Saturday, February 16, 2013

9 TANGGA PALING MENAKUTKAN DI DUNIA

 

image

Kemarin aku sempat membuat postingan tentang 10 jembatan paling menakutkan di dunia. Nah, sekarang masih tentang ketinggian, aku akan membahas tentang 9 tangga paling menakutkan di dunia. Tangga-tangga ini terletak di luar ruangan (outdoor) dan kumasukkan juga beberapa jalur hiking ke dalam list ini. Yang jelas, tangga-tangga dalam list ini tak hanya menantang nyali, namun beberapa juga menantang nyawa. Ini dia daftar 9 tangga paling mencekam di dunia!

1. Stairway to Heaven (Swiss)

image

Sesuai namanya, mendaki tangga ini mungkin bisa membuat siapapun masuk surga alias “mati”. Tapi tangga yang terletak di luar sebuah gedung berton berlantai 10 di Swiss ini ternyata cuma hiasan eskterior, bukan tangga sungguhan. Jelas saja, cari mati banget kalo ada yang mau naik tangga ini, ya nggak?

2. Mount Hua (Cina)

image

Tangga ini cukup “gila” karena kemiringannya yang hampir 90 derajat alias tegak. Tangga ini hanya bisa dinaiki dengan cara berpegangan erat pada rantai di kedua sisinya. Tangga ini terletak di Mount Hua, Provinsi Shaanxi, RRC.

3. Heaven’s Gate (Cina)

image     image

Terletak di Tianmen Mountain National Park, Heaven’s Gate adalah sebuah salah satu keajaiban alam, berupa lubang raksasa di sebuah gunung yang dapat dicapai dengan menaiki 999 anak tangga. Tapi tenang, bagi yang tak terbiasa atau takut melewati anak tangga sebanyak itu, bisa menggunakan gondola yang melayang dengan kabel baja (yang sepertinya sama tidak amannya dengan naik tangga).

image

Kalau itu belum menguji nyali, silakan saja berjalan di Glass Skywalk Trail yang sesuai dengan namanya, terbuat dari kaca, sehingga kita bisa melihat ujurang di bawahnya dengan jelas.

image

4. Half Dome (Amerika Serikat)

image

Terletak di Taman Nasional Yosemite, Half’s Dome adalah puncak yang menjulang sekitar 2.700 m dari permukaan air laut. Daerah ini sama sekali tak terjamah oleh manusia saking berbahayanya, hingga pada tahun 1875, seorang pendaki bernama Goerge Anderson berhasil menaklukkan puncaknya. Kini, para pendaki dapat mengulang kesuksesan itu namun dengan melewati jalur yang sangat berbahaya. Tak sedikit pendaki yang terjatih dan tewas di tempat ini.

5. Stairs of Death (Peru)

image

Bangsa Inca dikenal sebagai penemu tangga melayang, yaitu tangga yang hanya menempel pada salah satu sisi dinding saja dan kini banyak digunakan untuk rumah bergaya minimalis. Tangga ini dinamakan “Tangga Kematian” bukan tanpa sebab. Mungkin sekilas tangga ini tak susah didaki. Namun tunggu sampai kamu tahu bahwa tangga yang terdapat di salah satu keajaiban dunia, Macchu Picchu ini menjulang di atas sebuah jurang dengan kedalaman 2 km!

6. Angels Landing (Amerika Serikat)

image

Kita tahu di list ini sesuatu dengan nama “Heaven” atau “Angel” tak mungkin berarti bagus. Lokasi yang dulu disebut Temple of Aeolus ini disebut Angel’s Landing karena dipercaya hanya malaikat yang mampu terbang yang dapat melewatinya. Jalur trek yang terletak di Zion National Park, Utah ini menjulang hingga ketinggian 1,7 km.

7. El Caminito del Rey (Spanyol)

image

Namanya berarti “The King’s Little Pathway” merujuk pada sempitnya jalur yang harus dilewati pendaki. Jalur ini terletak sekitar 106 m di atas Sungai Guadalhorce dan disebut-sebut sebagai jalur trek paling berbahaya di dunia. Bahkan, pada tahun 2000, pemerintah Spanyol sebenarnya sudah menutup lokasi ini saking berbahayanya. Namun tetap saja para pecandu adrenalin masih tergoda untuk menjajalnya.

8. Tangga di Angkor Wat (Kamboja)

image

Terletak di salah satu candi yang pantas menyandang salah satu keajaiban dunia, tangga di Angkor Wat ini memang cukup menantang nyali. Posisinya yang sangat curam harus membuat kita ekstra berhati-hati saat mendakinya.

9. Hua Shan (Cina)

image

Jalur trek yang satu ini sebenarnya merupakan kelanjutan list nomor 2 karena terletak di lokasi yang sama. Melihat fotonya saja (nggak usah datang ke sana) aja udah kerasa seremnya. Apa kalian berani melewatinya? Kalo aku sih jelas nggak berani hehehe. Tapi oom-oomnya ini pede banget, nggak pake tali pengaman lagi …

image

No comments:

Post a Comment