Saturday, May 26, 2012

LEBAY-NYA GAYA ARSITEKTUR BAROK

BAROQUE0
Gaya arsitektur baroque emang dikenal sebagai saingan beratnya gaya arsitektur gotik. Gaya arsitektur ini merupakan ciri khas arsitektur Eropa dan berjaya sejak abad ke-16. Gaya baroque pada awalnya digunakan untuk membangun gereja2, namun kemudian digunakan untuk membangun bangunan2 sekuler seperti istana. Keindahan gaya arsitektur ini memang menyilaukan mata. Kesan mewah memang mau tak mau terpancar jelas dari gaya arsitektur ini. Nah, apa beda gaya arsitektur baroque dengan gaya gothic yang pernah aku ceritain? Di sini aku akan coba membahasnya.

KEAJAIBAN ARSITEKTUR GOTIK PART 3: KEINDAHAN KACA PATRI GEREJA GOTIK

rose-windows-cc-ruipereira
Salah satu komponen penting yang membuat gereja2 gotik selalu berbalut keindahan adalah hiasan jendela kaca patrinya. Well, sebagai penutup postingan maraton bertema gotik ini, kuhadiahkan kalian koleksi gambar kaca-kaca patri dari berbagai gereja gotik di seluruh dunia.

KEAJAIBAN ARSITEKTUR GOTIK PART 2: GEREJA-GEREJA GOTIK TERINDAH DI DUNIA

vienna church
Aku pernah membuat postingan tentang gereja2 terindah di dunia yang ternyata mendapat sambutan cukup hangat dari para pembaca blog-ku (cailah). Postingan itu terus-menerus kuperbaharui karena hampir tiap kali membuka internet, aku selalu aja nemuin foto2 katedral dan gereja yang menakjubkan. Nah, postingan tentang gereja2 gotik terindah ini nggak hanya merupakan lanjutan postinganku terdahulu tentang arsitektur gotik, namun juga melengkapi postingan yang kuceritakan tadi. Walaupun judulnya gereja2 gotik terindah di dunia, namun ternyata ada juga bangunan sekuler yang kumasukkan ke postingan (soalnya keindahan arsitektur gotiknya nggak boleh dilewatin). So check this out!

KEAJAIBAN ARSITEKTUR GOTIK PART 1: CIRI KHAS GEREJA GOTIK

 
gothic 
Arsitektur gotik (atau “Gothic” buat yang lidahnya bule) adalah aliran arsitektur yang marak digunakan untuk membangun gereja pada abad pertengahan di Eropa. Arsitektur Gotik dikenal karena keindahan dan keunikannya. Indonesia juga punya bangunan bergaya gotik, yaitu Gereja Katedral Jakarta. Nah, apa saja keunikan bangunan gotik? Kali ini aku akan membuat postingan yang khusus membahas gaya arsitektur gotik. Itung2 sebagai pelampiasan karena dulu aku nggak bisa masuk jurusan arsitek pas kuliah (seneng sih sama arsitektur, tapi aku lebih mending mati daripada harus ketemu pelajaran integral lagi).

GAYA ARSITEKTUR TEMPAT-TEMPAT IBADAH DI DUNIA

dome-of-rock 
Di dunia ini terdapat banyak bangunan2 yang indah. Sebagian besar di antaranya adalah rumah2 ibadah. Sudah menjadi kecenderungan buat manusia yang beriman untuk membuat bangunan terindah sebagai rumah Tuhan-nya. Walaupun aku sendiri nggak setuju sama konsep kalo Tuhan tinggal di rumah2 ibadah itu, tapi tetap aku mengagumi keindahan arsitektur bangunan2 tersebut. Dalam postingan kali ini aku akan menulis tentang perkembangan gaya-gaya arsitektur tempat-tempat ibadah di dunia, tak luput di dalamnya adalah gereja dan masjid.

RADYA PUSTAKA, MUSEUM TERTUA DI INDONESIA

100_0064
Museum??? Tumben banget aku maen ke museum hehehe. Bagi sebagian besar backpacker, mungkin museum adalah tempat terakhir yang ada dalam list harus dikunjungi. Tapi karena museum ini ada di Solo, kayaknya malu2in kalo aku yang orang lokal belum pernah ngunjungin museum ini. Terakhir kali aku ke museum Radya Pustaka adalah saat aku masih SMP (itupun karena terpaksa gara2 ada tugas sekolah). Maka sehabis dari kunjunganku dari Keraton Mangkunegaran, akupun menyempatkan waktuku mampir di museum ini.

