Wednesday, August 7, 2013

10 BANGUNAN TERINDAH DI DUNIA

 

tajmahalhdwidescreenwallpapers11_1

List tentang bangunan2 terindah di dunia mungkin takkan ada habis2nya. Keindahan itu subjektif menurut mata yang memandangnya. Termasuk berikut ini askan kupersembahkan list 10 bangunan terindah menurut versi Mengaku Backpacker. Ini dia.

1. Rathaus (Vienna, Austria)

city-hall-vienna

Rathaus atau City Hall (Balai Kota) di kota Vienna kuanggap sebagai salah satu bangunan terindah di dunia. Dibangun oleh Friedrich von Schmidt pada tahun 1872-1883 dengan gaya gotik, bangunan ini mewakili keindahan istana2 Eropa.

rathaus-gr

2. Capitol Hill (Washington DC, AS)

CapitolBuilding (1)

Bangunan terindah di Amerika Serikat ini merupakan gedung parlemen pemerintah AS yang dibangun di atas bukit di tengah Washington DC. Awalnya bangunan ini dirancang oleh William Thornton yang memenangkan kompetisi mendesain gedung parlemen ini, namun kemudian Thomas U. Walter dan August Schoenborn menambahkan kubah di puncaknya. Bangunan ini baru selesai pada 1811, namun sudah digunakan untuk rapat parlemen pada tahun 1800.

3. Hungary Parliemantary Building (Budapest, Hungaria)

The_Hungarian_Parliament_Building_from_the_Danube_(5995598253)

Gedung Parlemen Hungaria ini dikenal sebagai salah satu gedung legislatif tertua di Eropa. Dirancang oleh Imre Steindl pada 1873, bangunan ini baru dapat diselesaikan pada 1904 karena sang arisitek mendadak buta sebelum bangunan ini sempat dirampungkan. Bangunan ini mengadopsi gaya campuran Gothic Revival dan Renaissance Revival yang dicirikan dengan kubahnya, sebab bangunan gotik umumnya tak berkubah.

4. Dome of Rock (Yerusalem, Palestina)

DomeRock15

Masjid yang dikenal dengan nama al Sakrah ini dibangun atas perintah Abdul al Malik dari Dinasti Ummayah dan selesai pada 691 M. Masjid ini dibangun di atas batu suci yang dianggap sebagai tempat terjadinya peristiwa Isra Mi’raj. Kubah yang terinspirasi dari gereja Holy Sepulchure (Makam Suci) di Yerusalem ini baru dilapisi emas pada tahun 1993 atas sumbangan Raja Hussein dari Yordania.

5. Shwedagon Pagoda (Yangoon, Myanmar)

13ShwedagonPagoda_2200783k

Pagoda emas ini namanya berarti Great Dagon Pagoda dan memiliki tinggi 99 m. Pagda ini terletak di barat Danau Kandawgyi di Bukit Singuttara dan sangat dianggap suci bagi pemeluk Buddha, sebab di dalamnya tersimpan relik berupa 8 helai rambut Sang Buddha sendiri.

6. Wat Rong Khun (Chiang Rai, Thailand)

white_temple_reflection

Kuil2 Buddha lain boleh berlapiskan emas, namun menurutku warna yang serbaputih inilah menjadikannya kuil terindah di dunia. Kuil Wat Rong Khun dibangun oleh arsitek kontemporer Thailand bernama Chalermchai Kositpipat. Uninya, kuil yang mulai dibangun tahun 1996 baru diperkirakan selesai pada 2070.

7. Kastil Neuschwanstein (Bavaria, Jerman)

Neuschwanstein-Castle-Germany

Kastil negeri dongeng ini dibangun pada abad ke-19 oleh Raja Ludwig II dari Bavaria. Kastil ini terletak di puncak pegunungan dekat Hohenschwangau dan Fussen di barat daya Bayern.

8. Taj Mahal (Agra, India)

7TajMahal_2200779k

Siapa tak kenal bangunan ini. Mausoleum yang terbuat dari marmer putih ini pembangunannya diperintahkan oleh Raja Shah Jahan pada 1632-1653 sebagai makam istrinya, Mumtaz Mahal. Bangunan yang diarsiteki Ustad Ahmad Lahauri dikenal sebagai bangunan terindah di India.

9. Milan Cathedral (Milan, Italia)

photo-milan-cathedral-25452

Katedral bergaya gotik ini merupakan gereja kelima terbesar di dunia dan pembangunannya memakan waktu 6 abad. Pertama dibangun pada 1386, gereja ini baru selesai sepenuhnya pada 1965.

10. Golden Pavillion (Kyoto, Jepang)

GoldenPavillionFromSideLg

Tak sulit melihat mengapa kuil ini dijuluki sebagai Golden Pavillion. Bangunan bernama asli Kinkakuji ini dibangun pada 1397 sebagai vila peristirahatan bagi shogun Ashikaga Yoshimitsu, namun kemudian dialihfungsikan sebagai kuil Zen.

BONUS:

Candi Prambanan (Klaten, Indonesia)

prambanan-temple

Candi Prambanan merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi ini dibangun pada abad ke-9 oleh Rakai Pikatan dan telah masuk sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Nah, bagaimana menurut anda tentang 10 bangunan terindah di dunia di atas? Adakah bangunan2 indah lainnya yang pantas masuk ke list ini?

1 comment:

  1. Wah, keren.

    Artikel kami juga membahas mengenai gedung dengan plafon yang indah lho. Silahkan cek disini. http://plafonrumahminimalis.com/5-gedung-dengan-plafon-yang-indah/ Maaf ya sedikit spam.

    ReplyDelete