Sunday, July 8, 2012

MONUMEN-MONUMEN TERINDAH DI DUNIA

MONAS

Ibu kota Jakarta punya Monas alias Monumen Nasional yang terkenal itu. Nah, di berbagai penjuru dunia, ada banyak sekali monumen yang ditujukan untuk mengenang para korban perang dan menghormati para pahlawan. Banyak di antaranya sangat indah, kreatif, namun ada juga yang agak seram. Nah, inilah monumen-monumen terindah di dunia!

Nelson Column (London, UK)

NELSON COLUMN

Monumen ini terletak di Trafalgar Square, London untuk mengenang Horatio Nelson (bukan yang suka pakai kacamata item itu lho). Nelson adalah seorang admiral yang memimpin AL Inggris melawan armada Perancis dan Spanyol di Perang Trafalgar pada tahun 1805. Monumen berupa patung sang admiral di atas sebuah tiang ini didesain oleh William Ralton pada tahun 1838.

NELSON3

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Kuil Yasukuni (Jepang)

YASUKUNI2

Kuil ini pasti sering kalian dengar lewat berita di televisi (buat yang liat berita). Kuil ini didirikan 1869 untuk mengenang pengorbanan para tentara yang telah berjasa bagi negeri matahari terbit. Di sini terdapat nama-nama lebih dari 2,5 juta orang yang gugur dalam perang.

YASUKUNI

Nah, yang kontroversial adalah 14 dari nama-nama yang diabadikan di kuil termasuk penjahat perang kelas-A alias yang paling kejam! Well, menurutku titel “pahlawan” itu sangat relatif. Seseorang yang dianggap pahlawan di suatu negara mungkin dianggap penjahat di negara lain, ya kan?

Sherman Monument (New York, AS)

SHERMAN MONUMENT

Salah satu monumen terkeren di list ini adalah Sherman Monument di Grand Army Plaza, New York. Monumen ini didedikasikan bagi Jenderal William Sherman yang membela California dalam Perang Mexico. Patung ini dibuat oleh pematung Augustus Saint-Gaudens pada 1903 yang juga memasukkan kekasih sang jenderal, Davida Johnson, sebagai model patung angel yang ada di sini.

SHERMAN5

Marine Corps War Memorial (Virginia, AS)

MARINE CORPS WAR

Monumen ini terletak di Arlington National Cemetery di Rosslyn, Virginia. Pose patung ini berdasarkan foto pasukan AS saat berhasil merebut Iwo Jiwa dari tangan Jepang.

IWO JIMA

Monumen ini menggambarkan 6 marinir AS berusaha menegakkan sebuah bendera AS (bendera beneran, bukan patung…hmm, ide yang kreatif).

Hiroshima Peace Memorial

HIROSHIMA MEMORIAL

Monumen yang satu ini unik dan lain daripada yang lain. Terletak di Hiroshima, monumen ini bertujuan tak lain untuk mengenang jatuhnya bom atom pada 6 Agustus 1945 yang menyebabkan 140.000 warga sipil tewas. Monumen ini sebenarnya adalah puing-puing gedung berkubah yang hancur akibat serangan bom atom. Gedung ini sengaja tidak dirobohkan dan justru digunakan untuk menjadi pembelajaran bagi generasi berikutnya agar hal yang sama kelak tidak terjadi lagi.

Peace Monument (Washington DC, AS)

PEACE MONUMENT2

Monumen ini dibangun pada tahun 1877 dan sering juga disebut Naval Monument untuk memperingati para anggota Angkatan laut yang meninggal selama Perang Sipil di Amerika. Patung ini menggambarkan sepasang gadis yang terlihat sedih karena melihat kekejaman perang.

PEACE MONUMENT

Friedensengel (Munich, Jerman)

ANGEL OF PEACE5

Friedensengel atau Angel of Peace merupakan monumen yang dibangun di Prince Regent Street, Munich untuk memperingati 25 tahun Perjanjian Versailles (1871) yang mengakhiri perang antara Perancis dan Jerman. Ternyata patung yang ada di monumen ini sebenarnya bukan angel lho, melainkan Athena, Goddess of Peace (kalo Goddess of War kan versi Koreanya). Pantesan, kalo angel masa sih posenya sexy begitu hehehe.

ANGEL OF PEACE4

The Shrine Peace Monument (Toronto, Kanada)

PEACE TORONTO

Monumen ini terletak di Exhibition Centre di tepi danau Toronto. Uniknya, patung ini terletak tepat di perbatasan AS-Kanada dan sengaja dibuat menghadap ke wilayah AS. Patung ini didirikan pada tahun 1930 untuk memperingati 100 tahun hubungan baik AS dan Kanada. Patung ini menggambarkan seorang angel dengan dua ranting zaitun (lambang perdamaian) yang disilangkan.

PEACE TORONTO2

Wall of Peace (Paris, Perancis)

WALL OF PEACE

Satu-satunya monumen bergaya modern di list ini, Wall of Peace merupakan produk kreatif Clara Halter dan Michael Wilmotte yang diresmikan tahun 2000. Monumen ini menggambarkan lembaran kaca yang di atasnya dituliskan kata “damai” dalam 32 bahasa dan 18 jenis aksara. Untuk menambah keindahannya, monumen kaca ini sengaja ditaruh di lapangan Champs de Mars, tepat di depan Menara Eiffel yang tersohor itu.

