Friday, March 9, 2012

BACKPACKING KE CANDI SEWU





Setelah menunaikan kunjunganku ke Candi Plaosan yg breathtaking bgt, aku pun melanjutkan perjalanan ke Candi Sewu. Nah, candi sewu ini terletak satu kompleks sm Candi Prambanan. Tapi untungnya dg sedikit usaha ala backpacker (berusaha mengeluarkan biaya sesedikit mgkn dg senjata rahasia masang tampang melas), aku bs masuk lewat pintu blkg lgs ke candi Sewu tanpa harus ke Candi Prambanan dl. Selain jaraknya yg jauh, jg untuk menghindari tiket 30rb di loket Candi Prambanan. Alhasil, aku bs masuk dg biaya seikhlasnya alias 10rb aja hehehe.

Kemegahan Candi Sewu sudah bs diliat dr jalan raya di smpgnya. Sebenarnya sih aku nggak ada niat maen ke Candi Sewu. Namun di tengah perjalananku naek ojek ke Candi Plaosan, aku sempat melirik kemegahan candi ini dan lgs tersihir untuk mengunjunginya. Akhirnya, krn searah dg perjalananku plg dr Plaosan menuju jalan Solo-Yogya (tpt nunggu bus), akhirnya aku mampir ke candi ini. Candi Sewu adl candi Buddha, dicirikan dg bentuk stupanya yg mirip bgt dg Candi Borobudur.

Uninya, candi Buddha ini satu kompleks dg candi Prambanan yg notabene candi Hindu. Kl dibandingin zaman skrg sih kita pasti bakalan heran kl ngeliat masjid ama gereja terletak berdampingan. Ini mjd bukti bawa toleransi antarumat beragama di Indonesia udah terpupuk sejak zaman dahulu kala. Begitu masuk (lewat pintu blkg), aku sudah lgs bs melihat kemegahan candi ini.


Kompleks candi ini lmyn luas, sayangnya sebagian besar berupa reruntuhan.


Namun ada bbrp candi perwara yg msh utuh. Ini bbrp gambarnya.




Tiba2 aku menemukan sesuatu tergeletak di tanah. Haaaah…apaan nih?

Hehehe…jgn ngeres dl. Itu adl bagian puncak sebuah stupa. Sama spt Candi Plaosan, bagian sisi candi perwara jg dihiasi oleh relief2 manusia.


Dan lagi2 reruntuhan …


Di balik reruntuhan, akhirnya aku menemukan jalan ke candi utama.

Kesan pertamaku ttg candi utama ini adl stupanya yg besar higga terlihat menyerupai kubah. Di sekitar candi utama aku melihat patung Buddha terpenggal dan candi yg hampir runtuh ini. Mgkn krn gempa bbrp tahun lalu.


Coba perhatikan baik2. Di dalam reruntuhan candi ini terlihat patung Buddha tanpa kepala.

Ini adl foto candi utama dr dekat.


Ini adl hiasan pd bagian pinggir undak2annya. Kl di candi Plaosan bermotif gajah dg singa di dalamnya, di Candi Sewu ini bermotif gajah dg manusia di dalamnya.



Saat memasukinya yg kulihat hanya relung kosong. Dulunya ini pasti diisi patung.

Inilah pemandangan dr pintu samping candi dan teras balkon candi.


Inilah foto2 lain dr kompleks Candi Sewu.



Lucunya, aku jg melihat relief ini terpendam di tanah. Apa mungkin candi ini tenggelam di dalam tanah?

Aku menyadari bahwa td aku masuk melalui bagian blkg candi. Nah inilah foto2 dr bagian dpn candi.


Aku suka bgt foto ini krn menampilkan patung Buddha dg latar blkg candi. Aku nggak tahu apakah tempat patung Buddha bersila ini memang sebuah pendopo atau candi yg dindingnya runtuh. 

Aku melihat bbrp tukang lalu lalang jd aku menyimpulkan candi-candi ini msh dlm perbaikan. Aku berharap restorasi candi ini sgr rampung shg kita bs sgr melihat kemegahan kompleks Candi Sewu yg sesungguhnya.

No comments:

Post a Comment