Saturday, August 10, 2013

10 KASTIL TERINDAH DI EROPA

 

neuschwanstein-castleny

Eropa memang terkenal dengan kastil2 serta benteng2 khas negeri dongengnya. Nah, kali ini aku akan menulis tentang 10 istana terindah di Eropa. Melihatnya seperti masuk ke dunia fairy tale. Berikut ini 10 kastil terindah di Eropa (beberapa istana terkenal Eropa seperti Versailles atau Buckingham tak kumasukkan ke dalam list ini karena tak sesuai dengan gambaranku tentang kastil khas Eropa).

1. Kastil Neuschwanstein (Jerman)

neuschwanstein

Ini adalah kastil paling indah di Eropa menurutku. Istana ini dibangun oleh Ludwig II dari Bavaria pada abad ke-19. Istana bergaya Romanesque-Revival ini terletak pegunungan di desa Hohenschwangau.

2. Mont St. Michel (Prancis)

2309451_f520

Dibangun di atas pulau karang di pantai Normandy, bangunan ini memiliki letak strategis sebagai benteng sejak masa Romawi kuno. Dibangun pada abad ke-9, bangunan ini juga katanya menjadi inspirasi Minas Tirith di trilogi Lord of The Ring.

Mont Saint-Michel

3. Swallow’s Nest Castle (Ukraina)

swallow's nest

Istana indah ini dibangun antara 1911-1912 di Gaspra, tepatnya di tebing Aurora, Semenanjung Crimea, Ukraina. Istana bergaya neo-gothic ini sengaja dibangun menghadap ke Laut Hitam dan merupakan objek wisata terkenal di Ukraina.

4. Peles Castle (Rumania)

peles-castle-romania (1)

Ternyata banyak istana2 indah di Eropa Timur yang tak kita tahu. Misalnya istana bergaya Neo-Renaissance di kota Sinaia di Pegunungan Carpathia ini. Istana yang berada di negeri asal Dracula ini dibangun oleh Raja Carol I dan diresmikan pada 1883.

5. Hohenzollern Castle (Jerman)

Hohenzollern Castle (Swabian Alb, Germany) then.

Lagi2 kastil indah dari Jerman. Terletak kira2 50 m dari kota Stuttgart, istana ini sebenarnya pertama dibangun pada abad ke-11. Namun bangunan bergaya Neo-Gothic yang kita lihat sekarang adalah bangunan hasil renovasinya pada 1846-1867 oleh Raja Frederick William ke-6 dari Prussia.

6. Castillo de Coca (Spanyol)

Castillo de Coca

Coca adalah kota benteng kecil yang terletak di Segovia, Spanyol. kota ini dikenal sejak zaman Romawi kuno sebagai tempat kelahiran Kaisar Theodosius. Dibangun oleh Raja Enrique VI dari Castille pada abad ke-15, benteng ini mengadopsi gaya arsitektur Mudejar yang berakar dari kaum Muslim yang pernah menguasai Spanyol.

7. Alhambra (Spanyol)

alhambra2

Ini merupakan istana paling terkenal sekaligus paling menakjubkan, tak hanya di Eropa saja, melainkan di dunia. Dibangun pada abad ke-14 saat pendudukan kaum Muslim di Spanyol, Alhambra sendiri berarti “benteng merah”. Istana dengan detail mengagumkan ini terletak di daerah Granada di Pegunungan Sierra Nevada.

800px-80525560_0eb2c1d54a_o

8. Bodiam Castle (Inggris)

Bodiam Castle, England

Bangunan istana ini memang tepat seperti bayangan kita tentang benteng2 khas Eropa. Kastil ini dibangun pada abad ke-14 pada masa pemerintahan Raja Richard II sebagai benteng pertahanan melawan pasukan Prancis pada Perang 100 Tahun. Kastil ini terdapat di dekat kota Robertsbridge di East Sussex, Inggris.

9. Pena National Palace (Portugal)

2309457_f520

Kastil bergaya romantisme abad ke-19 ini dibangun oleh pangeran Ferdinand di atas kota Sintra dan dengan mudah terlihat dari Lisboa, ibu kota Portugal. Istana warna-warni ini juga terletak di dekat benteng peninggalan Muslim di Semenanjung Iberia, yakni Palace of The Moors.

10. Alcazar of Segovia (Spanyol)

10-Segovia-s-Alcazar-Spain-1

Awalnya dibangun sebagai sebuah benteng Arab, istana ini mulai dibangun menjadi bentuknya yang sekarang pada abad ke-12 atas perintah Raja Alfonso VIII. Istana ini menjulang di Segovia di pegunungan Guadarrama dan menjadi inspirasi istana Cinderella ala Walt Disney.

BONUS:

Kastil Cinderella

Cinderella_Castle

Kurasa inilah kastil favorit semua orang. Walaupun terletak di Florida, Amerika Serikat, namun karena gaya arsitekturnya yang sangat Eropa, maka kastil ini kumasukkan di list ini sebagai bonus.

105734464_aca9a76d66

No comments:

Post a Comment