KERATON MANGKUNEGARAN: ISTANA EROPA YANG NYASAR DI JAWA

 

100_0481

Solo punya dua keraton yang ciamik banget, yaitu Keraton Kasunanan dan Keraton Mangkunegaran. Keraton Kasunanan terkenal karena sejarahnya yang panjang dan kemistisannya, sementara Keraton Mangkunegaran terkenal karena keindahan arsitekturnya. Kali ini aku menyambangi Keraton Mangkunegaran yang jaraknya hanya beberapa langkah dari rumahku. Dan harus kuakui, kunjunganku ini sama sekali nggak mengecewakan (walaupun ada beberapa tempat yang nggak dibolehin difoto).

Saturday, May 19, 2012

TAMAN SRIWEDARI YANG PENUH NESTAPA

Foto4869
Sriwedari adalah sebuah taman di kota Solo. Tempat ini menyimpan sejarah, sebab berdiri sejak tahun 1877 pada masa pemerintahan Sultan Paku Buwono X yang memerintah Solo waktu itu. Taman ini disebut juga “Kebon Rojo” dan dinamai sesuai nama taman menurut mitologi pewayangan. Di Sriwedari juga-lah PON pertama kali diadakan. Namun sayang, taman ini sekarang dalam kondisi terbengkalai.

Saturday, May 5, 2012

MENGAPA SEBAIKNYA KITA NGGAK PERCAYA TEORI “ANCIENT ALIENS”

  cropcircles3

Para pengemar misteri sekarang punya hobi baru, yaitu mempelajari teori Ancient Aliens. Yap, misteri yang satu ini emang lebih seru dan menjanjikan daripada malam2 begadang di kuburan sambil bawa kamera digital buat nangkap penampakan kuntilanak (atau lebih parah lagi, pake kamera DSLR). Sekilas, teori ini emang sangat menarik dan langsung menarik banyak pengikut (termasuk aku pada awalnya). Namun ternyata ada bahaya yang mengintai dari terlalu mempercayai teori ini.

5 RUMAH TRADISIONAL TERINDAH DI DUNIA


Pagaruyung
Sebagai pengagum arsitektur, tak bisa kupungkiri bahwa bangunan-bangunan terindah di kebanyakan adalah bangunan yang dibangun dengan kearifan lokal turun-temurun. Bukannya rumah bergaya modern minimalis nggak keren sih. Cuma rumah-rumah tradisional ini kayaknya lebih perlu dilestarikan. Inilah 5 rumah tradisional terindah dari berbagai penjuru dunia menurut versiku.

10 BANGUNAN KOLONIAL TERINDAH DI INDONESIA

 balai kota medan tempoe doeloe
Indonesia pernah dijajah Belanda selama 350 tahun. Walaupun banyak kontroversi tentang hal itu (ada yang ngomong Belanda baru menjajah kita selama 33 tahun karena Aceh baru dikuasai Belanda pada tahun 1912), namun selama kurun waktu tersebut bangsa Barat meninggalkan banyak bangunan bersejarah. Beberapa di antaranya dikenal karena keindahannya dan masih terawat hingga saat ini. Berikut ini adalah top ten bangunan kolonial tercantik di Indonesia menurut versiku.

KUIL-KUIL HINDU-BUDDHA TERINDAH DI DUNIA

2342380918-the-lost-hindu-temple-in-the-jungle-mist
Aku pernah memposting mengenai gereja2 terindah di dunia dan 10 bangunan berarsitektur Islam terindah di dunia. Nah, kali ini aku akan memenuhi janjiku untuk menyajikan kuil-kuil Hindu Buddha terindah di dunia. Ini dia!

