Saturday, October 6, 2012

JAJANAN KHAS SOLO: JELAS BIKIN NGGAK NAHAN!

 
Di postinganku yang terakhir, aku membahas makanan-makanan berat khas Solo. Nah, kali ini aku bakal membeberkan jajanan2 ringan khas kota Solo yang harus dicicipin dan siapa tahu juga bisa jadi oleh-oleh nantinya. Ada banyak banget dan pastinya, semuanya enak *admin aja ampe ngeces2 nulisnya*

Sosis Solo

sosissolo-content

Sosis Solo ini jelas bikin ngiler soalnya rasanya enak banget. Sosis ini terbuat dari cincangan daging sapi yang dibungkus dengan telur. Wah, gimana nggak enak tuh?

Serabi

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Serabi ini tuh “pancake” Jowo hahaha soalnya pembuatannya hampir sama. Serabi dibuat dari bahan yang mudah ditemuin, yaitu tepung beras dan santan. Rasanya manis gitu deh. Aku pernah ngerasain serabi dari daerah lain, tapi tetap serabi Solo punya ciri khas yaitu teksturnya yang halus dan lunak banget, serasa mencair di mulut *lebay*. Toppingnya juga macem2, mau yang nangka, meses cokelat, pisang, atau yang “original” tanpa topping. Serabi yang terkenal tuh jelas di daerah Notosuman. Tapi di sepanjang jalan Slamet Riyadi sebenarnya juga banyak kok (dari arah Novotel ke Gladag).

Kue Leker

51-kue-leker-jos

Lagi-lagi sejenis pancake ala Solo, kue leker dalam bahasa Belanda berarti “endang markonah” alias “ueeenak tenaaaaan”. Bahannya dari tepung terigu dicampur telor, gula jawa, gula manis, dan perasa vanili yang ditaburi topping meses, gula, pisang, hingga susu. Bagian tengahnya empuk dan manis, sementara bagian tepinya lebih garing, crispy, dan agak gosong. Bedanya ama serabi, kue ini biasanya ditekuk jadi setengah lingkaran terus juga lebih tipis. Harganya juga murah meriah kok dan biasa dijumpai di pinggir jalan.

Intip

Intip

Nah, intip nih juga bisa dibilang sebagai *camilan orang miskin* soalnya dibuat dari kerak nasi. Rasanya renyah, gurih, dan ada juga yang dikasih kecap manis yang lengket di atasnya. Intip ini dibuat dari kerak nasi yang dijemur. Jadi ingat nih bedanya orang Solo ama orang daerah lain kalo pas ujan. Kalo ujan, orang daerah lain langsung ngangkatin jemuran, tapi orang Solo selain ngangkat jemuran juga ngangkat intip yang dijemur di atas genting hahaha. Karena tahan lama, intip ini jadi pilihan oleh-oleh khas Solo. Intip paling mantab biasa dijual di depan toko roti Orion dekat Pasar Gede.

Dawet Ayu

dawet-banjarnegara

Dawet Ayu ini emang terkenal banget dan bisa dijumpai di Pasar Gede saat pagi hari. Isinya cendol dari tepung beras (“onggok”), ketan hitam, dan selasih yang disiram dengan sirup dari gula jawa. Hmm…rasa manis khas gula merahnya emang nggak nguatin.

Wedang Dongo

20111229_wedang-dongo-solo

Wedang Dongo ini biasanya minuman ini dijual keliling pake gerobak atau ada juga yang mangkal di pinggir jalan. Wedang ini bulatan-bulatan yang terbuat dari tepung ketan yang berisi kacang tumbuk dan irisan kolang kaling lalu disiram dengan air jahe manis. Enaknya diminum pas malem2 biar tubuh terasa hangat.

Rambak Petis

rambak petis

Rambak petis adalah camilan sekaligus oleh2 khas Solo berupa kerupuk dari kulit sapi dan kerbau. Yang unik dari panganan ini adalah petisnya, yaitu semacam kecap yang dibuat dari kaldu sapi dan enaknya dimakan bersama rambak sebagai bumbu.

Ampyang

ampyang

Ampyang nih camilan khas Solo juga ternyata, terbuat dari kaca yang dibalut gula jawa (mirip choco chips, cuma bayangin aja coklatnya diganti gula jawa terus chips-nya diganti kacang hahahaha).

Usus Goreng

USUS

Orang Jawa emang nggak nyia-nyiain setiap bagian tubuh hewan yang bisa dimakan, termasuk usus juga bisa dibuat keripik hehehe. Tapi enak kok, renyah dan gurih banget deh. Pas banget dibuat lauk.

Semar Mendem

content_182_semarmendem

Namanya lucu ya, kalo diartiin jadi “Semar Mabok”. Makanan ini sejenis kue basah yang kusukai sekali sejak kecil. Makanan ini terbuat dari ketan yang diisi daging (mirip lemper) terus dibungkus dengan telur dadar. Nah bedanya semar mendem zaman sekarang ama dulu, kalo dulu pas aku kecil, santannya dipisahin di plastik kecil terus baru dituangin ke atas semar mendemnya kalo mau dimakan. Tapi sekarang, santannya udah ada di dalam semar mendemnya (biar praktis kali ya). Rasanya gurih campur manis.

Arem-Arem

image.php

Arem-arem walaupun kecil tapi lumayan bikin kenyang. Bahannya dari nasi dibuat bentuk silinder terus diisi sama sambal goreng. Uniknya, makanan ini dibungkus dalam daun pisang. Onigiri khas Jawa hahahaha.

Carang Gesing

CARANG GESING

Carang gesing ini mirip2 ama semar mendem, cuma nggak pake ketan ama telur. Dalamnya diganti ama pisang dan dibungkus santan. Salah satu makanan favoritku pas kecil.

Gethuk Lindri


getuklindri

Tiap daerah di Jawa mungkin punya ciri khas gethuk-nya masing-masing ya. Gethuk lindri khas Solo ini terbuat dari singkong dan uniknya mirip mie yang dijejerin, berwarna-warni, dan harum. Kalo mau makan, terlebih dahulu harus ditaburi parutan kelapa dan gula dulu. Rasanya hmm….dijamin bikin ketagihan.

Nah, itu dia jajanan2 khas ala Solo yang pastinya bikin kita ngiler semua, ya nggak? Jangan lupa dicicipin kalo semisal kalian maen ke Solo guys!








































1 comment:

  1. eh mas dave udah nyoba bistik harjo belum ? ;D di solo dket2 manahan itu klo gas alah,, aku sih bukan orang solo, tp udah 2x ke solo :D

    Rintant.

    ReplyDelete