Peace Pagoda (London, AS)

PAGODA OF PEACE2

Pagoda ini unik soalnya tidak berada di daratan Cina, melainkan justru di tengah Battersea Park, London. Dibangun pada tahun 1985, patung ini merupakan hadiah dari umat Buddha sebagai harapan bagi perdamaian di seluruh dunia. 

PAGODA OF PEACE3

Monumen Joan of Arc (Paris, Perancis

JOAN OF ARC

Joan of Arc adalah pahlawan wanita legendaris asal Perancis yang memimpin pasukan Perancis melawan serangan pasukan Inggris pada Perang 100 Tahun di abad ke-15. Bahkan, Gereja Katolik menghargainya sebagai saint (orang suci). Terletak di Places des Pyramides, Paris, monumen ini dibangun pada tahun 1874.

The Motherland Calls (Rusia)

MOTHERLAND CALLS

Monumen mengagumkan dengan tinggi 279 kaki ini dibangun pada 1967 oleh Yevgeny Vuchetich untuk memperingati Perang Stalingrad. Model patung yang pernah menjadi patung tertinggi di dunia ini adalah warga setempat bernama Valentina Izotova. Patung raksasa ini bisa dibilang saingannya patung Liberty di AS.

MOTHERLAND CALLS2

Korean War Veterans Memorial (Washington DC, AS)

KOREAN MEMORIAL

Monumen ini dibangun pada tahun 1986 untuk menghormati para prajurit AS yang gugur di Perang Korea. Monumen ini terdiri atas 19 patung tentara yang terbuat dari stainless steel. Kalo menurutku, monumen ini agak serem karena patungnya mirip orang beneran (apalagi ceritanya mereka udah meninggal). Kesannya kok mereka lagi nyari2 kuburan mereka….hiiiiy!

KOREAN WARKOREA4

Arc de Triomphe (Paris, Perancis)

ARCH DU TRIOMPH

Monumen berbentuk gerbang ini adalah landmark kota Paris selain Menara Eiffel. Monumen yang juga dikenal sebagai “Place de l`Etoile” ini terletak di ujung barat jalan Champs Elysees di tengah taman Place Charles de Gaulle. Monumen ini didesain oleh Jean Chalgrin pada 1806 untuk memperingati para prajurit yang gugur selama masa perang Napoleon. Di bawahnya juga terdapat kuburan dari para prajurit tidak dikenal.

Lincoln Memorial (Washington DC, AS)

Lincoln Memorial

Dari namanya sudah ketahuan patung ini didirikan untuk menghormati mantan presiden AS, Abraham Lincoln. Patung ini didesain oleh Daniel Chester French. Monumen yang menggambarkan Lincoln duduk di singgasana bak Dewa Zeus ini menurutku jauh lebih “terhormat” daripada patung Washington yang digambarin setengah bugil…hiiiiy!

Millenary Monument (Budapes, Hungaria)

MILLENARY MONUMENT

Monumen ini dibangun pada tahun 1896 untuk memperingati perpindahan suku Magyar ke daerah tersebut pada tahun 896. Pada bagian atas monumen ini terlihat sesosok patung angel yang menatap ke bawah dengan angkuh. Di Budapest, juga terdapat Heroes Monument yang juga tak patut dilewatkan.

HEROES MONUMENT

Vietnam Memorial Walls

VIETNAM WALL2VIETNAM WALL

Monumen ini tidak berupa patung, melainkan dinding bertuliskan nama 58.267 korban jiwa dalam Perang Vietnam. Yang agak seram, di dinding ini terdapat foto transparan dari para prajurit yang berperang di Vietnam ini. Fotonya kalo diliat agak gimana gitu.

Monumen Bom Bali

PEACE MEMORIAL BALI

Monumen Bom Bali dikenal juga dengan nama Monumen Ground Zero dan terletak di lokasi peledakan Bom Bali di Jalan Legian, Kuta. Monumen Bom Bali dibangun untuk menghormati nilai-nilai kemanusiaan terutama untuk mengenang para korban Bom Bali yang berjumlah 202 orang. Ledakan Bom Bali terjadi di Sari Club dan Paddy’s Cafe di Jalan Legian, 12 Oktober 2002, tepat 1 tahun, 1 bulan dan 1 hari setelah Serangan 11 September di World Trade Centre.

Victim of Communist Memorial (Praha, Ceko)

VICTIM OF COMMUNIS MEMORIAL

Dari namanya, sudah bisa ditebak monumen berbentuk patung-patung ini bertujuan mengenang para korban kekejaman komunis. Cuma satu komentarku buat monumen yang satu ini: sereeeeeeeem!

38th (Welsh) Division Memorial

DRAGON MEMORIAL

Nah, ini dia monumen paling keren dalam list ini. Monumen naga ini didirikan untuk mengenang lebih dari 4.000 anggota divisi infantri yang tewas dalam perang di Somme, Jerman pada tahun 1916. Kenapa naga? Karena naga adalah lambang divisi infantri tersebut.

Itu dia monumen-monumen terindah (dan terseram) di dunia menurut versiku. Monumen-monumen ini membuktikan bahkan bangsa asing pun begitu menghargai jasa-jasa pahlawan mereka, sampai2 tak segan membangun monumen-monumen indah untuk mengenangnya. Nah, jangan sampai dong orang Indonesia sendiri ketinggalan. Sebagai generasi penerus so pasti kita nggak boleh melupakan jasa-jasa para pahlawan kita.

No comments:

Post a Comment