Friday, December 7, 2012

10 GEREJA PALING MANTAP DI AMERIKA SERIKAT

 

St Patricks Cathedral

Negara2 Barat yang mayoritas penduduknya beragama Kristen memang memiliki gereja-gereja megah dengan gaya arsitektur yang indah. Sama halnya dengan di Amerika Serikat. Uniknya, agama Kristen di Amerika ini sangat beraneka ragam, misalnya Katolik, Protestan, hingga Mormon. Nah, kali ini akan kuperkenalkan 10 gereja paling indah di Amerika.

1. Katedral St. Patrick (New York)

new-york-st-patricks-cathedral-new-york-city-nycfth1

Katedral Katolik bergaya Neo-Gothic ini memang berbeda dengan katedral-katedral gotik lainnya karena detail dan dekorasinya yang sangat rumit. Gereja hasil rancangan James Renwick Jr. dan William Rodrigue ini dibangun pada 1851-1879, namun menaranya baru selesai pada tahun 1888. Gereja ini juga terlihat sekilas di film Spiderman yang pertama.

800px-St_Patrick's_cathedral_NY

2. Kapel St. Paul (New York)

st_pauls2

Kapel (gereja kecil) milik gereja Episkopal ini terletak di Broadway, New York dan diarsiteki oleh Andrew Gautier and James Crommelin Lawrence. Gereja yang dibangun tahun 1766 ini bergaya arsitektur Georgian dan dilengkapi menara oktagonal yang memiliki jam di tiap sisinya.

3. Katedral St. John The Divine (New York)

547px-StJohnTheDivineWilliamPorto

Katedral Anglikan yang megah ini disebut-sebut sebagai gereja Kristen terbesar ke-3 di dunia. Uniknya, sejak pertama kali dibangun pada tahun 1892, pembangunan gereja ini sempat tersendat gara Perang Dunia I dan II, bahkan hingga kini sebenarnya gereja ini belum pernah selesai dibangun! Seperti inilah wajah gereja ini jika pembangunan kelar.

cathedral_10

4. Gereja Riverside (New York)

riverside-church

Arsitek Allen dan Collens membangun gereja ini pada 1920an dengan dana yang disumbangkan oleh jutawan John D. Rockerfeller Jr, salah satu orang terkaya di Amerika saat itu. Interior gereja Baptis ini dibuat menyerupai Katedral Chartres di Perancis, sedangkan menaranya terinspirasi oleh Katedral Laon di Prancis juga. Karena itu gaya arsitekturnya sering disebut French Gothic.

DayLightPortrait

5. Washington National Cathedral (Washington DC)

washington-national-cathedral

Katderal ini merupakan gereja terbesar kedua di Amerika dan gereja terbesar ke-6 di dunia. Katedral milik gereja Episkopal ini dibangun antara tahun 1907 hingga 1912 dengan gaya British Gothic Revival dengan Katedral Canterbury, Inggris sebagai inspirasinya. Katedral ini selain penting dalam sisi religius, juga memiliki peran penting bagi sisi politik, sebab di sini kerap diadakan ibadat seusai pengangkatan sumpah presiden dan pemakaman presiden-presiden Amerika Serikat.

399px-Rose_Window_Washington_National_Cathedral

6. Katedral Basilika Sacred Heart (Newark)

sacred-heart-newark-new-jersey

Katedral Katolik ini dibangun sejak 1899 namun baru resmi rampung pada 1954. Gereja bergaya neo-gotik ini cukup unik sebab kedua menaranya dibuat menghadap agak miring untuk mengapit pintu masuk gereja.

184965449_95cbd9bb6e_z

newark2

7. Katedral St. Paul (Minnesota)

St_Paul_Cathedral_2012

Katedral ini jelas adalah salah satu gereja tercantik di Amerika. Pembangunan gereja ini dimulai sejak tahun 1904 dengan gaya arsitektur French Renaissance atau French Beaux-Arts. Bagian paling mencolok dari katedral ini tentu kubahnya yang berdiameter 23 m dan tinggi 57 m. Interiornya pun tak kalah mengangumkan.

2646203162_12a929150a

Saint_Paul's_Cathedral-St_Paul-2004-05-22

8. Crystal Cathedral (California)

crystal-cathedral

Gereja ini mungkin adalah gereja terunik di dunia, sebab bukannya dibangun dengan beton, batu bata, atau kayu, namun seluruhnya terbuat dari 10.000 panel kaca berbentuk segiempat. Crystal Cathedral dikenal sebagai bangunan kaca terbesar di dunia, walaupun begitu gereja ini dikatakan mampu menahan gempa sebesar 8 SR.

Gereja ini didesain oleh Phillip Johnson dan selesai pada tahun 1981 serta dapat menampung lebih dari 2.700 jemaat. Uniknya lagi, gereja ini memiliki organ raksasa yang memegang rekor sebagai alat musik terbesar di dunia. Pada tahun 2012, gereja Protestan ini dibeli oleh Gereja Katolik dan akan diubah namanya menjadi Christ Cathedral.

400px-Crystal_Cathedral_Tower

CrystalCathedral3

9. Salt Lake Temple (Salt Lake City)

Salt_Lake_Temple

Gereja bagi penganut Mormon (Latter Day Saints) ini sayangnya tertutup bagi pengunjung yang bukan penganut Mormon. Akan tetapi, mengamati keindahan dan kemegahannya dari luar saja sudah lebih dari cukup. Gereja bergaya Neo-Gothic ini dibangun pada tahun 1843 dan membutuhkan 40 tahun untuk pembangunannya. Gereja raksasa berlantai lima ini memiliki satu-satunya kelompok paduan suara gereja yang pernah memenangkan Grammy Awards.

salt-lake-mormon-temple71

10. Katedral Our Lady of Angels (Los Angeles)

800px-Cathedral_of_Our_Lady_of_Angels,_Los_Angeles

Katedral ini dibangun pada tahun 1994 untuk menggantikan Katedral St. Vibiana yang rusak akibat gempa. Gereja terpenting di Los Angeles ini dirancang oleh Rafael Moneo dengan gaya modern. Gereja ini memiliki luas 5.400 m2 dan mampu menampung hingga 3 ribu jemaat, membuatnya menjadi salah satu gereja terluas di Amerika. Gereja setinggi 12 lantai ini juga sengaja dibuat tahan gempa.

LA_Cathedral

BONUS

Cadet Chapel (Colorado)

50nhatho05_clip_image005

Di antara jejeran gereja-gereja di atas, aku yakin gereja inilah yang paling membuat kalian tercengang. Gereja yang memiliki nama lengkap United States Air Force Academy Cadet Chapel ini selesai pada tahun 1962 dan didesain oleh Walter Nesch. Bangunan bergaya modern ini terletak di dalam kawasan pangkalan militer Angkatan Udara Amerika Serikat di Colorado. Keunikan gereja ini telah mengantarnya mendapatkan berbagai penghargaan di bidang arsitektur.

chapelpews

No comments:

Post a Comment