Monday, April 23, 2018

PELUIT AZTEC: KENGERIAN YANG HQQ


Peluit Aztec atau "Aztec Whistle" sesuai namanya adalah peluit yang digunakan pada masa Aztec Kuno di Amerika Selatan. Kita tahu bahwa masyarakat Aztec sangat terobsesi dengan kematian dan ritual pengorbanan manusia yang sadis sudah menjadi tradisi mereka sehari-hari. Dalam peperangan, mereka lebih suka mengintimidasi musuhnya dengan membunyikan peluit ini, yang ketika dibunyikan, akan menghasilkan suara seperti teriakan seseorang yang akan dibunuh. Sayang, suara mengerikan peluit ini tak mampu menghentikan kekejaman Cortes dan para conquistador Spanyol yang berhasil memusnahkan suku ini dan kebudayaannya ketika bangsa Eropa menginjakkan kaki di Benua Amerika.

ADAPTASI MANGA JUNJI ITO TERBAIK: THE WINDOW NEXT DOOR

Udah lama sebenarnya gue mau rekomendasiin video ini dan gue rasa rilisnya anime Junji Ito jadi momen yang tepat. Video ini sebenarnya adalah semacam "read along" (I guess that's what it called?) dari manga Junji Ito yang berjudul "Window Next Door". Walaupun isinya hanya beberapa dubber membaca cerita dari manga tersebut, namun harus gue akui produksinya keren sekali. Cara pemindahan gambarnya biar penonton nggak bosen sampai efek suaranya bener-bener keren. Gue suka banget ama efek suara tokoh antagonisnya, bikin merinding hehehe. Pokoknya yang bikin bener-bener niat dan nggak mengecewakan. Cuman kekurangannya dalam beberapa scene terlihat blur saat panel manganya di-zoom. Kalo mau gue bandingin, adaptasi ini lebih bagusan ketimbang adaptasi di animenya. Silakan disimak (tenang nggak ada jumpscare kok).






FRINGE THEORY: 10 TEORI SIAPAKAH PENEMU BENUA AMERIKA YANG SESUNGGUHNYA?



Siapa penemu Benua Amerika? Mungkin di kepala kita langsung terlintas nama Christopher Columbus. Cieee … kena propaganda Barat ni yeee. Pada masa kini, banyak yang meragukan klaim tersebut. Ada banyak teori bahwa bangsa-bangsa kuno, jauh sebelum Columbus, telah mendarat di Benua Amerika dan mengadakan kontak dengan penduduk aslinya. Siapa sajakah mereka? Lalu siapa yang pantas dianggap sebagai penemu Benua Amerika? Simak ulasannya di bawah ini!

Saturday, April 21, 2018


BEAUTY IS PAIN: 8 STANDAR KECANTIKAN YANG MENYAKITKAN DARI BERBAGAI KEBUDAYAAN DUNIA


Seperti apa sih cewek cantik menurut kalian? Mungkin ada yang beranggapan berkulit putih, berambut lurus, bulu mata lentik, dll. Namun tiap kebudayaan di dunia memiliki standar kecantikan yang berbeda-beda. Dan tak ayal, demi standar kecantikan inilah, kaum wanita adalah yang paling menderita. Sebab standar-standar kecantikan ini harus dicapai dengan banyak pengorbanan sebab meliputi modifikasi tubuh dan proses yang menyakitkan. Seperti apakah standar-standar kecantikan yang cukup ekstrim ini? Silakan simak list-nya.

MUTAN TERINDAH: 10 BUKTI BAHWA MUTASI TERNYATA TAK SELALU MERUGIKAN


 

Nggak ada kan ya yang pengen jadi mutan atau kena mutasi? Kalo punya kekuatan super sih mau-mau aja hehehe. Tapi dari ilmu yang kita dapat dari biologi, biasanya mutasi tuh merugikan dan menyebabkan penyakit. Mutasi adalah penyimpangan yang terjadi karena adanya kesalahan genetik dalam tubuh kita. Namun ternyata, banyak dari kita adalah “mutan” karena penyimpangan genetik itu juga terjadi pada kita tanpa kita sadari. Bahkan mungkin, kita mengidolakan banyak artis dan bintang Hollywood karena mutasi yang mereka alami. Emangnya apa aja sih bentuk-bentuk sifat mutasi yang ternyata enak dipandang? Berikut ini contoh 10 mutasi pada manusia yang ternyata menguntungkan.

REVIEW ANIME: JUNJI ITO COLLECTION


Naaaaah ... akhirnya nih sesuai janjiku di postingan sebelumnya, gue bakalan mengulas anime horor terbaru yang mengangkat cerita-cerita dari manga Junji Ito. Awal tahun ini, gue dibikin harap-harap cemas dengan kabar rilisnya anime Junji Ito. Gue baru bisa ngelarin animenya bulan April ini (itu pun berkat videonya yang banyak bertebaran di Youtube hahaha) dan ujung-ujungnya, bisa gue katakan kecemasan gue terbukti. Siapa sih yang nggak seneng kalo karya mangaka favoritnya dibikin anime? Tapi gue adalah salah satu (atau mungkin satu-satunya ya) yang berpikir bahwa manga Junji Ito sebaiknya tetap dibiarkan menjadi manga aja, nggak usah dibikin animenya. 

Tuesday, April 17, 2018

ANTARA ADA DAN TIADA: 10 NEGARA YANG TAK PERNAH KALIAN DENGAR KEBERADAANNYA



Seaneh apapun nama negaranya, mulai dari Tuvalu, Adzerbaijan, Liechtenstein, pasti paling tidak kalian pernah mendengarnya di pelajaran geografi karena itu memang negara beneran. Namun di list ini gue akan memperkenalkan negara yang antara “ada dan tiada”, dengan kata lain negara-negara ini memproklamasikan kemerdekaan, namun hanya segelintir (atau bahkan tak ada) negara lain yang mau mengakuinya. Sebab syarat berdirinya sebuah negara, selain adanya wilayah, penduduk, dan pemerintahan, ada mereka harus diakui oleh negara lain. Alhasil “negara-negara” ini mungkin tak pernah kalian dengar sebelumnya karena emang keberadaannya sendiri diragukan. Berikut ini 10 di antaranya.