Sunday, April 21, 2013

10 STASIUN KERETA TERINDAH DI DUNIA

 201108-w-beautifultrainstation-chhatrapati

Apa kabar para pembaca? Tak jauh dari arsitektur, kali ini aku akan membahas 10 stasiun kereta terindah di dunia. Kalau boleh curhat nih, aku adalah penggemar fanatik mode transportasi yang satu ini . Nggak tahu kenapa, menurutku naik kereta itu romantis banget. Aku paling senang kalo diajak jalan2 ke luar kota naik kereta pas aku maish kecil, Dan kecintaan itu berlanjut hingga aku dewasa. Apalagi jika stasiun keretanya sangat menakjubkan seperti stasiun2 yang ada di list ini, tambah betah pastinya.

1. Antwerp Central Station (Belgia)

antwerp

Belgia tak hanya terkenal dengan coklatnya saja, namun karena keindahan stasiun kereta di kota Antwerp. Bangunan bergaya neo-Baroque ini memang lebih mirip istana ketimbang sebuah stasiun kereta. Ketika diresmikan pada 1905 saja bangunan ini dikritik karena dinilai terlalu berlebihan. Namun tetap saja hingga kini stasiun ini menjadi warisan sejarah yang tak ternilai di Belgia.

antwerp1

station

2. Sirkeci Station (Istanbul, Turki)

sirkeci

Stasiun bergaya campuran Noveau Art khas Prancis dengan gaya Ottoman khas Islam ini berdiri pada 1890 sebagai terminal kereta Orient-Express yang menghubungkan Paris dengan Istanbul.

800px-Pénztárak_a_Nyugatiban

3. Atocha Station (Madrid, Spanyol)

item15.rendition.slideshowWideHorizontal.atocha-train-station-madrid-spain-ray-roberts-alamy

Salah satu terminal pada stasiun kereta ini memiliki ide yang sangat unik, yaitu menghadirkan sebuah taman tropis yang rimbun bak hutan di tengah2 stasiun. Namun bangunan yang dibuka tahun 1992 ini juga memiliki kenangan mengerikan ketika terjadi peristiwa pemboman pada 11 Maret 2004 yang menewaskan beberapa korban jiwa.

4. Gare du Nord (Paris, Prancis)

4-paris-gare-du-nord

Nggak heran rasanya jika kota sekelas Paris memiliki stasiun kereta seindah ini. Uniknya, tiap2 kota tujuan kereta2 yang berasal dari stasiun ini, seperti Amsterdam, Vienna, London, dll dilambangkan dengan patung2 yang dibuat khusus oleh pematung Chemin de Fer du Nord. Jika tak sempat menyambanginya, nikmati saja keindahannya lewat film “Bourne Identity”.

Tak hanya Gare du Nord, masih banyak stasiun2 indah lain di Paris, seperti Gare de Lyon.

04 Gare de Lyon train station

Dan Gare de d’Est.

Gare_de_d'Est_Paris_2007_a1

5. Grand Central Terminal (New York)

grand1

Stasiun kereta paling terkenal di dunia ini terletak di salah satu kota tersibuk di dunia, yaitu New York. Bangunan yang dibangun pada awal abad ke-20 ini memiliki gaya arsitektur Beaux-Arts dan terkenal dengan jam raksasa yang disebut “Tiffany clock”.

6. Luz Station (Sao Paulo, Brazil)

Luz Station – Brazil

Stasiun kereta terindah di Amerika Selatan ini ternyata adalah peninggalan penjajah Portugis. Selain sebagai stasiun, bangunan ini juga berfungsi ganda sebagai museum.

7. Budapest Western Station

Budapest_West_Station

Salah satu stasiun kereta terindah di dunia ini dirancang oleh August de Serres pada 1877. Uniknya, stasiun ini juga digunakan sebagai setting film Mission Impossible: Ghost Protocol pada 2011.

8. St. Pancras Station

St-Pancras-External-Shot1

St. Pancras Station terletak di jantung kota London dan menjadi salah satu stasiun terpenting di kota itu. Stasiun ini juga mendapat julukan stasiun internasional sebab menghubungkan London dengan kota2 di penjuru Eropa lainnya. Gaya Victorian Gothic-nya yang megah membuatnya menjadi lokasi syuting Harry Porter sebagai eksterior  stasiun dimana ia berangkat ke Hogwarts, walaupun interiornya tetap memakai stasiun King Cross yang menjadi lokasi asli di novelnya.

st-pancras-international-train-station

st-pancras-international

9. Toledo Train Station

458775958_2221f1023c

Stasiun kereta yang bisa dibilang menjadi stasiun terindah di Spanyol ini diarsiteki oleh Narciso Claverio dengan gaya Neo-Mudejar pada 1920. Tak heran, dekorasi di stasiun ini sangat bergaya Islam.

toledo train station interior

10. Chhatrapati Shivaji Terminus (Mumbai, India)

mumbai

Tak perlu diperdebatkan lagi bahwa bangunan ini adalah stasiun kereta terindah di dunia. Bangunan menakjubkan bergaya arsitektur campuran Victorian Gothic Revival style asal Inggris dengan gaya tradisional India ini diarsiteki oleh F.W. Stevens dan hingga kini masih digunakan oleh 3 juta kaum komuter di kota Mumbai, India.

Church in India

BONUS:

King Cross Station (London, Inggris)

item0.rendition.slideshowWideHorizontal.kings-cross-station-london-justin-kase-alamy

Salah satu stasiun terbesar dan terpenting di London ini tak hanya terkenal karena arsitekturnya yang mengagumkan, namun juga karena menjadi setting Harry Porter. Para penggemar Harry Potter tentu tak asing dengan platform 9 ¾ yang katanya akan membawa kita ke Hogwarts. Nah, baik di novel dan filmnya platform 9 ¾ terletak di stasiun ini. Bahkan di sini juga terdapat papan platform tersebut lengkap dengan kereta dorong yang digambarkan menembus dinding. Para penggemar Harry Potter yang sedang berkunjung ke London tentu wajib berfoto-foto di lokasi ini.

kingscrosscart

No comments:

Post a Comment