Thursday, February 9, 2012

NOVEL VAMPIRE DIARIES: BEDA BANGET SAMA SERIAL TV-NYA!


Demam vampir emg melanda dunia. Buktinya, film dan serial TV semacam Twillight, Vampire Diaries, dan True Blood lg laris2nya dimana2. Fans serial TV Vampire Diaries pasti udah tau kl serial tersebut diadaptasi berdasarkan novel berjudul sama karangan L.J. Smith. Yap, penggemar Nina Dobrev dkk pasti tergoda ingin membaca novel asal serial TV laris ini. Eit, jangan terkejut soalnya walaupun jalan ceritanya sm2 mengisahkan kisah cinta segitiga antara Elena dan dua vampir bersaudara, Stefan dan Damon Salvatore, namun detailnya cukup berbeda dg serial TV-nya. Agar kalian nggak kaget pas baca novelnya, coba deh baca postinganku ini.

Novel Vampire Diaries adl novel remaja laris karangan L.J. Smith. Awalnya novel ini dibuat trilogi, yaitu The Awakening, The Struggle, dan The Fury yang mulai diterbitkan tahun 1991. Kisah ini berakhir dg Elena berubah mjd vampir dan meninggal. Namun krn desakan para penggemar novelnya, L.J. Smith akhirnya membangkitkan kembali Elena di novel keempat, yaitu Dark Reunion. Pada 2007, L.J. Smith mulai mengeluarkan trilogi The Vampire Diaries: The Return yang mencakup tiga serinya, yaitu Nightfall (dirilis 10 Februari 2009), Shadow Souls (dirilis 16 Maret 2010), dan Midnight (dirilis 15 Maret 2011). Tokoh utama dr ketiga novel ini adalah Damon Salvatore.

L.J. Smith menyatakan berhenti menulis novel Vampire Diaries lagi dan akan menulis novel lain yang tidak terkait dg Vampire Diaries, yaitu Eternity: A Vampire Love Story. Tapi kabarnya penerbit novel2 Vampire Diaries akan merilis trilogi terbaru yang diberi judul The Vampire Diaries: Hunters dg memakai penulis lain. Trilogi terbaru ini akan mencakup novel Phantom (dirilis 23 Oktober 2011 kemaren) dan Moonsong (akan dirilis 13 Maret 2012), sedangkan yang ketiga blm ada kabarnya. Trilogi terbaru ini akan menceritakan kehidupan Elena dan Stefan di bangku kuliah. Selain itu, jg muncul serial novel lain yg berjudul Vampire Diaries: Stefan’s Diaries.

Nah serial Vampire Diaries ini pny keistimewaan, yaitu syarat2 jadi vampir agak beda ama vampir yg biasa kita liat di film2 laen. Di sini nggak serta merta org yg digigit vampir lgs berubah jd vampir jg. Agar jd vampir, org itu kudu minum darah vampir. Tp itu nggak cukup, dia jg harus mati, lalu setelah bangkit jd vampir dia jg harus minum darah manusia untuk melengkapi transformasinya. Wah ruwet jg. Mau jd vampir aja susah amat. Emg dunia zaman skrg. Lulus sekolah susah. Nyari kerja susah. Jadi vampir susah ….

Oya, di atas aku dah janjiin bakal ngebeberin (halah, emg Justin Beber?) perbedaan novel original ama serial TV adaptasinya Vampire Diaries. Nah, ini dia guys.

1. Perbedaan Nama
Ada banyak perbedaan nama di versi novel dan versi TV-nya. Misalnya kota tpt Elena tggl di novel bernama Fell’s Church, smntra di serial TV-nya, kotanya bernama Mystic Falls. Walah, pantes aja kotanya digangguin vampir mulu, namanya aja udah mistis gt. Sekalian aja Vampire Falls br tmbh jelas?
Bonnie Bennet nama aslinya adl Bonnie McCullough (emg bagusan diganti, masa manggilnya nt “kuloh…kuloh…” gt?), Matt Donovan nama aslinya Matt Honeycutt (pantesan diganti, namanya keimutan bt cowok sekekar Matt), Tyler Lockwood nama aslinya Tyler Smallwood (yakin kecil? Kayaknya gede deh…ototnya maksudnya), Katarina Petrova alias Catherine Pierce nama aslinya Katherine Von Swartzschild (no comment deh kl yg ini), Jenna Sommers tantenya Elena nama aslinya Judith Gilbert dan ceritanya dia pny tunangan berarti Robert Maxwell (yg di serial TV-nya sm sekali nggak muncul).

