Saturday, December 8, 2012

10 GEREJA PALING MANTAP DI PERANCIS

 

NotreDameParis

Prancis emang romantisnya minta ampun, ditambah lagi ada gereja-gereja berastitektur gotik di seluruh penjuru negerinya. Prancis dikenal memiliki beberapa gereja terbaik dan terindah di Eropa, bahkan di dunia. Banyak di antaranya berada di Paris, sementara yang lainnya tersebar di beberapa daerah di Prancis. Berikut ini list 10 gereja terindah di Prancis.

1. Katedral Notre Dame (Paris)

3879012653_9ab0c6aafd

Gereja ini tak hanya menjadi gereja paling terkenal di Prancis, namun juga di seluruh dunia. Pembangunan katedral ini memakan waktu 200 tahun mulai dari 1163 hingga 1345. Gereja ini takkan populer seperti sekarang jika bukan karena novel “The Hunchback of Notre Dame” karya Victor Hugo yang diterbitkan 1831.

notre-dame-paris

2. Basilika Sacre Cour (Paris)

the-Sacred-Heart-Basilica-in-Paris

Bangunan gereja ini dibangun di Montmartre, yaitu bukit yang menjadi titik tertinggi di Paris sehingga keindahannya terlihat dari semua penjuru Paris. Gereja yang dibangun pada tahun 1875-1914 ini memiliki gaya arsitektur Roman-Byzantine. Tapi kalo dilihat sekilas mirip masjid ya?

sacred-heart-basilica-paris-france2a

3. Pantheon (Paris)

image

Pantheon dulunya adalah sebuah gereja yang didedikasikan bagi St. Genevieve dan dibangun oleh raja Louis pada tahun 1758. Bangunan bergaya neoklasik ini kemudian dialihfungsikan menjadi mausoleum (makam) bagi tokoh-tokoh terkenal Prancis sejak tahun 1791. Beberapa tokoh penting yang dimakamkan di sini adalah Voaltaire, Rousseau, Victor Hugo, Marie Curie, hingga Louis Braille. Pada tahun 1851, seorang fisikawan terkenal, Leon Foucoult mendemonstrasikan percobaan bandul Foucoult-nya yang terkenal di sini untuk membuktikan bahwa bumi berotasi.

400px-Intérieur_du_Panthéon

4. Saint Chapelle (Paris)

K2852410.7F

Saint Chapelle atau Kapel Suci ini dulunya merupakan gereja pribadi Raja Louis IX yang terletak di samping istananya, Ille de la Cite. Namun sayangnya gereja yang dibangun pada abad ke-13 ini mengalami kerusakan sangat parah selama Revolusi Prancis dan baru direstorasi pada abad ke-19. Kini, gereja ini terkenal karena keindahan kaca patrinya yang luar biasa.

302px-Sainte_Chapelle_-_Upper_level_1

5. Katedral Chartres (Chartres)

Chartres-Cathedral

Katedral Chartres terletak di kota Chartres, sekitar 80 km barat daya Paris. Gereja yang dibangun antara tahun 1194-1250 lebih dikenal karena keindahan kaca patrinya. Uniknya, kedua menaranya ternyata dibuat asimetris, yang satu memiliki tinggi 105 m, sedangkan satunya 113 m.

chartres7

6. Katedral Reims (Reims)

2009_3_3_70277_8870277

Katedral yang menjadi destinasi turis paling terkenal di wilayah Champagne, Prancis ini merupakan tempat penobatan raja-raja Prancis. Gereja bergaya gotik ini dibangun pada tahun 1210 dan di depannya terdapat patung St. Joan of Arc, seorang tokoh ksatria wanita legendaris yang terkenal di Prancis.

Reims Cathedral 2

4

7. Katedral St. Denis (Paris)

450px-Saint-Denis_-_Basilique_-_Extérieur_façade_ouest

Katedral ini berperan penting dalam sejarah arsitektur Eropa, sebab inilah gereja gotik pertama yang pernah dibangun. Gereja ini dibangun pada abad ke-13 oleh seorang biarawan bernama Suger.

