Sunday, July 29, 2012

7 KEAJAIBAN INDONESIA

  borobudur
Indonesia adalah negeri yang sangat indah, anyone won’t argue on that! Bahkan, wisatawan-wisatawan mancanegara pun rela datang berkilo-kilo meter jauhnya dan ngabisin duit buat menikmati keindahan Indonesia. Makanya, pastinya malu-maluin banget kalo bangsa Indonesia sendiri nggak menghargai kekayaan panorama alam dan keindahan peninggalan sejarah negerinya sendiri. Kalo kita sudah sering dengar 7 keajaiban dunia, maka di postingan kali ini aku akan mencoba menyusun 7 keajaiban Indonesia, yaitu lokasi-lokasi terindah di Indonesia. Jujur, mengunjungi ketujuh lokasi ini adalah impianku.

1. Borobudur
  stupa borobudur
Kita awali list kita dengan candi paling terkenal di dunia bahkan sudah mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional. Candi Borobudur adalah candi Buddha terbesar di dunia yang dibangun pada abad ke-8 oleh Dinasti Syailendra. Candi ini sudah masuk ke dalam daftar bergengsi Situs Warisan Dunia UNESCO. Asal tahu saja, hanya ada 3 Situs Warisan Dunia yang terdapat di Indonesia, yaitu Candi Borobudur, candi Prambanan, dan Situs Purbakala Sangiran.
2. Prambanan
candi prambanan
Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 oleh Dinasti Sanjaya. Adanya kedua candi ini membuktkan kerukunan umat beragama di Indonesia saat itu. Candi ini mungkin saja bukan candi Hindu tertinggi atau terbesar di dunia (masih kalah dengan candi-candi di India), namun candi ini jelas salah satu candi Hindu tercantik di dunia.
3. Bukittinggi
bukit-tinggi
Kota yang terletak di Sumatra Barat ini menyimpan sejuta pesona. Di kota ini terdapat objek-objek wisata seperti Jam Gadang, Ngarai Sianok, hingga Danau Singkarak yang terkenal. Namun tentu saja pesona utamanya adalah rumah gadangnya yang unik. Kota ini juga merupakan salah satu kota terindah di Indonesia.
4. Pulau Komodo
3
Sudah masuk sebagai salah satu dari Seven Natural Wonders atau Tujuh Kejaiban Alam, Pulau Komodo tentu patut masuk jajaran 7 keajaiban Indonesia. Pulau Komodo terletak di Taman Nasional Komodo di NTT dan terkenal berkat reptil raksasanya. Berbeda dengan pendapat umum, komodo sebenarnya bukanlah dinosaurus, melainkan spesies kadal terbesar di dunia yang muncul jauh setelah dinoasurus punah. Meskipun begitu, kadal raksasa ini dan atmosfer purbakalanya membuat Pulau Komodo pantas menyandang julukan “Jurassic Park”.
5. Malioboro
800px-Malioboro_Street,_Yogyakarta
Siapa tak kenal Malioboro? Malioboro mungkin adalah nama jalan yang paling terkenal di Indonesia. Malioboro terletak di depan Keraton Kasultanan Yogyakarta dan tepat menghadap ke Laut Selatan. Di sini akan terasa suasana khas Yogyakarta mulai dari penjual batik di pinggir jalan hingga jajanan tradisional Jawa. Atmosfer Indonesia yang begitu kental membuat turis mancanegara selalu menjadikan Malioboro sebagai tujuan utamanya kala berkunjung ke Indonesia.
6. Bromo
41bromo2
Melihat matahari terbit di Bromo konon adalah salah satu pemandangan paling menakjubkan di muka bumi ini. Gunung yang masih aktif di Jawa Timur ini selalu menjadi salah satu tujuan wisata para turis mancanegara karena keindahannya.
7. Bali
Pura Ulun Danu on Lake Bratan, Bali, Indonesia
Di drama Korea “Memories in Bali”, tokoh utamanya pernah mengatakan bahwa Bali adalah “last paradise on earth” atau surga terakhir di bumi. Yap, pendapat itu memang tidak salah. Bali merupakan objek wisata andalan Indonesia. Bahkan kalau orang asing tidak mengenal Indonesia, pastilah ia mengenal Bali. Pulau Dewata ini terkenal dengan keindahan pantainya dan kebudayaannya yang masih lestari hingga kini.
KANDIDAT LAINNYA:
Danau Toba
johnny-sitohang_danau-toba_sihotang
Danau Toba adalah danau terbesar di Indonesia yang sebenarnya adalah kawah raksasa hasil erupsi sebuah gunung berapi sekitar 73 ribu tahun. Letusannya kala itu konon menyebabkan datangnya Zaman Es. Kini, danau ini terkenal karena pemandangan alamnya yang spektakuler.
Krakatau
20.-Krakatau
Meletusnya Gunung Krakatau (orang Barat mengenalnya sebagai Krakatoa) pada 26 Agustus 1883 pernah menjadi bagian sejarah dunia sebab dampaknya dapat dirasakan oleh penduduk di belahan bumi yang lain. Letusan gunung vulkanik yang terletak di Selat Sunda ini konon terdengar hingga Australia. Beberapa tahun kemudian, gunung vulkanik baru yang kemudian disebut dengan Anak Krakatau muncul dari dasar laut. Hingga kini, gunung legendaris ini masih menjadi salah satu gunung paling aktif di dunia.
Danau Air Asin Kukuban
Ubur-ubur-langka
Danau yang berada di Pulau Kukuban, Berau, Kalimantan Timur ini memiliki keunikan, yaitu memiliki air asin mirip dengan air laut. Keunikan lainnya, terdapat jenis ubur-ubur langka yang tidak memiliki sengat. Danau dengan ubur-ubur jinak seperti ini hanya ada dua di dunia ini, satunya lagi berada di Micronesia dan ukurannya pun tak sebesar Kukuban. Karena keunikannya inilah, Indonesia memasukkannya sebagai nominasi Situs Warisan Dunia UNESCO yang pelru dijaga kelestariannya.

No comments:

Post a Comment