dibandingkan kota Amsterdam dan Venesia, bahkan jika keduanya digabungkan! Kota kanal ini memang terletak di dekat laut dan pada 2010 mendapat ranking 10 sebagai kota ternyaman di dunia.

Hamburg

BONUS:

Banjarmasin (Indonesia)

terapung5

Walaupun bukan kota terapung dalam arti yang sesungguhnya, kota Banjarmasin tetaplah unik sebab memiliki pasar terapung. Ya, pasar terapung ternyata tak hanya terdapat di Bangkok, Thailand saja. Pasar terapung yang terkenal terdapat di Muara Kuin dan Lok Baintan. Walaupun eksotis dan indah, namun keberadaan pasar terapung ini terancam hilang karena tergerus kemajuan zaman.

No comments:

Post a Comment