Monday, December 24, 2012

10 JEMBATAN PALING MENAKUTKAN DI DUNIA

B66X3B

Pernah mendengar kata “gephyrofobia”? Itu adalah istilah bagi fobia terhadap jembatan. Yap, penderitanya akan sangat ketakutan apabila melintasi jembatan manapun. Namun apabila jembatannya seperti yang ada di list ini, siapapun juga pasti akan ketakutan. Soalnya jembatan-jembatan ini benar-benar menantang nyali siapapun yang melewatinya. Siap-siap saja menemui 10 jembatan paling menakutkan di dunia.

1. Royal Gorge Bridge (Colorado, AS)

Scan 8

Pemandangan yang terlihat dari jembatan suspensi tertinggi di Amerika ini mungkin terlihat menakjubkan bagi banyak orang. Namun begitu melihat ke bawah, tak banyak orang yang bernyali melewatinya. Jembatan yang dibangun pada 1929 ini memiliki ketinggian hingga 90 lantai dari Sungai Arkansas yang mengalir di bawahnya.

2. Trift Suspension Bridge (Swiss)

BNJPXN

Tak akan ada yang menolak apabila diajak menikmati keindahan Pegunungan Alpen di Swiss. Namun jika harus melewati jembatan seperti ini, mungkin semua orang akan berpikir dua kali. Jembatan sepanjang 170 m ini dibangun pada 2004 sebagai satu-satunya jalan menuju Trift Glacier. Kabel-kabel tambahan untuk menambah kestabilan jembatan ini dipasang pada 2009 dan menjadikan jembatan ini benar-benar aman, namun tetap saja akan memacu adrenalin untuk melewatinya.

3. Capilano Suspension Bridge (Canada)

201009-w-bridges-capilano

Merentang di atas Sungai Capilano, jembatan ini mungkin adalah jembatan paling menakutkan di bumi. Hanya terbuat dari kayu, sangat tinggi dan sempit, serta sering bergoyang-goyang. Jembatan ini dibangun sejak tahun 1889 dan kini diperkuat dengan tali baja.

4. Puente de Ojuela (Mexico)

201009-w-bridges-ojuela

Jembatan ini tak hanya menakutkan karena ketinggiannya, namun juga karena lebarnya yang hanya setengah meter dan lantai kayu yang seringkali berdecit bila diinjak. Bila itu belum membuat anda eketakutan, jembatan ini akan membawa anda ke Ojuela, sebuah kota hantu di Mexico.

5. Monkey Bridge (Vietnam)

201009-w-bridges-monkey

Karena hanya terdiri dari pijakan berupa satu batang bambu, konon hanya monyet yang bisa melewatinya. Jadi jangan bangga-bangga amat jika anda berhasil melewatinya. Butuh keseimbangan ekstra bila ingin melintasinya agar tidak terjatuh ke sungai di bawahnya. Jembatan seperti ini banyak terdapat di sepanjang Sungai Mekong, Vitenam.

6. Sidu River Brigde

201009-w-bridges-sidu

Menjulang hampir setengah kilometer di atas dasar lembah di bawahnya, jembatan ini adalah salah satu jembatan suspensi tertinggi di dunia. Bahkan, menara Pearl Oriental Shanghai saja (gambar di bawah ini) mampu muat di bawahnya.

China-Shanghai-Oriental-Pearl-Tower-2

7. Deception Pass Bridge (Washington, AS)

BGBTAH

Tak hanya ketinggiannya yang membuat jembatan ini menakutkan, namun juga kabut yang seringkali turun dan membatasi pandangan. Ada jalur khusus pedestrian juga di jembatan ini yang pastinya juga menantang nyali. 

8. Canopy Walk (Ghana)

Walkway in rain forest

Salah satu daya tarik Taman Nasional Kakum di Ghana adalah jembatan kayu yang memiliki pemandangan hutan tropis yang mengagumkan. Namun bersiap-siaplah untuk terpacu adrenalinnya sebab anda harus berjalan 30 m di atas tanah di jembatan sepanjang 300 m ini.

9. Millau Viaduct Bridge (Prancis)

image

Melihat awan di bawah anda saat naik pesawat terbang itu sudah biasa. Namun melihat awan di bawah anda saat mengendarai mobil? Mungkin bakal membuat nyali kita ciut. Jembatan modern ini adalah jembatan tertinggi di dunia saat ini dengan ketinggian melebihi menara Eiffel.

10. Bay Bridge (Maryland, AS)

A90GJG
Tak banyak orang yang bernyali untuk melintasi kendaraan ini. Bahkan pemerintah setempat menyediakan sopir untuk membawa kendaraan anda apabila anda terlalu takut untuk melintasi jembatan ini....gratis! Saking panjangnya jembatan ini, anda bahkan takkan bisa lagi melihat daratan ketika berada di tengah jembatan sepanjang 8 km ini.

BONUS

Grand Canyon Skywalk (AS)

C28GK6

Ini memang bukan jembatan, tapi cukup menguji nyali untuk berjalan di bawahnya. Tak hanya dek observasi ini dibangun di atas ketinggian jurang Grand Canyon (jelas takkan ada yang bisa selamat jika jatuh ke bawah), namun juga lantainya terbuat dari kaca!

No comments:

Post a Comment