Sunday, June 24, 2012

PILIHAN TRANSPORTASI BACKPACKER PEMULA

kereta-api11 
Aku ngerasain nikmatnya menjadi backpacker pemula. Untuk bisa berpetualang ala backpacker tentu pilihan transportasi kita jatuh pada transportasi umum. Nah, kali ini aku akan membahas pilihan transportasi yang cocok bagi backpacker pemula (menurut pengalamanku, tapi hanya terbatas di dalam pulau Jawa aja hehehe). 

1. Kereta Api
Ini adalah moda transportasi favoritku. Kereta api memang moda transportasi paling aman. Aku pernah denger “hukum” fisika yang menyatakan kalo semakin besar kendaraan yang kita naiki, maka semakin aman kita apabila terjadi kecelakaan. Jadi tingkat keamanan dari kecelakaan urutannya begini: kereta api > bus > mobil > sepeda motor (kecuali kalo keretanya nabrak kereta lain, itu beda cerita). Jadi, kemanapun pergi (di dalam pulau Jawa sekali lagi), naik kereta api selalu jadi pilihan pertamaku. Apalagi kalo bisa liat sunset atau sunrise dari dalam kereta, wah indah banget!
Antara kereta siang dan malam aku lebih pilih kereta siang, soalnya bisa liat pemandangan sepanjang perjalanan (aku bukan tipe orang yang suka tidur di dalam kereta). Selain itu, kita lebih mudah mengawasi apakah kita sudah tiba di stasiun tujuan apa belum (kalo naek kereta malam kan gelap, takutnya keblabasan).
Kereta ekonomi, bisnis, atau eksekutif? Jujur, aku lebih suka naik kereta ekonomi. Selain murahnya minta ampun, kereta ekonomi sebenarnya cukup nyaman (kecuali buat kamu yang tipe orangnya suka ribet). Cuma aku peringatin, jangan beli apapun yang dijual pedagang yang lalu lalang di dalam kereta. Mending beli sebelum perjalanan. Aku cuma naek kereta bisnis kalo jadwal kereta ekonomi kurang pas sama kebutuhan. Tapi ya kelemahan kereta ekonomi selain minim fasilitas juga jadwalnya yang kadang molor. Kereta Banyu Biru yang aku naiki pernah terlambat 4 jam di Semarang! Terpaksa aku nongkrong kayak gembel di stasiun hiks.
Stasiun kereta api (menurut pengalamanku) juga kebanyakan letaknya di tengah kota dan dekat objek wisata. Misalnya Stasiun Tugu Yogya dekat banget ama Malioboro, Stasiun Tawang Semarang deket banget ama Kota Tua, Stasiun Gambir deket ama Monas, Stasiun Jakartakota deket ama Kota Tua juga, dan lain-lain. Bangunannya juga kebanyakan bangunan tua, jadi bisa sekalian cuci mata.
Tapi naek kereta api juga ada kelemahannya lho. Pertama, jadwalnya udah fix, jadi kita yang kudu nyesuain diri ama jadwal kereta. Kalo jadwal kereta nggak pas ama keinginan kita, yawdah pasrah aja bro. Kita juga bakal sering lari2 dan terburu2 demi mengejar jadwal kereta. Aku pernah lari-lari di Malioboro gara2 ngejar jadwal kereta terakhir ke Solo hehehehe (ampe nabrak orang segala). Belum lagi kalo keabisan tiket…aaaargh!!!
 
2. Bus
Ini adalah mode transportasi kedua jika kepaksa aku nggak bisa pake kereta api. Bus bagi sebagian besar orang memang cukup murah dan praktis, namun jujur aku nggak begitu suka naik bus. Well, pertama bus kurang aman menurutku. Kita kudu hati2 ama copet, mengawasi barang bawaan, dan kalo bisa ransel digendong di depan dada. Kedua, sopirnya suka ugal-ugalan. Kudu pilih2 bus yang track recordnya bagus, jangan sembarangan milih yang terkenal sering kena kecelakaan (walaupun murah), apalagi kalo rute yang mau kamu lewatin daerah pegunungan. Selain itu, menurut pengamatanku (cailah), terminal bus biasanya jauh dari pusat kota, jadi kita harus naik angkutan lain untuk menuju ke pusat kota. Lagian terminal juga terkenal dengan kriminalitas-nya (dan harga makanannya yang mahal, hiks).
Tapi keuntungan naek bus harus kuakui cukup banyak. Pertama jadwal bus cukup fleksibel, bahkan tiap 10 menit ada. Ada banyak jalur yang nggak dilalui kereta api tapi dilalui bus. Misalnya kalo kita mau ke Trowulan (peninggalan Majapahit), nggak bisa naek kereta lah, kudu naek bus dari Mojokerto dulu. Selain itu, kalo naek bus kita bisa turun dimana aja seenak udel kita (coba kalo kereta, malah taruhan nyawa hehehe). Bus PATAS yang nyaman abis juga harganya lebih murah jika dibandingin kereta bisnis atau ekonomi.
 
3. Pesawat Terbang
Jujur aja aku belom pernah naek pesawat hahaha, jadi nggak bisa kasih tips buat mode transportasi yang satu ini. Yang jelas banyak kok tips2 buat nyari tiket dengan tarif murah di berbagai blog, tinggal googling aja bro. Pesawat emang jadi pilihan buat kalian yang berduit, cari nyaman, dan lagi dikejar waktu, misalnya besok udah masuk kerja atau cuma dapet cuti bentar (maklum aku juga orang kantoran, jadi ngerti kok rasanya).
 
