Wednesday, December 26, 2012

10 KAPEL TERINDAH DI DUNIA

 
st-chapelle2-21
Kapel adalah istilah bagi sebuah gereja kecil yang berada di sebuah kompleks bangunan, misalnya seminari (sekolah pastur) hingga bangunan-bangunan sekuler seperti sekolah, universitas, rumah sakit, penjara, istana, hingga kapal. Tujuan kapel adalah tempat beribadah bila para umatnya tidak sempat ke gereja karena alasan jarak atau terisolasi (seperti misalnya di asrama). Alasan lainnya agar dapat beribadah secara pribadi dengan tenang, sebab ukuran kapel yang kecil hanya bisa menampung sedikit umat saja. Namun ukuran kapel yang kecil bukan berarti kapel tidak boleh dibuat seindah bangunan gereja lho. Berikut ini adalah beberapa kapel paling indah dari berbagai penjuru dunia.

1. Sistine Chapel (Vatikan)
 Sistine-Chapel2    
Kapel ini terletak di jantung Basilika St. Petrus Vatikan. Gereja terbesar sekaligus terindah di dunia. Kapel ini terkenal sebagai tempat dilaksanakannya pemilihan paus, pemimpi tertinggi umat Katolik sedunia. Kapel ini mulai dibangun pada abad ke-15 dan menyimpan koleksi lukisan karya Michaelangelo, salah satunya yang paling terkenal adalah “The Creation of Adam”
800px-Creacin_de_Adn_(Miguel_ngel)
Hands_of_God_and_Adam
2. Palatine Chapel (Sicily, Italia)
Chapelle_Palatine
Kapel ini terletak di Palacio Reale di Pallermo, selatan Italia. Pembangunan kapel ini atas perintah Raja Roger II pada tahun 1132. Uniknya, gereja bergaya Byzantine ini memiliki banyak ornamen bergaya Islam. Misalnya saja bintang bersegi delapan yang merupakan dekorasi khas Islam di gereja ini membentuk sebuah salib. Keindahan kapel ini juga terletak pada langit-langitnya yang dihiasi muqarnas, bangunan serupa sarang lebah yang juga ditemukan pada arsitektur Islam.
15395037-internal-view-of-the-palatine-chapel-of-palermo-in-sicily
Palermo,_Palatine_Chapel,_Detail_of_the_Ceiling
Palatine-Chapel-Capella-Palatina-Pictures-Images-Photos-PWP55403
3. Saint Chapelle (Paris, Prancis)
PI42855-hr
Kapel ini dijuluki sebagai “jewel box” atau kotak permata karena keindahan interironya. Kapel ini memang menjadi rumah bagi koleksi kaca-kaca patri terindah di dunia. Kapel ini merupakan kapel pribadi raja Prancis dan berdiri sejak 1239-1248.
457px-Saintechapelle7b
Sainte-Chapelle-Interior
4. St. Goerge Chapel (Inggris)
800px-St._Georges_Chapel,_Windsor_Castle_(1)
Jika Saint Chapelle digunakan oleh para raja Prancis, maka St. Goerge Chapel ini digunakan oleh para raja Inggris. Kapel yang dibangun pada abad ke-14 ini terdapat di dalam Windsor Castle dan uniknya digunakan para pangeran dan putri Inggris yang mendapatkan jodoh yang bukan berdarah biru. Terakhir adalah pernikahan Pangeran Charles, duda Lady Diana dengan Camilla Parker Bowles.
HDR tonemapped
51388
5. Heinz Memorial Chapel (Pittsburgh, AS)
Heinz Chapel in Fall
Kapel bergaya gotik ini terletak dalam kompleks Universitas Pittsburgh dan dibangun pada 1914 dengan dana hibah dari seorang dermawan bernama Henry John Heinz.
450px-HeinzChapelPittsummer
6. Standford Memorial Church (California, AS)
Stanford_Memorial_Church_facade_-_Stanford_University_Palo_Alto_California
Gereja yang dibangun di kawasan kampus elite Stanford University ini dibangun pada tahun 1903. Sayang menaranya runtuh ketika gempa meluluhlantakkan California tahun 1906. Gereja bergaya Byzantine ini terkenal karena lukisan-lukisannya yang mengagumkan.
Stanford Memorial Church
7. Clementine Chapel (Vatican)
Clementine Chapel-ceiling-Grottoes
Kapel indah ini terdapat di dasar basilika St. Petrus dan merupakan lokasi yang snagat penting, sebab di sini tersimpan jenazah dari St. Petrus. Kapel ini dikonsekrasi oleh Paus Calixtus II pada 1123 dan dinamai Kapel Clementine untuk menghormati Paus Clement II yang berjasa atas pembangunan kapel ini.
8. Rosslyn Chapel (Roslin, Skotlandia)
rosslyn-chapel
Kapel ini merupakan kapel yang menyimpan sejuta misteri. Yang sudah menyaksikan film “Da Vinci Code” mungkin mengingatnya sebagai gereja kecil yang muncul pada konklusi film kontroversial tersebut. Di sini terdapat lambang-lambang misterius yang kerap dikaitkan dengan Ksatria Templar hingga organisasi terlarang “Freemason”. Kapel ini juga memiliki ruang bawah tanah yang selalu terkunci selama berabad-abad yang membuat banyak orang berspekulasi di dalamnya disembunyikan Holy Grail. Tak hanya itu, keluarga Sinclair, pendiri kapel ini disebut-sebut sebagai keturunan langsung dari Yesus Kristus oleh pencinta teori konspirasi.
image
image
9. Thorncrown Chapel (Arkansas, AS)
thorncrown2
Kapel yang terletak di tengah hutan Eureka Springs, Arkansas ini tak hanya memukau, namun juga ramah lingkungan. Bahan-bahan untuk membuat gereja ini merupakan bahan-bahan alami yang terdapat di sekitar lokasi kapel ini. Tak heran gereja yang dibangun pada tahun 1980 ini banyak mendapat penghargaan, sebab diarsiteki oleh E. Fay Jones, salah satu murid arsitek kenamaan, Frank Llyod Wright.
10. Chapel of The Holy Cross (Sedona, Amerika Serikat)
201003-w-strangeplaces-holycross
Keunikan kapel ini tentu adalah letaknya yang terukir di sebuah tebing cadas di tengah teriknya gurun Arizona. Gereja ini selesai dibangun pada 1956.
 BONUS
Fred W. Symms Chapel (Amerika Serikat)
pretty_place_chapel_by_lvlwing-d37dfak
Keondahan gereja ini bukan terletak pada arsitekturnya, namun justru dari letaknya. Kapel di Cedar Mountain ini menawarkan pemandangan indah tiada duanya, terutama saat fajar dan senja.








































No comments:

Post a Comment