Gereja ini merupakan makam St. Denis, tokoh yang menyebarkan agama Katolik pertama kali di Prancis. St. Denis sendiri dihukum mati di Montmartre oleh para penguasa yang marah pada agama yang disebarkan St. Denis. Konon, setelah dipenggal, St. Denis bangkit kembali dan memungut kepalanya yang terpenggal, lalu berjalan menuju daerah dimana gereja ini kemudian dibangun untuk menunjukkan dimana ia ingin dimakamkan.

Gereja ini dianggap penting hingga semua raja Prancis dari abad 10-18 dimakamkan di tempat ini, termasuk Raja Louis XIV dan Marie Antoinette yang digulingkan pada Revolusi Prancis.

681x454

8. Katedral Amiens (Amiens)

450px-Cathedral_of_Amiens_front

Katedral ini terletak di kota Amiens di wilayah Picardy, sekitar 120 km sebelah utara Paris. Katedral ini dibangun pada 1220-1270. Walaupun gereja ini kini berwarna putih seluruhnya, namun penelitian dengan sinar laser berhasil membuktikan bahwa dulunya bagian fasad gereja ini dicat warna-warni. Untuk mengembalikan suasana seperti apa warna gereja ini dulu, gereja ini disinari dengan cahaya warna-warni tiap musim panas, Natal, dan tahun baru.

9. Katedral Marseilles (Marseilles)

RF-Architecture-Domes-Marseilles-Cathedral-MLE026

Gereja ini awalnya sudah ada sejak abad ke-5, namun pada 1852-1896 dibangunlah katedral baru yang lebih megah dengan gaya campuran Byzantine dan Romawi klasik.

marseille_cathedral_interior_by_saladdin-d3csv17

10. Katedral Rouen (Rouen)

Nom du fichier : DSCN0013.JPG<br />Taille du fichier : 1.6 Mo (1632487 octets)<br />Date : 2004/03/01 16:54:01<br />Taille de l'image : 2560 x 1920 pixels<br />Résolution : 300 x 300 ppp<br />Profondeur en bits : 8 bits/canal<br />Attribut de protection : Désactivé<br />Attribut Masqué : Désactivé<br />ID de l'appareil : N/A<br />Appareil : E5000<br />Mode de qualité : FINE<br />Mode de mesure : Multizones<br />Mode d'exposition : Programme Auto<br />Speed Light : Non<br />Distance Focale : 7.1 mm<br />Vitesse d'obturation : 1/327.8 seconde<br />Ouverture : F5.6<br />Correction d'exposition : 0 IL<br />Balance des blancs : Lumière du Jour<br />Objectif : Intégré<br />Mode Synchro-Flash : N/A<br />Différence d'exposition : N/A<br />Programme Décalable : N/A<br />Sensibilité : Auto<br />Renforcement de la netteté : Auto<br />Type d'image : Couleur<br />Mode Couleur : N/A<br />Saturation : N/A<br />Contrôle Saturation : 0 Normal<br />Compensation des tons : Auto<br />Latitude (GPS) : N/A<br />Longitude (GPS) : N/A<br />Altitude (GPS) : N/A

Gereja ini sebenarnya sudah ada sejak abad ke-4, namun kemudian hancur ketika terjadi penyerbuan oleh bangsa Viking pada abad ke-9. Baru pada abad ke-12 dan direnovasi dengan gaya Renaissance pada abad ke-16. Uniknya gereja ini sempat menjadi bangunan tertinggi di dunia pada tahun 1876-1880. Gereja ini juga menjadi makam Richard the Lionheart.

towers-ccc-allie-caulfield-p

cathedral_rouen

 

BONUS

Les Invalides (Paris)

5708481_f260

Les Invalides adalah sebuah kompleks bangunan yang kini digunakan sebagai museum dan monumen sejarah Prancis. Namun dulunya ini adalah rumah sakit yang dibangun oleh Raja Louis XIV pada 1670. Bagian utamanya adalah bangunan berkubah yang sebenarnya adalah kapel bernama Kapel Saint Louis de Invalides. Di bawah kubah ini kini dimakamkan tokoh sejarah Prancis yang paling terkenal, Napoleon Bonaparte.

Kaminesky-Blog-Paris-Saint-Louis-des-Invalides

596px-Paris_-_Plafond_du_dôme_des_Invalides

1 comment: