Saturday, December 8, 2012

10 GEREJA PALING MANTAP DI INGGRIS

 

image

Hai para pecinta arsitektur gereja! Setelah sempat membahas 10 gereja paling mantap di Cina, Amerika, dan Prancis, kali ini akan membahas 10 gereja terindah di Inggris. Well, gereja-gereja di Inggris ternyata punya ciri khas, misalnya gereja gotiknya umumnya tidak memiliki spire (atap menara yang rincing), namun ujung menaranya biasanya datar2 aja mirip gedung pencakar langit. Gereja gotik Inggris juga jarang yang memiliki rose window. Beberapa gereja di Inggris juga pernah memecahkan rekor sebagai gereja tertinggi hingga terbesar di dunia lho. Nah, kalau kalian berkunjung ke Inggris, tak ada salahnya kalian menyempatkan diri mengagumi keindahan gereja-gereja ini. Ini dia list 10 gereja paling mantap di Inggris.

1. Westminster Abbey (London)

image

Gereja ini mungkin tak menyandang gelar katedral seperti gereja-gereja lainnya di list ini, tapi gereja ini adalah gereja paling terkenal di Inggris. Kalian mungkin masih ingat pada tahun 2011 diadakan royal wedding antara Pangeran William dan Kate Middleton di gereja ini. Pertama kali dibangun pada 624, gereja ini dibangun kembali dengan gaya gotik pada abad ke-11. Gereja ini sengaja dirancang sebagai ‘royal burial’ atau tempat pemakaman para raja-ratu dan tokoh-tokoh penting. Tercatat ada nama Charles Dickens, Charles Darwin, Ernest Rutherford, JJ Thomson, hingga Isaac Newton dimakamkan di sini.

2. Katedral Canterbury (Canterbury)

Canterbury_Cathedral_02

Katedral ini dianggap sebagai salah satu gereja tertua dan bersejarah di Inggris. Pertama kali didirikan pada tahun 597, gereja ini kemudian direnovasi habis-habisan dengan gaya gotik setelah terjadi kebakaran pada tahun 1174.

3. Katedral St. Phillip (Birmingham)

738px-Birmingham_St_Philip's_Cathedral

Katedral yang dibangun pada abad ke-18 ini memiliki berbagai keunikan. misalnya ini adalah salah satu katedral terkecil di Inggris dan justru memiliki gaya arsitektur ala Italia. Namun ukuran katedral yang kecil ini diimbangi dengan keanggunan gaya arsitektur baroknya.

4. Katedral Lichfield (Lichfield)

image

Katedral ini merupakan satu-satunya gereja gotik di Inggris yang memiliki tiga menara beratap runcing (secara gereja dengan “spire” sangat jarang dijumpai di Inggris). Gereja di lokasi ini pertama dibangun pada tahun 700 dan direnovasi menjadi katedral gotik megah baru pada tahun 1195.

image

5. Katedral Lincoln (LIncoln)

800px-Main_front_of_Lincoln_Cathedral,_2009

Katedral yang dibangun pada tahun 1088 ini pernah menyandang gelar sebagai bangunan tertinggi di dunia mengalahkan piramida Giza (yang menjadi bangunan tertinggi di dunia selama 4,5 milenium). Gereja ini juga pernah menjadi lokasi syuting Da Vinci Code.

6. Katedral Salisbury (Salisbury)

image

Katedral ini masa pembangunannya cukup singkat, hanya 28 tahun mulai dari 1220-1258. Secara yang namanya gereja gotik, apalagi katedral, biasanya memakan waktu ratusan tahun (misalnya saja Katedral Milan di Italia yang pembangunannya  memerlukan waktu 600 tahun). Gereja ini juga konon menyimpan jam tertua di dunia.

7. Katedral Wells (Wells) 

image    image

Gereja ini dikenal sebagai gereja Inggris paling “puitis” karena kerumitan detailnya. Gereja ini pertama kali dibangun pada 705 dan direnovasi ke bentuknya sekarang pada abad ke-10. Gereja ini juga menjadi lokasi syuting “Elizabeth: The Golden Age” hingga serial “Pillars of The Earth”.

image

8. Katedral Southwell (Southwell)

600px-Southwell_minster1

Gereja ini pertama kali dibangun 627 dan direnovasi dengan bentuk bangunan seperti sekarang ini baru pada tahun 1234. Katedral ini merupakan satu-satunya di Inggris yang memiliki atap menara berbentuk piramida.

9. York Minster (York)

image

Salah satu gereja terbesar di Inggris ini dibangun pada tahun 627 dan direnovasi ke gaya gotik pada pertengahan abad ke-12. Saking besarnya gereja ini, bahkan jendelanya saja ada yang seukuran lapangan tenis!

image

DSC_0165

image

321467750_2d440d55ae

10. Katedral St. Paul (London)

image

Katedral terpenting di Inggris ini memiliki sejarah panjang. Gereja ini awalnya dibangun pada tahun 604 dan kemudian direnovasi menjadi bergaya gotik pada abad ke-11. Katedral gotik yang pembangunannya memakan waktu 200 tahun itu bahkan sempat menjadi bangunan tertinggi di dunia. Sayangnya, katedral tersebut musnah dilalap api saat kebakaran hebat yang menimpa London pada tahun 1666.

Katedral yang baru kemudian dibangun dan selesai pada 1697, kali ini bergaya barok dengan sebuah kubah di pusatnya. Katedral ini sempat menjadi saksi sejarah panjang Inggris, mulai dari pemakaman Winston Churcill hingga pernikahan Lady Diana. Gereja ini juga menjadi peristirahatan terakhir Alexander Flemming, sang penemu antibiotik penisilin.

026-StPaulsCathedralSouth     026-StPaulsClockTower

BONUS:

Liverpool Metropolitan Cathedral (Liverpool)

800px-Liverpool_Metropolitan_Cathedral_at_dusk_(reduced_grain),_corrected_perspective

Katedral ini merupakan salah satu dari dua katedral megah di kota Liverpool. Katedral baru ini dibangun dengan gaya modern pada tahun 1962 untuk mengakomodasi jumlah penduduk beragama Katolik yang terus meningkat di kota tersebut.

2908331634_7676a656a1

No comments:

Post a Comment