CANDI MANGKUBUMEN: SEJARAH YANG TERLUPAKAN

Foto4538
Aku sempat tertegun membaca artikel di blog tarabuwana yang mengatakan kalo ada peninggalan bersejarah di daerah Mangkubumen, Solo. Apaaaaaaa??? Padahal lokasi itu deket banget sama rumahku, hanya beberapa blok. Aku juga sering lewat daerah itu tiap kali aku pergi ke stadion Manahan untuk mengincar barang2 murah (soalnya ada pasar dadakan di sana tiap Minggu pagi). Kok bisa ya aku nggak tahu (padahal yang nulis blog itu aja  bukan orang Solo asli hiks). Akhirnya suatu hari aku berhasil menyambangi lokasi itu dan benar, aku menemukan candi Mangkubumen, sayangnya dalam kondisi terbengkalai.

GEREJA MISTERIUS DI SAYIDAN

 

Sewaktu tengah berjalan-jalan di Yogyakarta, aku menemukan bangunan tua ini di wilayah Sayidan. Daerah Sayidan dapat dengan mudah ditemukan dengan berjalan ke arah barat dari depan alun-alun Keraton Yogyakarta atau titik nol Yogya.

JALAN JALAN KE TAMAN SARI YOGYA

0a

Inilah nasib jadi pekerja kantoran dengan gaji pas2an. Pengennya liburan ke Bali, tapi karena bugdet minim akhirnya aku maen ke Yogyakarta yang cuma satu jam perjalanan dari hometown-ku Solo. Seperti biasa, kereta komuter Prameks (Prambanan Ekspress) yang jadi andalan. Hanya dengan tiket 10 ribu, kita bisa jalan-jalan ke Yogya. Enak kok, hampir tiap jam selalu ada keretanya yang berangkat ke Yogya.

MESIN WAKTU ITU BERNAMA VREDEBURG

0
Aku lagi doyan nih bikin judul postingan yang puitis hehehe. Dalam lawatanku ke Yogya (halah, kayak presiden aja) sehabis jalan-jalan ke Kotagede, aku sempat menyambangi Museum Benteng Vredeburg. Yogyakarta memang kaya akan sejarah. Mulai dari sejarah kerajaan Mataram Islam hingga sejarah Perang Kemerdekaan. Yogya juga dikenal pernah menjadi ibu kota RI. Nah, sejarah itu dilestarikan dalam museum benteng Vredeburg. Jujur, begitu aku memasuki kawasan Benteng Vreddy ini (julukan yang asal) aku langsung ngerasa kayak balik ke zaman kolonial. Nggak berlebihan kalo aku menyebutnya sebagai “mesin waktu”.

MENCICIPI KEEKSOTISAN KOTAGEDE

 

Foto4758

Siapa tak kenal Kotagede? Bila mendengar nama ini, yang terlintas di kepala kita pasti kerajinan peraknya. Nggak salah emang, namun Kotagede juga menyimpan banyak sejarah lho. Kotagede pernah menjadi ibu kota kerajaan Mataram Islam. Selain itu, ada banyak bangunan2 tua baik yang ber-arsitektur khas Jawa ataupun campuran Jawa-Kolonial. Tempat ini pas banget buat jadi tujuan backpacking ke Yogya. Selain itu, tak ada salahnya jika kalian berziarah ke makam para pendiri Mataram Islam dan menapaki jejak-jejak kejayaan Mataram Islam.

STASIUN SOLOJEBRES YANG MEMUKAU

 

Foto4673

Di Solo ada 4 stasiun besar dan lumayan tua, yaitu stasiun Purwosari (1875), stasiun Jebres (1885), stasiun Solobalapan (1910), dan stasiun Sangkrah (1922). Dari keempat stasiun itu (yang semuanya terletak di tengah kota), stasiun Jebres adalah yang paling unik, sebab memiliki gaya arsitektur kolonial yang indah.

12 LAGU TERGALAU VAMPIRE DIARIES SEASON 2

vampire diaries
Emang nggak ada abisnya kalo kita ngomongin musik di serial Vampire Diaries. Aku pernah membuat postingan tentang soundtrack Vampire Diaries season 1. Postingan ini adalah lanjutan dari postinganku terdahulu. Buat kalian yang mau download lagu-lagunya, ini aku kasih link list lagu Vampire Diaries season 2 lengkap. Tapi buat kalian yang demen sama lagu-lagu galau, kali ini aku akan milihin 12 lagu tergalau yang pernah nongol di Vampire Diaries season 2. Tak lupa aku kasih link download-nya. Cekidot!