4. Moda Transportasi Laen
Bus dan kereta api hanya mengantar kita ke lokasi-lokasi yang “udah jelas”, kalo kita mau ke pelosok lagi, kita terpaksa pakai moda transportasi lain.
a. Bus Kota
Kalo lokasi yang kalian tuju ada di tengah kota, paling praktis tentu naek bus kota. Usahakan naek bus kota yang jelas nyaman dan aman, misalnya kalo di Jakarta naeklah busway, di Yogyakarta naeklah Trans Yogya, di Solo naeklah Trans Batik, dan lain-lain. Paling tarifnya cuma beda 500-1.000 perak ama bus kota biasa. Jangan lupa tanyakan trayeknya biar nggak salah naek bus (kalo pake bus kota biasa non-AC biasanya kita kena tipu, kernetnya bilang lewat tapi ternyata nggak lewat). Tapi sayangnya pilihan ini terbatas di dalam kota saja.
b. Becak
Kalo yang belum pernah naek becak, mungkin becak bisa jadi pilihan tersendiri. Becak motor tarifnya lebih mahal daripada becak yang dikayuh. Tapi naek becak cuma buat perjalanan jarak dekat doank lho (ya iyalah, masa pak becaknya mau disuruh ngayuh dari Surabaya ke Jakarta hehehe).
c. Angkot atau Minibus
Kalo lokasi yang mau kalian kunjungi ada di luar kota dan terpencil, nggak ada salahnya naek angkot atau minibus. Contohnya jika kita mau ke Candi Sukuh, kita cuma bakal dianter bus sampe terminal aja. Perjalanan selanjutnya kudu ditempuh dengan angkot. Harga angkot sangat murah (kalaupun kita dimahalin mentang2 turis, paling cuma seribu aja naeknya). Namun pastikan kamu bilang dulu ke supir atau kernetnya mau turun dimana biar nggak salah naek angkot dan nggak kebablasan turunnya. Atau kalo kalian berombongan, bisa juga kok nyewa angkot sendiri.
d. Ojek
Kalo tempatnya terlalu terpencil, terpaksa kita kudu naek ojek. Misalnya kalo mau ke Candi Plaosan, kita cuma bisa turun di depan Candi Prambanan. Habis itu, kita kudu ngojek ke lokasi soalnya belum ada transportasi umum. Nah, enaknya ngojek tuh kita bisa nawar harga. Namun buat beberapa orang mungkin enggan naek ojek karena dianggap kurang aman, apalagi buat cewek yang backpacking sendirian (Masih ada ya? Biasanya cewek sekarang kalo backpacking rame2 dah kayak girlband Korea hehehe).
e. Kuda
Hmm…kalo pengen suasana yang romantis dan beda, kenapa nggak naek delman/angkot/kuda? Harganya emang lebih mahal sih, tapi kalo misalnya kita ke Bromo, Parangtritis, atau Candi Gedhong Songo Semarang, naek kuda bakalan jadi pengalaman tak terlupakan. Apalagi kalo kita belum tau lokasinya dengan betul, misalnya waktu perjalanan ke Candi Sojiwan, aku nyesel banget nggak naek delman aja. Begitu aku jalan kaki malah kesasar nggak jelas.
f. Sepeda Motor/Sepeda
Kalo terpaksa semua moda transportasi di atas nggak ada semua, nggak ada salahnya kalian nyewa sepeda/sepeda motor. Denger2 backpacking di Bali lebih nikmat kalo kita nyewa motor sendiri. Tapi resikonya siap2 capek dan pegel aja hehehe.
g. Perahu
Naek perahu juga bisa jadi pengalaman romantis, semisal kalian lagi di tengah waduk atau wisata air lainnya (atau di Venice mungkin hehehe). Kecuali kalo kalian nggak bisa renang, bakal jadi pengalaman yang memacu adrenalin kali ya hehehehe.
h. Taksi
Ini adalah moda transportasi paling terakhiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiir yang bakal dipilih backpacker pemula seperti aku. Enaknya taksi ya lebih aman, nyaman, dan selamat sampai tujuan. Kelemahannya, ya argonya itu lah. Pakailah taksi cuma kalo kalian berombongan (jadi argonya bisa dibagi2). Tapi jangan pelit2 amat, kamu wajib pake taksi kalo kalian merasa berada di lingkungan yang kurang aman atau pas malam hari!
 
Itu dia jejeran terdahsyat mode-mode transportasi yang bisa dipilih ama backpacker pemula, nggak lupa sekaligus keunggulan serta kelemahannya. Tapi tentu mode transportasi andalan buat para backpackers adalah yang diberikan oleh Tuhan YME, yaitu: kaki! Yap, jadi backpacker emang nggak boleh manja dan harus siap jalan kaki kemanapun kita pergi (asal jangan maksain tenaga aja, kalo emang nggak kuat, pertimbangkan naek kendaraan walaupun mungkin lebih mahal). Dan yang paling penting, pilih mode transportasi yang menurutmu paling aman dan selalu waspada! Kalo ada moda transportasi yang kelewatan atau mungkin ada rekan backpacker yang mau sumbang tips, silakan aja buruan kasih comment.

No comments:

Post a Comment