Tuesday, July 16, 2013

PRESIDEN, MENTERI PERHUBUNGAN, & DIRUT PT KAI: WHY THEY’RE ALL SUCKS (FOR BACKPACKERS LIKE ME)

 

Photo-0481

Liburan sekolah bulan Juni-Juli kumanfaatkan untuk mudik ke kampung halamanku di Solo. Bukan gara2 homesick sih, tapi emang ada beberapa keperluan di Solo. Namun begitu memesan tiket kereta api, aku langsung terkejut alias shock dengan kegilaan harga tiket kereta api sekarang. Like, what????

Emang sih sekarang harga BBM naik (thanks for Mr. SBY, which every speech of him are the best standing comedy I’ve ever seen *too much crap and irony I guess*), namun kurasa bukan itu tuh penyebabnya. Emang sih dalam setahun ini ada perubahan besar dalam pelayanan perkeretaapian di Indonesia (aku bilang perubahan ya, bukan perbaikan). Aku pernah bercerita tentang kemudahan memesan tiket lewat *tiiiiiit* mart (yang di Jakarta bisa ditemuin tiap lima langkah). Masalah pesan tiket sih bukan masalah (sekedar saran sih, sebaiknya pesan lewat indo *tiiiiiit* daripada alfa *tiiiit* soalnya yang di alfa *tiiiiit* nggak di Jakarta nggak di Solo error terus). Cuma pas aku ke Pasar Senen buat nukar tiket, antrenya bo.....Malah pernah ada yang tiketnya hangus gara2 kelamaan antre nuker tiket. That’s suckie #1.

And then suckie #2 ternyata tiket kereta ekonomi sekarang diitung per pembelian, bukan per jarak. Semisal jarak dari Surabaya – Solo lebih murah daripada Surabaya – Jakarta walaupun kereta yang kita naiki sama. Namun sekarang nggak peduli mau turun dimana, harga tiket ditetapkan sama. Belum lagi harga tiket ekonomi sekarang udah naik sekitar 100-ribuan. Pupus sudah deh rencana backpackeran keliling Jawa naek kereta api. Padahal dulu tiket kereta api ekonomi hanya sekitar 30-50 ribuan dan harga tiket bisnis sekitar 100-an. Kacau deh. Menurut PT KAI sih kenaikan harga itu dibarengi kenaikan pelayanan. Namun menurutku sama aja. Aku naek kereta Bengawan dari Jakarta ke Solo, yang katanya ber-AC, namun sepanjang perjalanan gerahnya minta ampun. Aku masih mengandalkan AC berupa “angin cendela” dan AC sebenarnya baru menyala sekitar Cirebonan.

Suckie #3. Aku sengaja nggak bawa bekal yang banyak soalnya aku pikir toh di jalan biasanya banyak yang jual maeman. Eh nggak tahunya ada peraturan baru yang melarang pedagang kaki lima masuk ke dalam kereta. Terpaksa aku beli nasi goreng bikinan gerbong resto which is gabungan threesome: *nggak enak*, *mahal*, *dikit* lagi. Harganya 14 ribu, tapi masih mending lah daripada nasi goreng bikinan kereta bisnis yang kata bokapku harganya ampe 24 ribu dan rasanya kayak pasir campur semen. Banyak pula penumpang yang terjebak dan terpaksa beli makanan dan minuman dalam kereta yang nggak enak dan mahal itu. Untunglah, mulai stasiun Bumi Ayu, mulai ada pedagang kaki lima yang masuk dan justru *diserbu* penumpang (nggak kebalik ya?).

Di stasiun juga kondisinya sama. Dulu di Stasiun Solo Balapan aku inget banget banyak mbok2 yang berjualan oleh2 khas Solo di dalam stasiun, tapi sekarang dilarang dan justru diganti dengan minimarket. Great ha, tau aja cara menyiksa kaum wong cilik. Tapi kupikir para pedagang2 yang berjualan di stasiun dan kereta nggak “innocent2” amat sih. Biasanya sih ketipu kalo beli jajanan di kereta, mau nolong rakyat kecil eh malah dapet oleh2 basi.

Di dalam kereta aku juga sempet geli soalnya ada pedagang yang nawarin nasi ayam seharga 5 ribu. Langsung aja diborong ama keluarga yang duduk di sampingku. Tapi nggak taunya ayamnya cuma seipirit, dikit banget, dada ayam kate kali soalnya dagingnya kecil banget hehehe. Dalam hati aku membatin, “Kasian-deh-elu.” dan sambil ketawa2 membuka nasi telur yang tadi kubeli dari simbok pedagang seharga 7 ribu. Tapi ternyata “BUSET NASI GORENG LAGI???” (padahal sekitar 2 jam lalu aku dah makan nasi goreng bikinan resto kereta). Sambil nangis2 kepaksa aku makan makanan monoton itu lagi. Sumpah aku mendingan ngemil cuilan tembok aja kalo semisal pas udah nyampe di Solo, nyokap juga nyiapin nasi goreng lagi buat makan malam.

Tapi banyak juga kok pengalaman menarik yang kuperoleh selama perjalanan. Semisal pemandangan superindah yang kutemui sepanjang jalan. Aku baru aja pulang dari jalan2 dari Lampung belum ada semingguan pas mudik. Di Sumatra aku memang melihat banyak pemandangan *eksotik* terutama lautnya. Namun ternyata nggak harus jauh2 ke Sumatra, ternyata di Jawa masih banyak terdapat pemandangan alam yang memukau mata. Aku lupa dimana daerahnya, pokoknya di daerah2 pedesaan sebelum dan sesudah stasiun Bumi Ayu (sekitar Tegal kayaknya)  pemandangannya top banget. Soalnya keretanya melaju di atas bukit, jadi terhampar pemandangan yang indah di bawahnya. Belum lagi pemandangan gunungnya yang keren.

Photo-0485

Terus lagi, kereta sekarang kayaknya lebih aman. Ingat dulu pas terakhir kali aku mudik, ada penumpang yang keilangan tas pas di dalam kereta (kemungkinan sih diambil pedagang yang masuk). Satpam2nya juga ramah dan rajin keliling kereta. Pelayanan memuaskan juga terlihat di information centre-nya yang petugasnya ramah2 dan informatif sekali (ruangannya ber-AC lagi). Tapi ya gara2 kelamaan antre, imajinasiku jadi melayang kemana2. Pas di dalam, ada anak2 SD (nggak tahu nih ortunya kemana) yang mainan pintu ruangan info centre-nya. Terus mas-nya dengan ramah menegur anak itu, “Dik, ini bukan buat mainan ya”. Jadi kebayang, semisal aku dalam serial “Glee” pasti suasananya langsung berubah jadi drama musikal sambil mas-nya tadi nyanyi lagunya Gita Gutawa “Bukan Permainan” dan yang antre ama satpamnya pada jadi penari latar hahaha #di sini admin mulai merasa harus cek kesehatan jiwa#

Tapi tetep saja semua kenyataan tentang perubahan pelayanan PT KAI itu udah memupuskan harapanku backpackeran murah keliling Jawa naek kereta *that’s why I blame it all to Menhub and Dirut PT KAI*. Padahal dulu aku bisa backpackeran ampe Malang cuma ngabisin 300 ribu, tapi sekarang duit segitu mah abis cuma buat transport PP doang. Tapi emang sih guys, harga2 naek gini kayaknya kita juga kudu naikin budget buat backpackeran, semuanya udah nggak semurah dulu lagi.

No comments:

Post a Comment