Tuesday, August 14, 2012

10 LANDMARK PALING TERKENAL DI INDONESIA

  Jembatan Suramadu (5.438 m)
Apaan sih landmark itu? Landmark adalah ciri khas suatu kota. Misalnya kita lagi liat tayangan di Metro TV trus reporternya lagi ada di depan Monas, nah kita langsung tahu kalo dia lagi di Jakarta. Jadi tiang listrik depan rumah nggak bisa dijadiin landmark, soalnya nggak unik dan dimana-mana ada hehehe. Nah, di sini aku akan menyajikan 10 landmark paling terkenal di Indonesia. Sambil liat fotonya bisa sekalian nebak kotanya dimana.
1. Tugu Yogya
perempatan-tugu-jogja
Begitu melihat tugu ini, kita bakal langsung keinget sama lagunya Katon Bagaskara. Yup, tugu ini memang terletak di kota pelajar, Yogyakarta. Kota Yogyakarta emang pas jadi kota idola para muda-mudi. Tempat nongkorong berceceran di setiap sudut kota Yogya. Bahkan pas nyokap gue pulang dari Bali naik ferry, beliau ketemu ama anak-anak Bali yang mau backpacking ke Yogya. Buseeet, orang Jawa pada kepengen ke Bali eh ini anak-anak Bali malah mau ke Yogya hehehe. Tapi nggak bisa dipungkiri, bahkan oleh Diana Pungky, bahwa Yogya adalah salah satu kota wisata paling terkenal di Indonesia.
2. Patung Surabaya
surabaya
Ngeliat patung ini langsung dong tahu dimana kotanya? Yap, bener banget. Patung ini memang maskot Surabaya. Patung ini berada di depan Kebun Binatang Surabaya dan menggambarkan sepasang hiu dan buaya sedang berkelahi. Konon hiu melambangkan pasukan Majapahit dan buaya menggambarkan pasukan Mongol. Dari kata hiu (sura) dan buaya (boyo) lahir nama Surabaya.
3. Monas dan Bundaran HI
  monas      hi2-11
Aduh…lompat aja deh dari puncak Monas kalo kamu nggak tahu Monas tuh dimana. Monas atau Monumen Nasional adalah landmark Jakarta paling terkenal. Selain itu, ada landmark Jakarta lainnya, yaitu air mancur di Bundaran HI yang suasananya hanya sedikit berubah sejak puluhan tahun lalu.
4. Jembatan Ampera
ampera-2008
Melihat jembatan ini kita pasti langsung kebayang lezatnya empek-empek. Yap, soalnya Jembatan Ampera ini melintasi kota Musi yang ada di Palembang, sekaligus menjadi landmark kota tersebut.
5. Jam Gadang
  bukit-tinggi
Secara di Indonesia cuma ada satu jam bersejarah yang nyaingin Big ben, langsung aja kita tahu bahwa kita sedang menatap landmark Bukittinggi. Oya, ada yang unik lho dari jam gadang ini, soalnya angka IV di jam ini salah tulis jadi angka IIII. Hmm…ada-ada aja orang Belanda zaman dulu.
6. Gumul
slg
Landmark yang satu ini mungkin belum banyak yang tahu soalnya baru-baru saja kelar dibangun. Landmark kota Kediri ini merupakan sebuah gerbang yang menyerupai Arch du Triomphe di Paris, Prancis. Landmark baru ini diharapkan menjadi spot nongkrong paling gaul di Kediri sekaligus menjadi tujuan utama wisatawan datang ke Kediri.
7. Jembatan Pasopati
pasopati
Jembatan modern ini terletak di kota Bandung dan menjadi landmark kota yang dijuluki Paris van Java. Keinget dulu pertama kali ke Bandung waktu SMA, nyari-nyari buku di Gramedia malah disahutin pegawainya pake bahasa Sunda. Aduh, kagak ngerti mas, aku wong Solo hehehe. But overall, Bandung emang kota yang romantis.
8. Lawang Sewu
Lawang Sewu
Dijamin langsung “cape’ deh” kalo ada yang sampe nggak tahu bangunan kolonial ini landmark kota mana. Lawang Sewu ini memang terkenal sebagai ikon Semarang sekaligus dikenal sebagai salah satu lokasi paling angker di tanah air…hiiiiy.
9. Tanah Lot dan Pura Ulun Danu Bratan
tnh-lot
Hmm…ada bangunan khas pura trus ada pantainya yang biru dan indah, pasti di Bali. Yaaaaah, telmi amat sih??? Liat fotonya pastinya langsung tahu dong kalo itu Tanah Lot, lokasi paling terkenal di Pulau Dewata. Gue jadi kasihan ama nyokap gue, soalnya pas beliau ke Bali nggak bisa liat sunset di Tanah Lot karena turun hujan deras (padahal itu pas tengah musim kemarau lho). Hmm…emang belum rejeki hehehe. Moga2 anaknya lebih beruntung kelak (belum pernah ke Bali soalnya….Huaaaa, gubrak@!!!!)
images2
Selain Tanah Lot, bentuk atap tumpang pura Ulun danu di danau Bratan juga langsung mengingatkan kita akan Bali, karena itu juga pantas disebut landmark pulau dewata tersebut.
10. Masjid Baiturrahman
SANYO DIGITAL CAMERA
Inilah masjid paling terkenal di Indonesia (bahkan ada blog luar negri yang mencantumkannya ke dalam 10 masjid terindah di dunia) sekaligus simbol kota Aceh masjid ini bergaya campuran kolonial dan Moghul khas India, karena itu bentuk kubahnya mirip-mirip Taj Mahal. Salah satu peristiwa tak terlupakan adalah tetap berdirinya masjid ini setelah terjangan gempa dan tsunami tahun 2004.
BONUS
Jembatan Suramadu
jembatan suramadu
Landmark yang satu ini nggak hanya kebanggaan arek Suroboyo dan Madura saja, melainkan juga kebanggaan rakyat Indonesia. Jembatan ini adalah jembatan terpanjang di Asia Tenggara dan semoga saja keberadaan jembatan ini bisa menaikkan kesejahteraan penduduk Madura…amiiiin.


































No comments:

Post a Comment