2. Perbedaan Karakter
  • Di novel originalnya, Elena punya adik perempuan berusia 4 tahun bernama Margaret, sementara di serial TV-nya, Elena pny adik lelaki bernama Jeremy yg berusia 16 tahun. Margaret ini ceritanya memelihara kucing yg trnyta jelmaan Catherine. Di versi serial TV-nya nggak bs ngebayangin deh kl Jeremy miara kucing.
  • Tokoh Caroline Forbes sgt berbeda jauh antara versi novel original dg versi TV-nya. Di novel dikisahkan sbg saingan dan musuh bebuyutan Elena yg licik dan jahat, sementara di serial TV-nya dia justru bersahabat dg Elena.
  • Di novel, Elena bersahabat dg Bonnie McCullough dan Meredith Sulez. Meredith ini adl pemburu vampir dan tmsk tokoh penting di novelnya. Namun di serial TV, dia sm sekali nggak muncul. Di serial TV, Elena justru bersahabat dg Bonnie dan Caroline.
  • Bonnie di versi originalnya bukan berkulit hitam, namun berkulit putih dan berambut merah. Fisik Elena jg berubah. Di versi novel diceritakan ia berambut pirang dan bermata biru, smntara tau sendiri lah Nina Dobrev berambut hitam dan bermata coklat.
  • Alaric Saltzman di novel dikisahkan berusia 20 tahun dan berpacaran dg Meredith. Namun di serial TV, ia berumur 30-an, suami Isobel (ibu kandung Elena), dan berpacaran dg tante Elena, Jenna.
  • Tokoh Vicky Donovan di novel bernama asli Vickie Bennet (tp dia bkn penyihir lho). Ia bukan adik Matt dan tdk prnh berubah mjd vampir.
  • Tokoh Isobel di novel adl gadis Asia yg memiliki asrama tpt Stefan tggl, sementara di serial TV-nya, Isobel adl ibu kandung Elena dan keluarga Salvatore memiliki asrama sendiri.
  • Di novel jg ada tokoh bernama Mrs. Flowers yg memiliki peranan penting sbg penyihir yg membantu Bonnie. Smntra di serial TV-nya, tokoh Mrs. Flower muncul bentar sbg cameo saat Catherine bersiap2 untuk menghadiri pesta topeng di episode “Masquarade”.

3. Yang beda lagi ….
  • Di novel, Stefan dan Damon lahir di Florence, Italia sekitar tahun 1500-an, smntra di serial TV, mrk lahir di Mystic Falls pada tahun 1800-an pas pecah Perang Saudara di Amrik. Di novel, mrk berdua tewas krn berkelahi satu sama lain untuk memperebutkan Katherine. Smntra di serial TV, mrk tewas krn ditembak ayah mrk sndri krn berusaha membebaskan Katherine.
  • Tokoh Katherine di novel memalsukan kematiannya sndri dg pura2 tewas terbakar sinar matahari dg meninggalkan cincin (yg membuatnya bs keluar di siang hari) dan gaunnya serta menaruh abu di atasnya br kliatan meyakinkan. Sementara di serial TV, ia pura2 tewas terbakar di gereja yg dibakar penduduk Mystic Falls yg marah (pake garpu rumput sm obor nggak ya marahnya kyk di Spongegbob hehehe).
  • Di novel, kutukan werewolf Tyler dbangkitkan dg kematian seorg gadis bernama Sue pd hari ultah Meredith. Namun di serial TV-nya kutukan werewolf Tyler dibangkitkan dg kematian gadis bernama Sarah pd saat pesta topeng.
  • Di versi novel, Caroline tdk prnh berubah jd vampir. Caroline di versi aslinya jg nggak prnh pacaran ama Matt, walau di novel maupun serial TV, ia dan Tyler sm2 berpacaran.

Nah itu dia, perbedaan antara novel dan serial TV Vampire Diaries. Lagian sekilas baca2 sinopsis novelnya di Wikipedia, novelnya berasa lbh “dark” dibanding serial TV-nya yg sukses abis. Well, terserah kalian lbh suka yg mana.




No comments:

Post a Comment