Saturday, December 8, 2012

10 KOTA PESISIR TERINDAH DI DUNIA

 

1351349532_1099_New York City

Kota pesisir atau disebut “waterfront” merupakan kota yang sengaja didirikan di tepi laut. Tentunya pertama-tama kota waterfront dibangun sebagai kota pelabuhan. Namun dalam perkembangannya kota waterfront mengalami kemajuan sangat pesat menjadi kota metropolitan, namun dengan pemandangan lautan yang biru. Selain itu kota waterfront juga memiliki ciri khas gedung-gedungnya dibuat menghadap ke laut. Wah, terbayang nggak sih keindahan panorama yang terlihat dari jendela-jendela apartemen di kota waterfront ini? Nah, inilah 10 kota waterfront terindah di dunia!

10. Miami

miabeach

Mendengar nama kota ini, pasti yang terbayang adalah kesan “seksi”. Berbeda dengan kota-kota lainnya di Amerika Serikat yang memiliki empat musim, kota Miami yang terletak di negara bagian Florida ini memang beriklim tropis. Matahari yang bersinar sepanjang tahun serta keindahan pantainya merupakan magnet yang menarik para penduduk Amerika berbondong-bondong membeli properti di kota ini. Kota ini merupakan sedikit tempat dimana gedung-gedung apartemen bertingkat bisa beradu dengan birunya lautan lepas. Nggak heran, kota ini dijadikan setting serial CSI.

http://www.dreamstime.com/-image11969050

9. New York

statue-of-liberty-new-york

Kota yang satu ini memang lebih terkenal berkat Hollywood. Tak terbilang berapa banyak film Box Office yang bersetting di kota ini, bahkan film-film superhero pun wajib menampilkan adegan pertempuran di tengah pencakar-pencakar langit di kota terbesar di dunia ini. Kota yang dijuluki Big Apple ini termasuk kota waterfront, dengan patung Liberty yang menambah panorama dramatis di tepi laut.

new-york

8. Hong Kong

350px-StarFerry_IslandSkyline

Satu-satunya wakil Asia di list ini, kota Hong Kong merupakan salah satu kota metropolitan termaju di dunia. Bahkan, ada lebih banyak gedung pencakar langit di kota ini daripada di New York. Hong Kong juga dikenal karena pemandangan tepi lautnya yang dramatis, apalagi ketika pertunjukan cahaya yang selalu diadakan tiap malam.

hong_kong2

7. Barcelona

Barcelona-Bogatell-Beach-with-Barcelona-Flats

Kota terindah di Spanyol ini tak hanya menawarkan bangunan-bangunan tuanya yang memiliki arsitektur menakjubkan, namun juga keindahan pantai-pantainya di tepi laut Mediterania yang berpasir putih. Barcelona mulai dirombak menjadi salah satu kota waterfront terindah di dunia setelah penyelenggaraan Olimpiade 1992 di kota ini.

barcelona

6. Honolulu

view-from-our-room

Letak Hawaii yang jauh dari daratan Amerika tidak membuatnya tertinggal, namun justru diincar sebagai salah satu kota yang propertinya wajib dimiliki. Mendengar kata Hawaii pastilah yang terbayang adalah keindahan pantai dan laut birunya. Kini, Honolulu telah berkembang menjadi kota metropolitan dengan gedung-gedung pencakar langit. Andalannya tentu saja pantai Waikiki yang menarik para peselancar dari seluruh dunia.

positive-inside-oahu-honolulu-skyline-daemmerung-800

5. Sydney

sydney_harbour

Kota paling terkenal di Australia ini tak hanya terkenal dengan Gedung Opera Sydney saja, namun juga karena keindahan pantainya. Tercatat ada Pantai Bondi yang merupakan tujuan wisata favorit para warga Australia.

Opera-House-of-Sidney

sydney_harbor_at_dusk_australia

4. Chicago

Chicago_illinois i ore

Kalo kota-kota waterfront lain terletak di tepi laut, maka kota Chicago yang dijuluki “The Windy City” ini terletak di tepi salah satu danau terbesar di dunia, yaitu Danau Michigan. Salah satu kota metropolitan termaju di Amerika ini juga menampilkan pemandangan spektakuler saat malam dari lampu-lampu gedung pencakar langitnya.

Chicago4

3. Santorini

3782013093_e7f52df0fe_thumb

Berbeda dengan kota-kota lainnya di list ini yang merupakan kota metropolitan, kota ini merupakan sebuah kota kuno dengan pemandangan unik. Hampir semua bangunan di desa ini berdiri di batu karang dan dicat putih, menampilkan gradasi menakjubkan dari warna putih ke warna biru lautan.

santorini_main

2. Venice

Venice_2338357b

Kota Venice atau Venesia ini merupakan salah satu kota terunik di dunia, sebab dibangun di atas air. Hingga kini, satu-satunya mode transportasi yang ada di kota ini hanyalah perahu (gondola). Kota yang sudah ada sejak ada zaman Romawi ini juga sering dikait-kaitkan dengan legenda dewa Poseidon, penguasa lautan.

expert-venice_2256043b

1. Rio de Janeiro

Di posisi pamungkas list ini kupersembahkan kota waterfront yang menurutku terindah di dunia, yaitu Rio de Janeiro. Melihat pemandangan pantainya, sudah jelas mengapa kota ini layak mendapat predikat kota waterfront paling menakjubkan di dunia. Keindahan teluknya dengan air biru dan batu karangnya yang bak di negeri mimpi masih ditambah lagi dengan budaya “samba” dari kota paling terkenal di Amerika Selatan ini membuat jutaan turis mendatanginya tiap tahun.

rio-de-janeiro

No comments:

Post a Comment