Sunday, July 28, 2013

10 KECELAKAAN PESAWAT PALING TRAGIS DI DUNIA

 

tenerife_crash

Setelah menulis tentang 10 kecelakaan transportasi paling tragis di Indonesia, kali ini aku akan menulis (atau copas lebih tepatnya) 10 kecelakaan pesawat terbang paling tragis di dunia. Tak hanya memakan korban jiwa ratusan, namun ada cerita sedih di balik tiap kisahnya. Semoga saja kita bisa belajar dari peristiwa2 ini.

1. Tenerife (Spanyol), 27 Maret 1977

Korban 583 jiwa

Dua pesawat Boeing 747 milik maskapai KLM (Belanda) dan Pan Am (Amerika Serikat) bertabrakan di landasan pacu yang dipenuhi kabut di Bandara Los Rodeos, Pulau Tenerife, Kepulauan Canary, Spanyol. Pesawat KLM lepas landas tanpa izin, menghantam pesawat Pan Am sedang melakukan taxiing di landasan sama. Kebingungan atas instruksi dan gangguan transmisi radio menyebabkan musibah itu. Ini tragedi kecelakaan pesawat dengan korban jiwa terbanyak sepanjang sejarah.

2. Gunung Fuji (Jepang) 12 Agustus 1985

Korban : 520 jiwa

Pesawat Boeing 747 milik maskapai Japan Air Lines (JAL) jatuh dekat Gunung Fuji setelah lepas landas dari Tokyo. Kecelakaan disebabkan bagian ekor pesawat lepas sekitar 12 menit setelah lepas landas. 520 penumpangnya tewas dan hanya menyisakan 4 penumpang selamat. Pengawas pemeliharaan JAL kemudian bunuh diri akibat kejadian tersebut. Sementara presiden maskapai Jepang tersebut mengundurkan diri.

3. New Delhi (India), 12 November 1996

Korban: 349 jiwa

Pesawat kargo Ilyushin IL-76 milik maskapai Air Kazakhstan bertabrakan di udara dengan pesawat Saudia 747 dekat New Delhi, India. Kru pesawat Kazakhstan tak mematuhi instruksi ATC dan kedua pesawat tersebut tidak dilengkapi teknologi penghindar tabrakan.

4. Orly (Prancis), 3 Maret 1974

Korban: 346 jiwa

Pesawat DC-10 milik maskapai Turkish Airlines jatuh dekat Bandara Orly di pinggiran Paris, Prancis. Akibat desain buruk, pintu kargo pesawat terbuka begitu saja hingga menyebabkan kekacauan dalam pesawat hingga akhirnya jatuh ke kawasan hutan.

5. Irlandia, 23 Juni 1985

Korban : 329 jiwa

Sebuah bom dipasang ekstremis Sikh meledakkan pesawat Air India 747 yang bertolak dari Toronto, Kanada menuju Bombay, India. Pesawat hancur dan jatuh ke lautan sebelah timur Irlandia.

6. Riyadh (Arab Saudi), 19 Agustus 1980

Korban: 301 jiwa

Beberapa menit setelah pesawat Lockheed L-1011 milik Saudia Airlines lepas landas dari Riyadh, terdengar peringatan tentang asap di dalam kompartemen kargo. Pesawat pun kembali ke bandara. Entah mengapa, evakuasi penumpang sangat terlambat, bahkan setelah pesawat mendarat dengan selamat. Akibatnya, semua penumpang dan kru pesawat meninggal karena menghirup asap.

7. Selat Hormuz, 3 Juli 1988

Korban: 290 jiwa

Pesawat Airbus A300 milik maskapai Iran Air ditembak jatuh rudal kapal perang AS, USS Vincennes di atas wilayah Selat Hormuz, pada akhir masa perang Iran-Irak.  Militer AS berdalih, kru USS Vincennes mengira pesawat penumpang tersebut sebagai pesawat militer musuh.

8. Chicago, 25 Mei 1979

Korban: 273 jiwa

Saat pesawat DC-10 milik maskapai American Airlines lepas landas dari Bandara O’Hare, Chicago, Amerika Serikat, mesin kiri pesawat terayun-ayun dan terlepas. Ketika terlepas, mesin tersebut mengenai bagian depan sayap dan merusak sistem hidrolik pesawat secara keseluruhan. Sebelum pilot merespons, pesawat meledak hingga menjadi bola api.

9. Lockerbie (Skotlandia), 21 December 1988

Korban: 270 jiwa

Pesawat Pan American flight 103 meledak di udara di atas wilayah Lockerbie, Scotlandia. Seluruh penumpang dan kru tewas beserta 11 orang di darat. Dua agen Libya ditahan (salah satu divonis) karena menaruh bom dalam pesawat.

10. Pulau Sakhalin, 1 September 1983

Korban: 269 jiwa

Pesawat Korean Air Lines dari New York, Amerika Serikat (AS) menuju Seoul, Korea Selatan (Korsel) dengan transit di Anchorage, Alaska, ditembak jatuh pesawat-pesawat tempur Uni Soviet. Akibat kesalahan sistem navigasi, penerbangan dari Anchorage menuju Seoul ini menyimpang sedikit ke Utara, wilayah udara Uni Soviet, dekat Pulau Sakhalin di Pasifik Utara. Setelah menyadari masuk ke jalur salah, pilot berusaha mengembalikan pesawat ke jalur benar. Namun terlambat, radar Soviet telanjur mengira pesawat Korean Airlines 007 tersebut pesawat mata-mata AS. Soviet pun mengirim beberapa pesawat Sukhoi Su-15 untuk menembaknya, menewaskan seluruh penumpang sipil yang tak berdosa. Tragis!

Dikutip dengan perubahan dari: http://garutnews.com/sepuluh-tragedi-pesawat-paling-mematikan-di-dunia.html

No comments:

Post a Comment