Tuesday, August 14, 2012

10 BANGUNAN TERANEH DAN TERUNIK DI DUNIA

 

federation-square

Waktu jalan-jalan di web urbanist, salah satu website arsitektur favoritku, aku menemukan banyak banget gedung-gedung bergaya kontemporer yang unik dan aneh. Mulai dari gedung yang ngalahin Inul kalo soal goyang, hotel yang ada janggutnya, rumah sakit yang mirip mainan cube, tinggal di rumah keong (literally), dan lain-lain. Kupikir nggak ada salahnya membaginya bersama kalian. Inilah top ten gedung teraneh dan terunik di dunia.

1. The Crooked House (Sopot, Polandia)

Crooked-House-Sopot-Poland

Pertama kali melihatnya, mungkin kalian berpikir ini pasti hasil photoshop, namun bukan! Ini adalah salah satu toko yang dijuluki Crooked House yang berada di sepanjang Sopot Rezydent Shopping Center. Landmark kota Sopot ini diarsiteki oleh Szotynscy Zaleski. Namanya aja udah nyeleneh, gimana hasil karyanya hehehe.

2. Urban Cactus (Rotterdam, Belanda)

Urban-Cactus-Rotterdam-Netherlands

Kita semua memang membutuhkan green building yang ramah lingkungan untuk mengatasi pemanasan global. Tapi ini apa nggak terlalu berlebihan ya? Bangunan unik ini merupakan sebuah apartemen di kota Rotterdam. Gedung setinggi 19 lantai ini dirancang UCX Architects dan jelas terlihat bahwa apartemen ini sangat ramah lingkungan.

3. Basque Health Department Headquarters (Bilbao, Spanyol)

glass-architecture-basque-health-department-spain

Wow…pasti keren punya kantor seperti ini. Kantor pusat Departemen Kesehatan Spanyol sebenarnya bukan bangunan baru, namun merupakan ide arsiteknya untuk menutupi bangunan lama dengan fasad kaca sebagai insulasi sehingga bagian dalam gedung lebih nyaman dan hemat energi.

4. National Heart Center (Singapura)

medical-buildings-national-heart-center-singapore

Rumah sakit khusus penyakit jantung di Singapura ini memang memiliki gaya arsitektur yang unik dan menarik. Bentuknya yang unik ini ternyata merupakan trik agar cahaya alami dapat masuk sebanyak-banyaknya ke dalam ruangan.

5. Klein Bottle Holiday House (Mornington Peninsula, Australia)

futuristic-houses-klein-bottle

Rumah peristirahatan yang terletak satu jam perjalanan dari Melbourne ini jelas memiliki bentuk yang unik dan aneh. Bentuknya yang geometris dan angular (bersudut tajam) mendapatkan inspirasi dari persamaan matematika. Hmm…pantes. Begitu liat rumah ini aku langsung pusing hehehe.

6. Vodafone Headquarters (Portugal)

coolest-offices-vodafone

Slogan Vodafone “Life in Motion” memang benar-benar diterapkan untuk gaya arsitektur kantornya. Uniknya, bangunan asimetris dan organis ini memiliki 3 lantai di bawah tanah. Arsitek yang bertanggung jawab atas bangunan aneh ini adalah Barbossa dan Guimaraes.

7. Nautilus House (Mexico City, Meksiko)

nautilus-house-mexico

Sachin-Tendulkars-New-House-Shell-House-6-520x370

Rumah yang bentuknya terinspirasi dari bentuk cangkang ini memang aneh dan sekaligus penuh warna. Sulit dibayangkan benar-benar ada keluarga yang tinggal di dalamnya.

8. Dancing Building (Praha, Ceko)

dancing-building-prague

Rumah yang bisa berdansa? Itulah ide yang didapat dari Frank Gehry dan Vlado Miluni saat merancang gedung ini. Gedung bernama resmi Nationale-Nederlanden Building ini kini menjadi salah satu landmark kota Praha. Selain dikenal sebagai “Dancing House”, gedung ini juga dikenal dengan nama “Drunk House” alias “Gedung Mabok”.

9. Kansas City Library (Missouri, Amerika Serikat)

kansas-city-library-missouri

Ayo tebak, bangunan apa ini? Yap, semua orang pasti bisa menebak kalau ini adalah perpustakaan. Fasad bangunan ini menampilkan sampul buku-buku terkenal seperti Lord of The Rings hingga Romeo and Juliet.

10. Tianzi Hotel (Cina)

tianzi-hotel

Hotel ini tak diragukan lagi adalah hotel teraneh di dunia. Hotel setinggi 10 lantai di Provinsi Hebei, Cina ini menggambarkan figur tiga dewa, Fu Lu Shou atau keberuntungan, kemakmuran, dan panjang umur.

BONUS

Parc Guell dan Basilika Sagrada Familia (Barcelona, Spanyol)

Bangunan-bangunan yang dibuat oleh arsitek kontemporer Antonio Gaudi memang lain daripada yang lain. Hasil karyanya yang dapat dilihat adalah The Mind House di Parc Guell, Casa Battlo, dan gereja Sagrada Familia yang semuanya terletak di Barcelona. Melihatnya kita seperti berada di negerinya Alice in the Wonderland ya?

SuperStock_1885-2130

casa-battlo-barcelona

Barcelona-Casa-Batllo-3-Final

Parc_Guell

sagrada-familia-2

2 comments:

  1. thanks for infonya :) BTW , aku share lagi di blog ku ya ! boleh gak ? thanks sebelumnya

    ReplyDelete